Pengertian Ittiba Rasul

- 19.27

Pengertian Ittiba Rasul

 

Artikel terkait : Pengertian Ittiba Rasul

Pengertian Ittiba andai dilihat dari segi bahasa merujuk pada tiga istilah, yakni iqtifa' yng berguna menelusuri jejak, qudwah yng berguna bersuri teladan serta uswah yng berguna berpanutan. Apabila dilihat dari sisi istilah, Ittiba mampu diartikan mengikuti sesuatu ataupun seseorang yang dengannya dalil serta hujjah yng terang. Ittiba terhadap kitab suci berguna kita berpanutan pada kitab suci serta mengamalkan segala isinya. Ittiba kepada Rasulullah berguna kita menjadikan beliau menjdai panutan yng Perlu diteladani serta pun ditelusuri jejak langkahnya.
Pengertian Ittiba,ittiba dan taqlid,pengertian taqlid,pengertian tarjih,pengertian talfiq,contoh ittiba,pengertian ijtihad,arti kata ittiba,ittiba dan contohnya,pengertian,
Baca pun : Pengertian E-Money serta Manfaatnya Bagi Kita

Ber-Ittiba kepada Nabi besar Muhammad saw berguna melakoni hidup yang dengannya mengikuti apa yng dicontohkan Rasulullah, baik yng berupa amalan sunnah maupun amalan wajib, dan meninggalkan perkara-perkara yng sudah ditinggalkan Rasulullah, baik perkara makruh maupun haram. Meneladani pribadi Nabi dalam bermuamalah yang dengannya sesama kita-kita maupun yang dengannya mahluk ciptaan Allah yng lain-lainnya, baik yng kasat mata maupun yng tidak kasat mata. Dalam hal ini salah satunya ke dalamnya merupakan hewan, tumbuhan, malaikat serta jin.
Jadi, ber-Ittiba kepada Rasul memiliki kandungan konsekuensi bahwasanya kita cuma meneladani Nabi dalam melakoni ke hidup-an, lebih-lebih dalam hal beribadah kepada Allah. Karena cuma Nabi Muhammad yng mengetahui bagaimana tatacaranya berinteraksi yang dengannya Allah, serta bagaimana melakoni ibadah, lebih-lebih ibadah mahdhah. Hal ini pun adalah konsekuensi atas ucapan syahadat yng kita baca. Pada era kita mengakui bahwasanya Nabi Muhammad merupakan utusan-Nya, konsekuensi logisnya merupakan kita semestinya meneladani seseorang yng memanglah sudah diutus Allah kepada kita agar kita mampu mengenal Allah secara lebih baik.
Namun, yng menjadi pertanyaan merupakan, bagaimana seseorang mampu memahami pengertian Ittiba Rasul serta sekalian ber-Ittiba kepada Rasul andai ia tidak mau mengkaji segala sesuatu mengenai Rasulullah serta jalan yng beliau tempuh? Islam merupakan jalan yng ditempuh oleh Nabi Muhammad saw. Al Qur'an menjdai landasan utama, serta beliau meninggalkan sunnah menjdai penjelasannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita. Mempelajari Al Qur'an serta sunnah adalah jalan yng Perlu kita tempuh agar kita mampu ber-Ittiba pada Rasulullah. Karena ber-Ittiba pada Rasulullah adalah satu-satunya jalan agar kita mampu mendekat kepada Allah, Sang Maha Pencipta.
Rasulullah pun sudah meninggalkan teladan pada para sahabat. Mereka merupakan generasi paling baik dari orang-orang yng ber-Ittiba kepada Nabi. Teladan ini dia yng lantas pun diikuti oleh para tabi'in serta tabi'ut-tabi'in. Generasi sesudah para sahabat serta generasi sesudahnya lagi. Mempelajari sirah nabawiyah, sirah sahabat serta generasi tabi'in beserta tabi'ut tabi'in akan membuat mudah kita memahami bagaimana tatacaranya ber-Ittiba kepada Rasul. Karena dalam perjalanan orang-orang mendampingi Rasulullah, terlihat bagaimana Rasul mendidik generasi mulia ini dalam menempuh jalan Allah. Para sahabat adalah assabiqunal awwalun, generasi awal yng mengenal Islam langsung dari Rasulullah.
Mereka memahami bagaimana Rasul bertindak, serta bagaimana Rasul melakoni ke hidup-an. Jadi telah semestinya andai kita pun belajar pada generasi awal Islam disebarkan oleh Rasulullah. Wallahu a’lamu bis showab. Demikianlah analisis mengenai pengertian Ittiba Rasul. Semoga berguna.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/02/pengertian-ittiba-rasul.html

Seputar Pengertian Ittiba Rasul

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Ittiba Rasul