Pengertian Kromatografi

- 15.20

Pengertian Kromatografi

 
Pengertian Kromatografi – Kromatografi merupakan/ Kromatografi yakni/ Kromatografi adalah/ yng dimaksud Kromatografi/ arti Kromatografi/ definisi Kromatografi. Pengertian Kromatografi
Kromatografi merupakan teknik pemisahan campuran didasarkan atas perbedaan distribusi dari komponen-komponen campuran yang telah di sebutkan di antara dua fase, fase diam (padat ataupun cair) serta fase gerak (cair ataupun gas). Dari pengertian yang telah di sebutkan bisa diketahui bahwasanya terdapat dua komponen penting dalam kromatografi, yng fase diam (padat ataupun cair) serta fase gerak (cair ataupun gas).
Suatu campuran pewarna bisa dijauhkan yang dengannya teknik kromatografi lantaran adanya perbedaan kelarutan antara zat penyusun campuran pewarna yang telah di sebutkan. Selain itu, kecepatan bergerak partikel penyusun Amat dipengaruhi oleh ukuran partikel penyusunnya. Partikel penyusun yng lebih kecil akan bergerak lebih cepat daripada partikel penyusun yng berukuran lebih besar. Misalnya, tinta hitam adalah campuran beberapa warna. Kita bisa memisahkan campuran warna yang telah di sebutkan yang dengannya kromatografi.
Pemisahan warna tinta bisa di lakukan yang dengannya cara berikut.
- Tinta diteteskan pada ujung kertas kromatografi (1,5 cm dari ujung kertas).
- Tinta dibiarkan sampai-sampai mengering.
- Ujung kertas saring dimasukkan dalam air sedalam 1 cm yang dengannya posisi tegak.
- Tunggu sampai-sampai air merambat naik.
- Noda tinta akan terbawa oleh air yng merembes naik pada kertas saring. Oleh lantaran kecepatan perembesan zat-zat tinta berbeda, maka zat-zat penyusun campuran (zat-zat warna) makin lama akan terpisah.
Kromatografi, meskipun hanyalah satu dari sekian banyaknya teknik yng simpel, akan tetapi mempunyai tidak sedikit kegunaan. Dalam industri makanan, seorang analis yang dengannya mempergunakan teknik kromatografi bisa mengetahui suatu pewarna makanan rawan ataupun tak bagi kebugaran atau kesehatan. Banyak sayur-sayuran yng dijual di pasar memiliki kandungan pestisida serta herbisida yng rawan bagi kebugaran atau kesehatan. Kromatografi bisa mendeteksi keberadaan zat kimia semisal pestisida serta herbisida meskipun dalam jumlah ataupun konsentrasi yng Amat kecil.
Itulah apa yng bisa kami jelaskan perihal apa yng dimaksud Kromatografi, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/02/pengertian-kromatografi.html

Seputar Pengertian Kromatografi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Kromatografi