Pengertian Majas

- 15.47

Pengertian Majas

 
Pengertian Majas – Majas merupakan/ Majas yakni/ Majas adalah/ yng dimaksud Majas/ arti Majas/ definisi Majas. yang dimaksud Majas
Majas merupakan bahasa kias yng dipergunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan efek tertentu dari suatu benda ataupun hal yang dengannya cara membandingkannya yang dengannya benda ataupun hal yng lebih umum. Dilihat dari sudut pandang bahasa, majas bisa dibedakan didasari titik tolak unsur bahasa yng dipakai, yakni gaya bahasa, pilihan kata, nada yng terkandung dalam wacana, struktur kalimat, serta langsung tidaknya makna. Dalam buku Diksi serta Gaya Bahasa, Gorys Keraf membagi majas ataupun gaya bahasa menjadi beberapa jenis sudut pandang, yakni gaya bahasa didasari pilihan kata, gaya bahasa didasari nada, gaya bahasa didasari struktur kalimat, serta gaya bahasa didasari langsung tidaknya makna.
- Majas perumpamaan merupakan perbandingan dua hal yng pada hakikatnya berlainan serta yang dengannya sengaja dianggap percis. Perbandingan yang telah di sebutkan secara eksplisit dijelaskan yang dengannya pemakaian kata gagai, menjdai, ibarat, semisal, baik, laksana, contohnya, seumpama, umpama, serta serupa,
- Majas personifikasi merupakan majas yng meletakkan sifat-sifat insani (manusiawi) pada benda-benda yng tak bernyawa serta ide yng tak berbentuk. Ciri utamanya merupakan membuat benda matu seolah-olah hidup.
- Majas metonomia merupakan majas yng mempergunakan nama suatu barang bagi atau bisa juga dikatakan untuk suatu hal lain yng berkaitan erat yang dengannya barang yang telah di sebutkan.
- Majas metafora merupakan perbandingan yng di lakukan secara implisit antara dua hal yng berbeda. Metafora hampir percis yang dengannya perumpamaan, bedanya dalam metafora perbandingan di lakukan secara langsung.
- Sinekdoke merupakan majas yng menyebutkan nama bagian menjdai alternatif nama keseluruhan ataupun sebalinya. Sinekdoke dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengungkapkan fenomena langsung dari sumbernya. Ada dua jenis sinekdoke, yakni totem pro parte (sinekdoke yng menyebutkan keseluruhan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menonjolkan sebagian) serta pars pro toto (sinekdoke yng menyatakan sebagian bagi atau bisa juga dikatakan untuk keseluruhan).
- Majas Pleonasme merupakan majas yng menambahkan keterangan pada pernyatan yng gampang terperinci ataupun menambahkan keterangan yng sebetulnya tak dibutuhkan.
- Majas Hiperbola adahlah majas yng melebih-lebihkan apa yng sebetulnya dimaksudkan yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan perhatian lebih dari pembaca.
Itulah yng dimaksud majas, mudah-mudahan apa yng saya sampaikan mampu yang dengannya gampang dipahami.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2015/09/pengertian-majas.html

Seputar Pengertian Majas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Majas