Pengertian Denda dan Sita Serta Contohnya

- 09.39

Pengertian Denda dan Sita Serta Contohnya

 

Artikel terkait : Pengertian Denda dan Sita Serta Contohnya

Pengertian denda dan sita sangatlah berbeda. Nah, pada peluang di artikel ini, kami akan membahas mengenai perbedaan denda dan sita, misalnya dan perbedaannya. Setiap negara mempunyai sumber pendapatan yng berbeda-beda. Namun pada biasanya sumber pendapatan negara dibedakan menjadi 2 yakni sumber pendapatan pajak dan non pajak. Sumber pendapatan pajak yakni segala sesuatu yng bisa menambah pendapatan negara dalam bentuk pajak. Misalnya pajak kendaraan bermotor, pajak bumi dan pembangunan, pajak penghasilan, pajak penjualan yng mana Anda ketahui disaat membeli barang dari Mall akan dikenakan biaya tambahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pajak penjualan, dan sumber pajak lain-lainnya.
Pengertian Denda,pencetakan uang,denda dan sita beserta contohnya,pengertian sita,pengertian pinjaman,tugas menteri keuangan,tugas menteri,sumber keuangan negara,pengertian penyelenggaraan,
Baca pun : Pengertian Zaman Megalitikum Masa Sejarah

Sementara itu, sumber pendapatan negara non pajak yakni sumber-sumber pendapatan yng berasal dari non pajak. Adapun sumber pendapatan non pajak meliputi retribusi, keuntungan BUMN dan BUMD, denda dan sita, sumbangan, hadiah, dan hibah. Lantas, apa yng dimaksud yang dengannya denda. Dilansir melalui Wikipedia Indonesia, denda adalah satu dari sekian banyaknya bentuk hukum yng mana melibatkan uang dalam jumlah tertentu dan Perlu dibayarkan oleh pelanggarnya.
Denda adalah hukuman ringan bagi pelanggar hukum dalam bentuk uang. Denda jumlahnya tetap, didasarkan didasari peraturan yng berlaku. Contohnya, tilang merupakan satu dari sekian banyaknya bentuk denda lantaran melakukan pelanggaran lalu lintas. Sementara itu sita merupakan tindakan hukum yng bersifat eksepsional yng di lakukan oleh hakim, didasari permohonan suatu pihak yng sedang bersengketa guna mengamankan barang-barang sengketa, ataupun yang dengannya kata lain barang-barang yang telah di sebutkan menjadi jaminan adanya mungkin tindakan tak seharusnya oleh pemegang barang yang telah di sebutkan sebelum putusan hakim keluar.
Misalnya dipindahtangankan, dijual, dirusak, dimusnahkan oleh pemegang barang-barang. Sekarang Anda pasti telah paham pengertian denda dan sita dan perbedaan mendasarnya. Sebenarnya dari kata dasarnya saja telah terlihat berbeda arti, cuma saja dalam sumber pendapatan negara dimasukkan dalam kategori yng percis, membuat orang salah persepsi. Aturan mengenai denda diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata pasal 30 menjadikan putusan jumlah denda telah diatur dalam udang-undang yng berlaku.
Pada tahun 1960 melalui PP No. 16 Prp.1960, pemerintah menaikkan jumlah denda menjadi 10 kali lipat. Tujuan dari penyitaan bukan semata-mata bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil barang-barang tergugat dan dijadikan milik negara, bukan itu maksudnya. Penyitaan di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan barang-barang tergugat tetap aman sebelum ada putusan dari peradilan lantaran selama proses hukum berlangsung, segala sesuatau mampu terlaksana.
Misalnya, sebuah Bank menuntut seorang kreditor lantaran tak mampu membayar hutang, maka pemerintah berhak menyita sementara waktu barang-barang tergugat sebelum adanya putusan sah pengadilan. Hal yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari penjualan ataupun tindakan tak dimau-kan oleh tergugat. Intinya denda dan sita ini di lakukan demi penegakan hukum dan memberi jaminan hak-hak setiap orang terpenuhi. Seorang penumbras lampu merah ditilang, hal yang telah di sebutkan agar bisa masyarakat mampu menjalankan kewajiban bagi atau bisa juga dikatakan untuk patuh hukum dan pengendara lain terasa aman. Sedangkan penyitaan sifatnya cuma menjaga hingga ada putusan sah pengadilan. Itulah pengertian denda dan sita, perbedaan dan misalnya.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/02/pengertian-denda-dan-sita.html

Seputar Pengertian Denda dan Sita Serta Contohnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Denda dan Sita Serta Contohnya