Definisi Manajemen

- 15.42

Definisi Manajemen

 
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yng mempunyai arti seni melaksanakan serta mengatur. Manajemen belum mempunyai definisi yng mapan serta diterima secara universal. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yng berguna “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yng berasal dari bahasa latin manus yng berati “tangan”. Kata ini mendapatkan pengaruh dari bahasa Perancis manège yng berguna “kepemilikan kuda” (yng berasal dari Bahasa Inggris yng berguna seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini pun berasal dari bahasa Italia.[1] Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yng mempunyai arti seni melaksanakan serta mengatur. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen menjdai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berguna bahwasanya seorang manajer bertugas mengatur serta mengarahkan orang lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen menjdai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan sumber daya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif serta efesien. Efektif berguna bahwasanya tujuan bisa dicapai sesuai yang dengannya perencanaan, sementara efisien berguna bahwasanya tugas yng ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, serta sesuai yang dengannya jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia sampai-sampai era ini belum ada keseragaman.
Selanjutnya, bila kita mengkaji literatur manajemen, maka akan didapati bahwasanya istilah manajemen memiliki kandungan tiga pengertian yakni :
1. Manajemen menjdai suatu proses,
2. Manajemen menjdai kolektivitas orang-orang yng melakukan aktivitas manajemen,
3. Manajemen menjdai suatu seni (Art) serta menjdai suatu ilmu pengetahuan (Science)
Menurut pengertian yng pertama, yaitu manajemen menjdai suatu proses, berbeda-beda definisi yng diberikan oleh para ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen pendapat dari pengertian yng pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi.
Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwasanya manajemen merupakan suatu proses yang dengannya mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan serta diawasi.
Dari gambar di atas menunjukan bahwasanya manajemen merupakan Suatu keadaan terdiri dari proses yng ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengendalian, yng mana keempat proses yang telah di sebutkan saling memiliki fungsi masing-masing bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai suatu tujuan organisasi.


Source Article and Picture : http://definisimu.blogspot.com/2012/12/definisi-manajemen.html

Seputar Definisi Manajemen

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Definisi Manajemen