Pengertian Pancasila sebagai dasar negara

- 22.59

Pengertian Pancasila sebagai dasar negara

 
Pengertian Pancasila sebagai dasar negara – Pancasila sebagai dasar negara merupakan/ Pancasila sebagai dasar negara yakni/ Pancasila sebagai dasar negara adalah/ yng dimaksud Pancasila sebagai dasar negara/ arti Pancasila sebagai dasar negara/ definisi Pancasila sebagai dasar negara. yang dimaksud Pancasila sebagai dasar negara
Pancasila sebagai dasar negara, pengertiannya Pancasila sebagai dasar dari penyelenggaraan ke hidup-an bernegara di Indonesia serta pendapat dari ketetapan MPR No. III/MPR/2000 adalah sumber hukum dasar nasional. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara sesuai denggan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea IV ”. . . maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan itu dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yng berkedaulatan yang dengannya berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yng adil serta beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yng dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, dan yang dengannya mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.” Dengan kedudukan yng istimewa yang telah di sebutkan, proses penyelenggaraan ke hidup-an bernegara mempunyai fungsi yng kuat juga. Dalam kedudukannya sebagai dasar negara, Pancasila berfungsi sebagai berikut.
- Sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib hukum) Indonesia sebagai Pancasila adalah asas kerohanian tertib hukum Indonesia.
- Suasana kebatinan (geistlichen hinterground) dari UUD 1945.
- Cita-cita hukum bagi hukum dasar negara.
- Norma-norma yng mengharuskan UUD 1945 bagi atau bisa juga dikatakan untuk mewajibkan penyelenggara negara memegang teguh hasrat moral rakyat yng luhur.
- Sumber semangat bagi UUD 1945, penyelenggara negara, serta pelaksana pemerintah.
Demikianlah yng dimaksud Pancasila sebagai dasar negara, mudah-mudahan penjelasan yang telah di sebutkan mampu memberikan manfaat bagi yng membaca tulisan atau artikel ini.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2015/08/pengertian-pancasila-sebagai-dasar.html

Seputar Pengertian Pancasila sebagai dasar negara

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Pancasila sebagai dasar negara