Pengertian Lompat jauh

- 21.21

Pengertian Lompat jauh

 
Pengertian Lompat jauh – Lompat jauh merupakan/ Lompat jauh yakni/ Lompat jauh adalah/ yng dimaksud Lompat jauh/ arti Lompat jauh/ definisi Lompat jauh. Lompat jauh adalah
Sebelumnya saya sudah memberikan perihal penjelasan tenis meja, serta di artikel ini saya akan memberikan mengenai Lompat Jauh. Lompat jauh adalah satu dari sekian banyaknya nomor dalam cabang olahraga atletik. Tujuan lompat jauh adalah melakukan lompatan sejauh mungkin yang dengannya teknik serta prosedur yng sudah ditetapkan. Sementara itu, lompat jauh gaya menggantung adalah satu dari sekian banyaknya gaya dalam nomor lompat.
Pada dasarnya, teknik yng dimiliki setiap gaya dalam nomor lompat jauh percis saja. Namun, perbedaanya terdapat atau terletak era sika di udara, semisal lompat jauh gaya menggantung. Teknik gerakan ini disebut gaya menggantung lantaran sikap tubuh era berada di udara semisal menggantung ataupun melenting menjadikan gaya ini pun dikenal menjdai lompat jauh gaya lenting.
1. Peraturan dasar lompat jauh
Panjang lintasan lari awalan minimal 40 m, sementara lebarnya minimal 1,22 m serta maksimal 1,25 m. lintasan terbatas yang dengannya garis putih selebar 5 cm di sebelah kanan serta kiri. Papan tolak berbentuk persegi empat yang dengannya panjang 1,21 – 1,22 m, lebar 1,98 – 2,02 dm, serta tebal 1m. lebar bak pendaratan minimal 2,75 m.
2. Peraturan perlombaan lompat jauh
Dalam perlombaan lompat jauh, terdapat beberapa peraturan khusus menjdai berikut.
a. Jika jumlah peserta lebih dari 8 peserta, tiap peserta diberi tiga kali peluang melompat serta lantas diambil 8 pelompat yang dengannya hasil lompatan paling baik. Jika hasil lompatan yng percis pada urutan yng kedelapan, diberikan tiga kali peluang lompatan kepada masing-masing pelompat. Jika jumlah peserta 8 orang ataupun tidak lebih, setiap peserta diberikan 6 kali peluang lompat.
b. Seorang pelompat dinyatakan gagal andaikan melakukan hal-hal berikut:
1. Menyentuh tanah di belakang garis batas tumpuan yang dengannya bagaian tubuh manapun, baik sewaktu membuat ancang-ancang lompat maupun sewaktu lari kencang tanpa membuat tolakan.
2. Menolak dari luar ujung balok tumpuan, baik sebelum maupun sesudah garis perpanjangan garis tumpuan.
3. Pada waktu mendarat, pelompat menyentuh tanah di luar zona pendaratan ataupun bak lompat sebelum melakukan pendaratan yng benar pada bak pendaratan.
4. Sesudah melompat yang dengannya sempurna, pelompat berjalan balik melalui bak lompat.
5. Mendarat yang dengannya melakukan suatu gerakan salto.
c. Semua lompatan Perlu diukur dari tempat bekas pendaratan di bak lompat ke balok tumpuan. Cara pengukuran Perlu tegak lurus yang dengannya garis tumpuan ataupun perpanjangannya. Pengukuran di lakukan dari sisi bekas pendaratan yng terdekat yang dengannya balok tumpuan lalu ditarik lurus ke sisi balok tumpuan yng dekat yang dengannya bak lompat.
3. Teknik lompat gaya menggantung
a. Awalan
Awalan lompat jauh gaya menggantung di lakukan yang dengannya cara lari cepat dari jarak 35-45 meter. Lari di lakukan yang dengannya menaikan kecepatan lari, namun masih terkendali bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan tolakan. Namun, jarak yang telah di sebutkan tak mutlak, namun disesuaikan yang dengannya kemampuan mencapai kecepatan maksimal setiap melompat.
b. Tolakan
Tolakan di lakukan menjdai tahap pengalihan telapak kaki tolak bagi atau bisa juga dikatakan untuk lepas landas. Tujuannya, yakni menghasilkan gerak mengangkat tubuh ke atas bagi atau bisa juga dikatakan untuk gerak melayang di udara serta menjdai upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh lompatan yng tinggi serta jauh. Gerakan tolakan memerlukan kecepatan, kekuatan, serta koordinasi gerakan yng memadai menjadikan gerakannya lebih efektif. Teknik ini di lakukan oleh satu dari sekian banyaknya kaki yng terkuat.
c. Saat berada di udara
Pada posisi ini, setiap gaya dalam lompat jauh bisa terlihat. Selain itu, gaya yng dipakai bisa memengaruhi hasil lompatan. Sebagaimana gaya berjalan di udara, gaya menggantung pun adalah gaya yng Suka dipakai oleh para pelompat nasional serta internasional. Teknik era di udara ini, badan Perlu diluruskan melayang selama mungkin di udara dalam keadaan seimbang.
d. Pendaratan
Pendaratan adalah upaya mendaratkan tubuh pada bak pasir. Saat mendarat, pelompat Perlu melakukan teknik pendaratan yng baik serta benar. Jika terlaksana kesalahan maka akan merugikan pelompat sendiri. Pendaratan yng baik, yakni disaat jatuh mempergunakan kedua kaki serta tangan ke depan, jangan hingga badan ataupun tangan jatuh ke belakang lantaran bisa membahayakan bagi si pelompat itu sendiri.
Demikian yng dimaksud yang dengannya pengertian Lompat jauh mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2013/10/pengertian-lompat-jauh_28.html

Seputar Pengertian Lompat jauh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Lompat jauh