Pengertian Rangkaian Paralel

- 09.56

Pengertian Rangkaian Paralel

 
Pengertian Rangkaian Paralel - Dalam pemaparan di artikel ini kami akan membagikan ihwal apa itu Rangkaian paralel. Materi pemaparan ini meliputi pengertian rangkaian paralel, ciri-ciri rangkaian paralel, serta pun susunan rangkaian parerel ataupun gambar rangkaian parael. Dalam hal kelistrikan rangkaian paralel yng dipakai dalam perangkaian komponen-komponen listrik.Pada model ini terdapat ciri khusus yng melekat serta menjadi faktor pembeda yang dengannya rangkian listrik yng lain (connya rangkaian seri). Perbedaan yang telah di sebutkan letaknya berada pada bentuk, susunan rangkian, serta kegunaan ataupun fungsinya. Rangkaian ini pun memiliki beberapa kelebihan dalam penggunaannya pada pemasangan instalasi listrik perkantoran, keluarga, serta yng lain-lainnya. Semua ihwal rangkaian pararel akan kami jelaskan secara lengkap dalam tulisan atau artikel ini.
- Baca pun Artikel: Pengertian Rangkaian Seri

Pengertian Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel merupakan sebuah model rangkaian yng dikenal dalam bidang listrik. Rangkaian paralel secara simpel diartikan menjdai rangkian listrik yng bagian-bagiannya semuanya dihubungkan secara bersusun. Akibatnya di rangkian paralel terbentuk cabang di antara sumber arus listrik lantaran itulah rangkaian ini disebut rangkaian bercabang. Semua percabangan yng ada dalam rangkaian ini mampu dilewati oleh arus listrik. Pada setiap cabang itulah komponen listrik terpasang, menjadikan tiap-tiap komponen memiliki arus serta cabang tersendiri. Arus yang telah di sebutkan mengaliri seluruh komponen listrik yng terpasang bersamaan. Rangkaian parelel dibutuhkan andaikan kita mengatur arus listrik, yang dengannya membaginya yang dengannya cara merubah beban yng lewat di setiap percabangan.

Ciri-ciri Rangkaian Paralel

Ciri ciri rangkaian paralel merupakan Seluruh komponen listrik terpasang secara sejajar serta bersusun. Di rangkaian paralel arus yng mengalir di setiap cabang besarnya berbeda. Tiap komponen tersambung yang dengannya kutob negatif serta kutub postitif dari sumber tegangan, maksudnya seluruh komponen mendapatkan teganan yng besarnya percis. Dan hambatan totalnya jadi lebih kecil dari pada hambatan tiap komponen listriknya. Semua ihwal rangkaian paralel mampu ditulis ke dalam bentuk rumus matematis yang akan di sajikan kali ini: Pengertian Rangkaian Paralel
Keunggulan rangkaian paralel merupakan andai saklar dimatikan, maka tak seluruh komponen mati kecuali komponen yng terhubung yang dengannya saklar yng dimatikan, misalnya lampu. Selain itu, andaikan terdapat satu dari sekian banyaknya cabang/ komponen listrik yng rusak ataupun terputus maka komponen lain-lainnya akan tetap berfungsi. Hal yang telah di sebutkan dikarenakan masih terdapat cabang lain-lainnya yng mampu dialiri arus listrik serta komponen yng tak rusak yang telah di sebutkan masih mempunyai hubungan yang dengannya kedua kutub sumber tegangan.
Kekurangan rangkaian paralel yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun seluruh rangkaian dibutuhkan tidak sedikit kabel ataupun penghantar listrik.

Gambar Rangkaian Paralel

Di bawah ini adalah gambar beberapa alat listrik yng disusun secara paralel:
Rangkaian Paralel Baterai Pengertian Rangkaian Paralel
Rangkaian Paralel Lampu Pengertian Rangkaian Paralel
Itulah penjelasan yng bisa kami bagikan ihwal Pengertian Rangkaian Paralel, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/12/pengertian-rangkaian-paralel.html

Seputar Pengertian Rangkaian Paralel

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Rangkaian Paralel