Perbedaan Jenis Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung

- 20.12

Perbedaan Jenis Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung

 
Dalam penulisan karya ilmiah, kita tak lepas dari yng namanya kutipan. Kita butuh mengutip aneka macam pendapat, teori, ataupun berita, baik dari buku, internet, maupun yng lain-lainnya. Untuk menghindari kasus kejahatan akademik yng biasa disebut yang dengannya Plagiarisme, maka dalam tradisi kutip mengutip ada aturannya tersendiri. Tidak asal kutip sana kutip sini tanpa peraturan dan batasan yng terang menjadikan kita menjadi layaknya semisal mahasiswa tukang rental yng cuma mengetik goresan pena saja. Baca pun Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber
Jenis-jenis Kutipan
Ada dua model kutipan dalam penulisan karya ilmiah, yakni kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Sayang sekali, masih tidak sedikit mahasiswa yng belum memahami perbedaan dua jenis kutipan ini. Akibatnya, tidak sedikit karya ilmiah, lebih-lebih makalah, yng berisi kutipan langsung namun ditulis yang dengannya format kutipan tidak langsung. Oleh lantaran itu, pada peluang di artikel ini kita akan membahas dua model kutipan yang telah di sebutkan, yakni kutipan langsung dan kutipan tak langsung.
Pertama, Kutipan Langsung. Kutipan langsung merupakan model kutipan di mana seorang penulis mengutip secara sempurna tanpa mengurangi ataupun menambah kalimat ataupun isi dari yng bersumber. Dengan kata lain, kutipan langsung adalah bentuk kutipan yng percis persis yang dengannya sumber aslinya, tanpa merubah redaksinya.
Kedua, Kutipan Tidak Langsung. Kutipan tak langsung merupakan model kutipan yang dengannya cara mengambil intisari ataupun ide pokok dari sebuah goresan pena lantas menulis ataupun menyajikannya kembali yang dengannya redaksi yng berbeda. Dengan kata lain, kutipan tak langsung merupakan mengutip yang dengannya cara memparafrasenya sesuai yang dengannya interpretasi pengutip.
Cara penulisan kutipan langsung dan tak langsung
Setiap perguruan tinggi umumnya mempunyai peraturan masing-masing perihal cara penulisan kutipan, salah satunya penulisan footnote ataupun catatan kaki. Namun secara umum, peraturan penulisan kutipan (baik langsung maupun tak langsung) dalam suatu dokumen karya ilmiah adalah menjdai berikut:
  1. Dalam penulisan karya ilmiah, cara penulisan kutipan langsung yng panjangnya tidak lebih dari enam baris dimasukkan langsung ke dalam paragraf yng ada dan diapit yang dengannya dua tanpa petik (“isi kutipan langsung”).
  2. Sedangkan kutipan langsung yng lebih dari enam baris ditulis dalam paragraf tersendiri yang dengannya format satu spasi dan margin kiri empat ketukan ke kanan tanpa ditulis miring.
  3. Kutipan tak langsung ditulis biasa semisal kutipan langsung yng tidak lebih dari enam baris, akan tetapi tak butuh diapit yang dengannya tanda petik.
Memiliki pengetahuan perihal dasar-dasar penulisan karya ilmiah semisal tata cara pengutipan Amat penting menjdai bekal ke depan dalam melakoni proses studi yng dijalani. Sebab di samping pertimbangan pada aspek isi, sisi gramatika sebuah goresan pena pun butuh diperhatikan, apalagi andai goresan pena itu salah satunya jenis karya ilmiah. Ahmad Mujib Kamis, 25 Februari 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/perbedaan-jenis-kutipan-langsung-dan-tidak-langsung.html

Seputar Perbedaan Jenis Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perbedaan Jenis Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung