Selamat Tahun Baru 2017

- 00.59

Selamat Tahun Baru 2017

 
Bagi mukmin, tak ada awal serta akhir tahun, yng ada hanyalah umur yng makin berkurang. Mengapa kita selalu berpikir bahwasanya umur kita bertambah, akan tetapi tak mikirin ajal makin dekat? Benar kata Hasan al-Bashri, seorang tabi’in terkemuka, menasehati kita agar mampu merenungkan bahwasanya makin bertambah tahun, makin bertambah hari, itu berguna berkurangnya umur kita setiap era.
“Wahai kita-kita, sebenarnya anda sekalian hanyalah kumpulan hari. Tatkala satu hari itu hilang, maka akan hilang juga sebagian dirimu."
“Malam serta siang akan terus berlalu yang dengannya cepat serta umur pun berkurang, ajal (kematian) pun makin dekat.”

Sungguh tak baik, andai sebagian kita bahkan merayakannya yang dengannya mengikuti dorongan nafsu syahwat, terasa sudah bertambahnya umur serta tahun, tanpa melakukan evaluasi diri (muhasabah/self control). Seharusnya yng kita rasakan merupakan umur makin berkurang, menangis, merenungkan waktu yng terbuang, merenungkan wacana sedikitnya amal, serta bertanya berapa jam, hari, minggu, bulan serta tahun umur yng betul-betul milik kita dari 23, 33, 43, 53....th, berapa tahun yng betul2 bersama Allah, dzikrullah, memberikan kebaikan diri sendiri, sesama kita-kita malah alam?
Bukankah Rasul sudah mengajarkan kepada kita agar kita jangan cuma menunggu waktu, melainkan beramallah demi persiapan bekal bagi atau bisa juga dikatakan untuk akhirat. Ibnu ‘Umar pernah mengatakan,
“Jika engkau berada di sore hari, maka janganlah menunggu waktu pagi. Jika engkau berada di waktu pagi, janganlah menunggu sore. Isilah waktu sehatmu sebelum datang sakitmu, dan isilah masa hidupmu sebelum datang matimu.” (HR. Bukhari no. 6416).
Tahun baru adalah momen bagi atau bisa juga dikatakan untuk refleksi diri, momen di mana kita butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk merenungkan kembali apa saja yng telah kita lakukan di tahun sebelumnya. Lebih tidak sedikit waktu yng kita genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam benih-benih kebaikan ataupun sebaliknya. Ahmad Mujib Sabtu, 31 Desember 2016 Inspiratif

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/12/selamat-tahun-baru-2017.html

Seputar Selamat Tahun Baru 2017

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Selamat Tahun Baru 2017