Pengertian El Nino dan Dampaknya Bagi Indonesia

- 23.24

Pengertian El Nino dan Dampaknya Bagi Indonesia

 

Artikel terkait : Pengertian El Nino dan Dampaknya Bagi Indonesia

Pengertian El Nino yakni adalah kejadian dari perubahan iklim global diakibatkan lantaran memanasnya suhu pada permukaan di air laut Pasifik timur. Adapun El Nino umumnya terlaksana di 2-7 tahun lalu bertahan hingga 12-15 bulan. Adapun ciri-ciri adanya El Nino sendiri yakni yang dengannya meningkatnya suhu pada permukaan laut yng ada di daerah Pasifik yang dengannya bersiklus dan meningkatnya perbedaan pad tekanan udara Tahiti dan Darwin. Terjadinya kejadian alam El-Nino sendiri ditunjukkan didasari nilai indeks pada osilasi selatan yng dinamakan pun yang dengannya SOI ataupun Southern Oscillation Index.
Pengertian El Nino,pengertian la nina,el nino dan la nina,proses terjadinya el nino,makalah pengertian el nino,arti el nino,pengertian gejala el nino,dampak el nino,el nina,pengertian,
Baca pun : Pengertian 3D Max, Kelebihan dan Fitur-Fiturnya
Berdasarkan pengertian El Nino diatas, El Nino terlaksana andai nilai indeks dari osilasi selatan terdapat atau terletak di nilai minus pada jangka 3 bulan minimal, ini adalah kebalikan bagi La Nina. Adapun nilai SOI pada area Asia Tenggara sendiri berkorelasi secara kuat bersama curah hujan, untuk itu nilai dari SOI ini menjdai indikator baik pada curah hujan yng ada di daerah yang telah di sebutkan. Akan namun nilai SOI yng negatif sendiri tidak selalu diiringi turunnya curah hujan yang dengannya drastis bila tidak begitu ekstrim. Bila nilai SOI terdapat atau terletak di -10 maupun tidak lebih biasanya terlaksana penurunan pada curah hujan yang dengannya drastis, sementara bila lebih dari angka 10 akan terlaksana peningkatan dari curah hujan yang dengannya drastis.
Pengertian El Nino mampu disimpulkan menjdai gejala penyimpangan ataupun anomali suhu permukaan di Samudera Pasifik pada pantai Barat Peru dan Ekuador lebih tinggi dibandingkan dari rata-rata suhu normalnya. Gejala yng satu ini umumnya dikenal menjdai El Nino. Gejala anomali suhu pada tempat yng percis akan tetapi berupa terjadinya penurunan suhu lebih dikenal yang dengannya nama La Nina. Adapun istilah yang telah di sebutkan awal mulanya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memakan sebuah arus laut yng Anget terkadang mengalir di utara menuju selatan yng ada di antara Pacasmayo dan Pelabuhan Paita di Peru umumnya terlaksana di bulan Desember. Peristiwa yang telah di sebutkan akhirnya terlaksana makin Suka di tiap 3-7 tahun dan mampu memberi pengaruh iklim di dunia sampai-sampai 1 tahun lebih.
Pengertian El Nino,pengertian la nina,el nino dan la nina,proses terjadinya el nino,makalah pengertian el nino,arti el nino,pengertian gejala el nino,dampak el nino,el nina,pengertian,
Nama dari El Nino sendiri diadopsi didasari bahasa Spanyol, pengertiannya yakni “anak laki-laki” adapun lebih merujuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk bayi dari Yesus Kristus, hal yang telah di sebutkan dipakai karena arus yang telah di sebutkan biasanya muncul di musim Natal. Sementara La Nina sendiri pengertiannya gadis kecil. Dikarenakan fluktuasi pola angin dan tekanan udara di Selatan Pasifik menyertai peristiwa El Nino. Adapun kejadian El Nino sendiri dikenal pun yang dengannya Osilasi Selatan.
Ciri-ciri dari El Nino sendiri yakni terjadinya peningkatan pada suhu permukaan di laut Pasifik Timur. Sedangkan temperatur permukaan laut di Indonesia sendiri menurun lantaran tertariknya seluruh suhu permukaan Anget ke area Pasifik Timur. Sehingga memicu penurunan pada jumlah awan menjdai dampaknya curah hujan pun menurun. Adapun dampak negatif El Nino yng ditimbulkan yakni kekeringan panjang yng melebihi tahun-tahun normal. Selain itu, ketersediaan air pertanian pun menjadi berkurang. Di samping kerugian, El Nino pun memberikan keuntungan yaitu meningkatnya klorofil pada perairan Indonesia menjdai nutrisi yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan-ikan. Demikianlah analisis mengenai pengertian El Nino dan dampaknya.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/03/pengertian-el-nino-dan-dampaknya.html

Seputar Pengertian El Nino dan Dampaknya Bagi Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian El Nino dan Dampaknya Bagi Indonesia