Inilah Pengertian Yaumul Hasyr Secara Lengkap

- 05.34

Inilah Pengertian Yaumul Hasyr Secara Lengkap

 

Artikel terkait : Inilah Pengertian Yaumul Hasyr Secara Lengkap

Pengertian Yaumul Hasyr sebenarnya masih tidak sedikit yng tak mengetahuinya. Jika Anda salah satunya satu dari sekian banyaknya orang yng belum mengetahui ataupun belum paham mengenai Yaumul Hasyr, simak uraian berikut. Hasyr sendiri berasal dari kata hasyara ataupun yahsyiru ataupun Hasyran yng pengertiannya mengumpulkan. Maksudnya yakni Allah SWT akan mengumpulkan seluruh ataupun seluruh kita-kita ciptaan-Nya. Mulai dari Nabi Adam as sampai-sampai kita-kita yng tercipta yang terakhir, semuanya Akan dikumpulkan. Pengumpulan ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunggu giliran adanya pemanggilan dari Allah SWT.
Pengertian Yaumul Hasyr,pengertian yaumul mizan,pengertian,yaumul hisab,yaumul hasyr,yaumul hasyr yaitu,yaumul hasyr beserta dalil naqli,yaumul jaza,hikmah beriman,pengertian surga dan neraka,
Sebagai umat Muslim, kita diwajibkan percaya akan adanya hari akhir ataupun yng biasa disebut yang dengannya kiamat. Hal ini sesuai yang dengannya satu dari sekian banyaknya rukun iman, dimana setiap umat Muslim Perlu beriman kepada hari akhir. Ketika seluruh kita-kita dikumpulkan, semuanya akan dipanggil satu per satu demi mempertanggungjawabkan amal perbuatannya di dunia. Baik amal baik maupun amal tidak baik, kita-kita akan diadili seadil-adilnya. Pada hari itu, seluruh umat kita-kita akan dikumpulkan menjadi satu di satu tempat. Tempat yng tepat berada di bawah terik matahari yang dengannya terik yng Amat panas.
Pada hari itu seluruh kita-kita yng dikumpulkan akan terasa kepanasan serta lantas akan berkeringat. Bahkan lantaran begitu panasnya, beberapa ada yng tenggelam oleh keringatnya sendiri. Namun tak salah satunya orang-orang yng soleh, yakni orang-orang yng taat kepada perintah Allah SWT. Orang-orang soleh akan bernaung dari teriknya matahari oleh kuasa Allah SWT. Pada hari itu pun, kita-kita akan melihat kita-kita lain diadili oleh Allah SWT. Pengertian Yaumul Hasyr ini penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk diketahui oleh seluruh umat Muslim. Penjelasan ini adalah gambaran dimana kita-kita tak cuma akan hidup di dunia saja.
Pada hari dikumpulkannya seluruh kita-kita yang telah di sebutkan, seluruh kita-kita akan menjadi saksi di mana kita-kita lain akan diadili sesuai yang dengannya amal perbuatannya. Bagi orang-orang yng mempunyai amal-amal baik, maka wajahnya akan tampak berseri. Namun bagi orang yng mempunyai amal-amal tidak baik maka wajahnya akan tampak kusam. Manusia yang dengannya amal tidak baik akan menampakkan penyesalan atas perbuatannya di dunia. Berikut ini ada beberapa firman Allah SWT mengenai hari akhir:
“Dan ingatlah pada hari di mana Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi tampak rata dan Kami kumpulkan seluruh manusia dan tidak Kami tinggalkan satu orang pun dari kalian.” (Q.S Al-Kahfi: 47)
“Sesungguhnya di hari yang demikian tersebut akan ada pelajaran bagi orang-orang yang takut pada azab akhirat, yaitu hari ketika seluruh manusia dikumpulkan dan hari itu adalah hari yang disaksikan oleh semua makhluk.” (Q.S Hud: 103)
“Pada hari dimana seluruh manusia dibangkitkan oleh Allah, lalu diberitakan-Nya kepada seluruh manusia tentang apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan, mencatat amal perbuatan mereka, padahal mereka (seluruh manusia) telah melupakannya dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.” (Q.S Al-Mujadalah: 6)
Secara garis besar, pengertian dari Yaumul Hasyr yakni hari dimana seluruh kita-kita dikumpulkan sesudah hari bangkit. Pengumpulan yang telah di sebutkan di lakukan di Padang Mahsyar yakni tempat yng berada tepat di bawah terik matahari yng Amat panas. Pada era itu pun seluruh kita-kita akan memperoleh buku catatan berisi amalan-amalannya selama hidup di dunia. Sekian analisis mengenai pengertian Yaumul Hasyr, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/02/pengertian-yaumul-hasyr.html

Seputar Inilah Pengertian Yaumul Hasyr Secara Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Inilah Pengertian Yaumul Hasyr Secara Lengkap