Pendekatan Keteladanan dalam Pembelajaran

- 12.34

Pendekatan Keteladanan dalam Pembelajaran

 
Bangsa kita era ini sedang mengalami krisis keteladanan. Ya, perbedaan antara yng baik serta yng tidak baik makin kabur dalam pandang-an. Yang sifatnya tontonan bahkan menjadi tuntunan, yng sifatnya tuntunan bahkan menjadi tontonan. Begitulah, disaat budaya masyarakat sehari-hari diracuni oleh tayangan-tayangan yng merusak moral generasi muda serta anak-anak. Menjadi tak heran andai anak-anak saat ini makin sulit dikendalikan serta dinasehati wacana kebaikan, baik oleh orang tua maupun guru di sekolah. Dari sinilah, kita butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk merenung sejenak, wacana apa yng salah yang dengannya pendidikan kita serta apa solusi yng paling tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya.
Pendekatan keteladanan merupakan memperlihatkan keteladanan, baik yng berlangsung melalui penciptaan kondisi pergaulan yng akrab antara personal sekolah, pelaku pendidikan, serta tenaga pendidikan lain yng mencerminkan akhlak terpuji, maupun yng tak langsung melalui suguhan ilustrasi berupa kisah-kisah keteladanan. Sama semisal yng diungkapkan oleh Neny Rahman, lingkungan sekolah serta keluarga Perlu menjadi berkarakter telrbih dahulu sebelum mengkarakterkan siswa-siswinya.
Keteladanan pendidik terhadap peserta didik adalah kunci kesuksesan dalam mempersiapkan serta membentuk moral spiritual serta sosial anak. Hal ini lantaran pendidik merupakan figur paling baik dalam pandang-an anak yng akan dijadikannya menjdai teladan dalam mengidentifikasi diri dalam segala aspek kehidupannya ataupun figur pendidik yang telah di sebutkan terpatri dalam jiwa serta perasaannya serta tercermin dalam ucapan serta perbuatannya.
pendidikan keteladanan, memberi teladan anak, krisis keteladanan, meneladani akhlak nabi, guru teladan, pendidikan karakter berbasis keteladanan
Kecenderungan kita-kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar lewat peniruan memicu keteladanan menjadi Amat penting. Apalagi dalam era modern yng tengah mengalami krisis keteladanan ini, metode keteladanan adalah sebuah keniscayaan bagi para guru. Dalam proses pendidikan, Rasulullah SAW adalah suri tauladan yng baik bagi umat Islam.
Firman Allah SWT:
“Sesungguhnya dalam diri Rasulullah kamu bisa menemukan tauladan yang baik.” (QS.33:21)
Dari sini masalah keteladanan menjadi faktor penting dalam hal baik buruknya akhlak anak. Jika pendidik jujur serta bisa dipercaya, berakhlak mulia, berani, serta menjauhkan diri dari perbuatan yng bertentangan yang dengannya agama, maka si anak akan tumbuh dalam kejujuran, terbentuk akhlak mulia. Begitu pun sebaliknya, andai yng Suka dilihat anak merupakan perilaku-perilaku yng tak terpuji, apalagi hal itu di lakukan oleh guru ataupun orang tuanya sendiri, maka si anak pun akan cenderung meniru perbuatan itu. Dalam pendekatan keteladanan ini ada beberapa metode yng bisa dipergunakan di antaranya, melalui performance, kepribadian, cerita, serta ilustrasi yng memiliki kandungan unsur keteladanan. Pelajari pun Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa.
Anak kita merupakan generasi penerus bangsa. Jangan biarkan orang-orang terkontaminasi oleh contoh-contoh yng tak baik dari media serta lingkungan sekitar. Tidak Perlu mengurung orang-orang dalam rumah, namun kita Perlu selalu waspada, mengawasi, serta membimbing setiap perilaku yng dilakukannya. Sebaik apa pun kurikulum yng dirumuskan oleh pemerintah, ujung tombak penentu kualitasnya tetap ada di tangan guru serta masyarakat pendidikan. Oleh lantaran itu, mari menjadi guru serta masyarakat yng baik agar anak-anak kita meneladani kebaikan kita. Ahmad Mujib Jumat, 28 November 2014 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2014/11/pendekatan-keteladanan-dalam.html

Seputar Pendekatan Keteladanan dalam Pembelajaran

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pendekatan Keteladanan dalam Pembelajaran