Kiat Praktis Menulis Artikel untuk Media Online

- 22.54

Kiat Praktis Menulis Artikel untuk Media Online

 
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi sudah menggeser pola pikir serta pola hidup tidak sedikit orang. Kehidupan makin gampang, efektif, serta efisien yang dengannya bantuan alat-alat elektronik yng kian hari kian terus dikembangkan serta diperbarui yang dengannya banyak sekali warna, ukuran, serta bentuknya. Kita tinggal mengkonsumsi saja, lantaran memanglah tak mampu disangkal bahwasanya kebanykan barang-barang yang telah di sebutkan berkah dari impor. Proses penyebaran berita yng dulu masih mempergunakan media-media konvensional, saat ini sudah berpindah ke cara yng lebih modern, khususnya melalui media online yang dengannya jaringan internet.
Dalam dunia pendidikan kita era ini, kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013 adalah kurikulum yng berbasis teknologi berita. Pelajaran TIK yng pada kurikulum sebelumnya menjadi bagian dari materi yng diajarkan, saat ini menjadi sarana ataupun media yng dipakai langsung dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, peserta didik umumnya diminta untuk menambah wawasan perihal materi yng diajarkan yang dengannya mencari sumber-sumber lain yng di antaranya di antaranya berasal dari internet.
Setiap era, internet selalu hadir untuk mengguyur pikiran kita yang dengannya derasnya banjir berita dari seluruh dunia, baik berupa teks, gambar, video, maupun audio. Bagi yng mempunyai minat serta kemauan untuk belajar menulis, mempergunakan serta memanfaatkan internet menjdai media publikasi bagi karya-karya tulisnya adalah sebuah langkah baru yng butuh terus dikembangkan yang dengannya membuat blog ataupun website pribadi. Sekarang telah tidak sedikit siswa serta mahasiswa kita yng aktif menulis ide serta gagasannya di blog pribadinya.

Anda tak butuh menjadi seorang penulis tulisan atau artikel profesional untuk mampu menulis tulisan atau artikel di media online. Bahkan, mungkin tidak sedikit orang yng lebih suka membaca konten yng ditulis oleh orang yang dengannya kemampuan menulis yng rata-rata yang dengannya bahasa yng simpel dibandingkan yang dengannya goresan pena seorang intelektual yng bahasanya melangit. Namun, kamu Perlu mempunyai beberapa pengetahuan dasar perihal ejaan serta tata bahasa, dan tahu ejaan kata-kata yng dipakai secara umum.
Tentu orang akan malas membaca goresan pena yng tata bahasanya acak-acakan. Karena kebanykan pembaca merupakan orang awam, tentu orang-orang akan lebih menikmati goresan pena yng disajikan yang dengannya bahasa yng terang serta menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Bukan goresan pena yng dipenuhi yang dengannya istilah-istilah intelektual yng sulit dicerna ataupun goresan pena yng alur serta bahasanya berantakan.
Jadi, andai kamu ingin menulis tulisan atau artikel di media online, jangan berkecil hati andai kamu tak mempunyai latar belakang profesional secara tertulis ataupun tak mempunyai penguasaan tata bahasa yng baik. Kemampuan menulis kamu akan terus meningkat andai kamu terus berupaya menulis.
  1. Pertama, Anda Perlu memutuskan apa yng Anda ingin tulis. Anda bisa memilih untuk menulis perihal apa saja. Namun, kamu Perlu memulainya yang dengannya menulis tulisan atau artikel perihal topik yng kamu kuasai. Hal ini membuat kamu lebih gampang dalam proses menulis daripada kamu memaksakan menulis topik yng percis sekali tak kamu kuasai.
  2. Setelah kamu memilih topik yng ingin kamu tulis, kamu butuh memutuskan apa yng akan kamu kembangkan dari topik yang telah di sebutkan sekalian menentukan judul yng tepat serta spesifik dari topik yang telah di sebutkan. Misalnya kamu memilih untuk menulis topik perihal Internet, lantaran Internet sudah menjadi bagian dari hidup kamu menjadikan kamu tahu tidak sedikit hal tentangnya. Hal khusus apa yng ingin kamu tulis perihal Internet? Misalnya, kamu mampu memilih untuk menulis perihal dampak negatif serta positif dari penggunaan internet. Maka, kamu mampu memberikan judul yng lebih spesifik pada goresan pena kamu, misalnya "Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Remaja di Ponorogo".
  3. Terkadang, menulis tulisan atau artikel akan memerlukan beberapa penelitian serta mengumpulkan data-data pendukung, malah andai kamu telah akrab yang dengannya topik goresan pena yng kamu pilih. Untuk meneliti apa yng akan kamu tulis, genakan saja mesin pencari untuk mencari berita yng berhubungan perihal apa yng ingin kamu tulis. Hal ini akan memberikan kamu ide serta berita tambahan yng mungkin belum kamu mempunyai sebelumnya.
  4. Gunakan pengetahuan serta berita yng kamu peroleh dari hasil riset ataupun pemahaman kamu sendiri yng akan membentuk paragraf demi paragraf untuk tulisan atau artikel kamu. Mulailah yang dengannya menulis Lead ataupun paragraf pembuka yng memperkenalkan kepada pembaca perihal apa yng akan kamu tulis. Selanjutnya, tulislah isi tulisan atau artikel kamu, minimal tulis tiga paragraf yng terkait yang dengannya poin-poin penting goresan pena kamu. Pastikan bahwasanya setiap paragraf memberikan ide pokok dari goresan pena kamu secara terang. Terakhir, tulislah sebuah paragraf kesimpulan yng dasarnya memang meringkas seluruh yng kamu tulis dalam tulisan atau artikel kamu. Menulis kesimpulan bertujuan untuk mengulangi poin-poin penting yng ada dalam isi tulisan atau artikel kamu ataupun mengingatkan pembaca perihal apa yng baru saja orang-orang baca.
  5. Ketika kamu sudah menyelesaikan tulisan atau artikel kamu, hal yang terakhir yng butuh kamu lakukan merupakan membaca tulisan atau artikel kamu dari awal hingga akhir beberapa kali untuk memastikan bahwasanya kamu tak melewatkan suatu hal yng penting, pastikan tulisan atau artikel kamu masuk akal serta mempunyai alur yng baik, serta jangan tidak ingat juga untuk mengoreksi ejaan serta tata bahasa kamu.
Mempublikasikan Artikel Di Media Online Blog
Ada tidak sedikit platform online yng bisa kamu genakan untuk mempublikasikan tulisan atau artikel and, baik yng berupa platform blogging semisal blogger.com, wordpress.com, ataupun situs-situs informasi online. Ketika kamu menulis tulisan atau artikel di media online, kamu Perlu belajar perihal Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan faktor penting yng akan membuat tulisan atau artikel kamu dilihat serta dibaca tidak sedikit orang. Anda Perlu mengimplementasikan teknik SEO ke dalam tulisan atau artikel kamu andai kamu ingin memperoleh trafik yng mempunyai kualitas untuk konten yng sudah kamu tulis.
Blog adalah satu dari sekian banyaknya sarana yng paling tidak sedikit dipakai orang untuk mempublikasikan karya tulis orang-orang di internet. Blog ibarat buku catatan pribadi yng kita punyai di internet. Kita mampu membuatnya secara gratis melalui sebuah platform blogging yng menyediakan layanan pembuatan blog gratis. Salah satu situs platform blogging yng cukup ternama untuk membuat blog secara gratis merupakan blogger.com. Dengan satu akun Gmail, kamu mampu membuat blog sebanyk yng kamu inginkan. Masing-masing blog mampu kamu kasih tema ataupun kategori tertentu pendapat dari selera kamu, sesuai yang dengannya pengetahuan yng kamu kuasai.
Secara umum ada dua jenis blog, yakni blog yng berisi satu tema goresan pena saja, serta blog yng berisi macam-macam goresan pena yang dengannya tema yng beragam. Blog yng berisi satu tema goresan pena saja lazim disebut yang dengannya "niche" blog. Semisal pendidikan, usaha, gadget, serta lain sebagainya. Yang terang, tulisan-tulisannya bersifat linier serta tak menyimpang dari tema awal blog. Sedangkan blog yng berisi beragam goresan pena umumnya disebut yang dengannya blog "gado-gado", jadi tema tulisannya campur aduk semisal gado-gado. Misalnya hari ini bahas usaha, besoknya bahas kebugaran atau kesehatan, besoknya lagi jualan barang bekas, serta seterusnya.
1. Mulailah untuk menuliskan hal-hal yng Amat simpel
Bisa berupa pengalaman-pengalaman kamu semisal kunjungan wisata, masakan, ataupun kisah percintaan kamu yng mungkin masih menyisakan puing-puing kenangan dalam ingatan kamu. Pokoknya tulis saja, tak butuh memperhatikan aturan-aturan dalam penulisan semisal penempatan tanda baca serta sebagainya. Kalau kamu terlalu terfokus pada peraturan EYD sedangkan kamu belum memahaminya yang dengannya baik, ide yng ada di kepala kamu bisa-bisa bahkan hilang begitu saja.
2. Beranilah mempergunakan pemahaman kamu sendiri dalam menilai sesuatu
Jangan takut kritik serta jangan takut salah. Ketakutan-ketakutan semisal itu cuma akan membuat kamu tak pernah berani untuk mengawali menulis, serta saya yakin kamu tak akan menghasilkan satu pun karya tulis. Perlu disadari bahwasanya tak ada kita-kita yng terlepas dari kesalahan, entah disengaja ataupun tak. Lagi juga kita menulis bukan untuk sengaja membuat kesalahan. Kalaupun nantinya ada yng menuduh salah goresan pena kita serta sebenarnya hal itu benar, maka yang dengannya besar hati kita tinggal perbaiki kesalahan yang telah di sebutkan. Kita tau kalau kita salah lantaran kita sudah praktek. Kalau tak mau menemui kesalahan, silahkan kamu diam saja di kamar sambil tiduran tanpa melakukan apa-apa.
3. Satu blog yang dengannya tidak sedikit tema lebih cocok pendapat dari saya
Tapi hal ini kembali kepada keputusan kamu masing-masing. Karena setiap orang mempunyai bakat serta minat yng berbeda-beda, maka membuat blog yang dengannya satu tema sesuai yang dengannya minat serta bakat kamu mungkin lebih baik.
4. Sabar serta konsisten
Sabar merupakan satu dari sekian banyaknya kunci yng mampu mengantarkan kamu menjadi penulis hebat. Dengan modal kesabaran, kamu tak akan gampang putus asa serta menyerah disaat sesudah membaca goresan pena kamu sendiri kamu sebenarnya Amat tidak bagus serta tak karuan. Anda akan terus memperbaikinya hingga kamu terasa bahwasanya goresan pena kamu telah cukup layak untuk dibaca, paling tak untuk kamu baca sendiri. Kalau kesabaran telah tertanam dalam lubuk hati, maka kamu akan mampu untuk konsisten menulis.
5. Banyak membaca
Kita cuma akan mampu menulis yang dengannya baik kalau kita tidak sedikit membaca. Jadi banyak-banyalah membaca. Tidak cuma membaca teks, namun pun membaca konteks, yaitu banyak sekali kejadian ke hidup-an di sekitar kita.
Nah, itulah beberapa Kiat Praktis Menulis Artikel untuk Media Online khususnya media blog menjdai langkah awal sebelum kamu lebih jauh mengirimkan tulisan atau artikel kamu di website-website ternama misalnya kompas.com, detik.com, dan juga lain-lainya. Semoga goresan pena singkat ini berguna. Ahmad Mujib Kamis, 03 Maret 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/kiat-praktis-menulis-artikel-untuk-media-online.html

Seputar Kiat Praktis Menulis Artikel untuk Media Online

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kiat Praktis Menulis Artikel untuk Media Online