Pengertian Opportunity cost/ biaya peluang

- 22.24

Pengertian Opportunity cost/ biaya peluang

 
Pengertian Opportunity cost – Opportunity cost merupakan/ Opportunity cost yakni/ Opportunity cost adalah/ yng dimaksud Opportunity cost/ Arti Opportunity cost/ Definisi Opportunity cost. Opportunity cost
Opportunity cost/ biaya peluang/ biaya peluang / ongkos pengganti diartikan menjdai berikut:
a. Biaya opportunitas merupakan biaya yng dikorbankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan sumber daya bagi tujuan tertentu, yng diukur yang dengannya manfaat yng dilepasnya lantaran tak dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan lain. Dengan kata lain, diukur yang dengannya satuan barang yng seharusnya mampu diperoleh.
b. Biaya peluang/ biaya peluang / ongkos pengganti (opportunity cost) merupakan sejumlah barang ataupun pendapatan yng Perlu dikorbankan agar sejumlah barang yng lain bisa diproduksi/ dipakai. Jadi, ongkos pengganti sejumlah barang X merupakan sejumlah barang Y yng Perlu dikorbankan agar jumlah barang X bisa diproduksi.
c. Biaya peluang (Opportunity cost) merupakan biaya yng timbul akibat memilih sebuah peluang paling baik dari beberapa pengganti yng tersedia. Ketika seseorang diharapkan pada beberapa pengganti pilihan serta Perlu memilih satu dari sekian banyaknya diantaranya, maka pengganti yng tak dipilih itulah yng menjadi biaya peluang.
Contoh penerapan biaya peluang.
Norman ditawari bagi atau bisa juga dikatakan untuk bekerja di suatu perusahaan yang dengannya gaji Rp.1.500.000,00 per bulan. Akan akan tetapi, di sisi lain Norman mempunyai kemampuan secara skill serta modal bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan produksi suatu barang yang dengannya peluang memperoleh Rp.5.000.000,00 per bulan, akan tetapi sesudah melalui proses produksi serta promosi selama 5 bulan.
Dari ilustrasi diatas, mungkin yng mampu terlaksana di antaranya andai Norman lebih memilih mengambil peluang bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan produksi sendiri, maka dia sudah kehilangan peluang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bekerja pada orang lain yang dengannya gaji Rp.1.500.000,00 selama 5 bulan, itulah yng dimaksud yang dengannya biaya peluang. Jadi besarnya biaya peluang dibagi Norman selama 5 bulan merupakan 5 x Rp. 1.500.000,00 = Rp.7.500.000,00 Demikian berita yng mampu saya sampaikan mengenai Pengertian Opportunity cost/ biaya peluang, semoga memberikan manfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2014/01/pengertian-opportunity-cost-biaya.html

Seputar Pengertian Opportunity cost/ biaya peluang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Opportunity cost/ biaya peluang