Pengertian Rotasi bumi

- 03.08

Pengertian Rotasi bumi

 
Pengertian Rotasi bumi – Rotasi bumi merupakan/ Rotasi bumi yakni/ Rotasi bumi adalah/ yng dimaksud Rotasi bumi/ arti Rotasi bumi/ definisi Rotasi bumi. Pengertian Rotasi bumi
Rotasi bumi adalah gerak berputarnya bumi pada porosnya (sumbu). Gerak rotasi ini memicu daerah sepanjang ekuator bergerak cepat, sedangkan di daerah kutub hampir-hampir tak mengalami pergerakan. Bumi yng berbentuk hampir bulat mengalami perubahan bentuk akibat gerakan rotasi yng di lakukan. Perubahan yang telah di sebutkan merupakan terbentuknya daerah agak pepat di kedua kutubnya serta seakan-akan sebagian massa bumi tertumbuk di daerah ekuator. Gerak rotasi bumi terlaksana dari arah barat ke timur. Jika dilihat dari kutub utara, rotasi bumi mempunyai arah berlawanan yang dengannya arah jarum jam, sedangkan andai dilihat dari kutub selatan, arah rotasi bumi searah yang dengannya arah jarum jam. Poros (sumbu) bumi adalah garis khayal yng menandakan sumbu rotasi dari bumi yng melalui kutub utara serta kutub selatan. Proses rotasi bumi tidaklah tegak lurus, akan tetapi mengalami kemiringan sebesar 23,5 derajat dari garis tegaknya. Waktu rotasi bumi dalam satu putaran merupakan 23 jam 56 menit. Rotasi bumi menghasilkan beberapa gejala alam yang akan di sajikan kali ini:
1. Terjadinya pergantian siang serta malam.
2. Perbedaan waktu di beberapa tempat.
3. Pergerakan Semu bintang.
4. pembelokan arah angin.
5. Pembelokan Arah Arus Laut.
6. Perbedaan Percepatan Gravitasi di permukaan bumi.
Bagaimana telah paham kan apa yng dimaksud Rotasi bumi? Mudah-mudahan apa yng saya bagikan diatas mampu menambah pengetahuan kita. Lihat pun penjelasan ihwal Revolusi Bumi.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2014/04/pengertian-rotasi-bumi.html

Seputar Pengertian Rotasi bumi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Rotasi bumi