Cobaan dan Kesabaran, dua hal yang tak terpisahkan

- 05.36

Cobaan dan Kesabaran, dua hal yang tak terpisahkan

 
Tak ada kita-kita yang lepas dari cobaan dan ujian. Ia hadir dan menyatu dalam paket takdir setiap kita-kita. Terkadang, cobaan merupakan bentuk teguran Allah terhadap dosa dan maksiat yang kita lakukan. Agar dengannya kita segera menyadari kesalahan kita lalu mau berusaha bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaikinya. Cobaan dan kesabaran ibarat dua sisi mata uang yang tak bisa dijauhkan satu percis lain.
Terkadang, cobaan adalah ketetapan Allah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menguji kualitas keimanan hamba-Nya. Bagaimana respon ataupun sikap hamba yang telah di sebutkan atas cobaan yang dia hadapi, akan menunjukan bagaimana kualitas keimanannya. Apabila cara dia menyikapinya sesuai yang dengannya kehendak-Nya, di akhirat kelak Allah akan menggantinya yang dengannya rahmat dan ridha-Nya.
Perlu kita ketahui bersama bahwasanya manifestasi sabar itu tak banya dibatasi dalam konteks menghadapi cobaan ataupun ujian hidup saja. Namun lebih luas lagi kesabaran itu termanifestasikan dalam hal-hal berikut:
  1. Sabar dalam menahan diri dari segala perbuatan jahat dan hawa nafsu. Sabar dalam menghindarkan diri dari segala jenis perbuatan yang bisa menjerumuskannya ke dalam jurang ke hidup-an yang hina. Ketika syahwat bergejolak hendak menggoyahkan keyakinan dan keyakinan kita, cuma sabarlah yang bisa menjadi rem bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksakan dan menghentikan kita dalam garis batas syari'at, menjadikan keimanan kita terselamatkan.
  2. Sabar dalam menjalankan kewajiban. Tidak mengeluh ataupun terasa berat, apalagi terasa bosan. Dalam menjalankan kewajiban beribadah kita butuh kesabaran.
  3. Sabar dalam membela kebenaran, menjaga kemaslahatan, melindungi nama baik diri sendiri, keluarga, dan bangsanya.
  4. Sabar terhadap ke hidup-an dunia. Tidak terbuai dalam gemerlap dan kenikmatan dunia yang semu. Tidak menjadikan dunia menjdai tujuan, melainkan cuma menjdai sarana bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan diri melakoni ke hidup-an di akhirat kelak. Begitu juga andai dalam keadaan sempit dalam hal duniawi.
Cobaan dalam hidup ini, mampu jadi adalah bentuk teguran dari Allah atas dosa-dosa kita, dan terkadang cobaan itu adalah ujian yang menjadi sarana bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengangkat derajat orang-orang yang bersabar dan tawakkal dalam menghadapinya.Sabar merupakan kekuatan positif yang menjadi pendorong jiwa bagi atau bisa juga dikatakan untuk melaksanakan kewajiban. Demikian juga sabar adalah kekuatan yang memperhalang seseorang bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbuat kejahatan seluruh hal-hal yang tak sejalan yang dengannya syari'at. Wallahu a'lam... Ahmad Mujib Sabtu, 19 November 2016 Motivasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/11/cobaan-dan-kesabaran-dua-hal-yang-tak-terpisahkan.html

Seputar Cobaan dan Kesabaran, dua hal yang tak terpisahkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cobaan dan Kesabaran, dua hal yang tak terpisahkan