Pengertian Koagulasi

- 10.45

Pengertian Koagulasi

 
Pengertian Koagulasi – Koagulasi merupakan/ Koagulasi yakni/ Koagulasi adalah/ yng dimaksud Koagulasi/ arti Koagulasi/ definisi Koagulasi.
Koagulasi merupakan penggumpalan partikel koloid serta membentuk endapan. Zat terdispersi tak lagi berbentuk partikel-partikel koloid yang dengannya terjadinya koagulasi, akan tetapi bergabung menjadi partikel yng lebih besar menjadikan mengendap ataupun menggumpal.
Koagulasi bisa terlaksana lantaran pengaruh fisis, semisal pemanasan, pendinginan, serta pengadukan. Koagulasi secara kimia bisa terlaksana yang dengannya penambahan elektrolit yng memiliki kandungan ion-ion yang dengannya muatan yng berlawanan yang dengannya muatan partikel koloid. Akibat adanya muatan yng berlawanan akan terlaksana penetralan muatan koloid menjadikan partikel-partikelnya tak lagi bermuatan. Hal ini memicu kestabilan koloid akan terganggu serta terlaksana pengendapan.
Beberapa semisal koagulasi merupakan menjdai berikut.
- Pembentukan delta di muara sungai terlaksana lantaran koloid tanah liat (lempung) dalam air sungai mengalami koagulasi disaat bercampur yang dengannya elektrolit dalam air laut.
- Karet dalam lateks digumpalkan yang dengannya menambahkan asam format.
- Lumpur koloidal dalam air sungai bisa digumpalkan yang dengannya menambahkan tawas. Sol tanah liat dalam air sungai umumnya bermuatan negatif menjadikan akan digumpalkan oleh ion Al 3+ dari tawas (alumunium sulfat).
- Asap ataupun debu dari pabrik/ industri bisa digumpalkan yang dengannya alat koagulasi listrik dari Cottrell. Asap dari pabrik rokok sebelum meninggalkan cerobong asap dialirkan melalui ujung-ujung logam yng tajam serta bermuatan pada tagangan tinggi (20.000 - 75.000 V). Ujung-ujung yng runcing akan mengisolasikan molekul-molekul dalam udara.
Itulah penjelasan yng bisa kami berikan ihwal apa yng dimaksud koagulasi, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/02/pengertian-koagulasi.html

Seputar Pengertian Koagulasi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Koagulasi