Definisi Kompetensi

- 09.25

Definisi Kompetensi

 
Definisi Kompetensi - Kompetensi adalah suatu karakteristik yng mendasar dari seseorang individu, yakni penyebab yng terkait yang dengannya acuan kriteria perihal kinerja yng efektif ”A competency is an underlying characteristic of an individual that is causally related to criterion-referenced effective and/or superior performance in a job or situation“ (Spencer & Spencer, 1993:9). Karakteristik yng mendasari (underlying characteristic) berguna kompetensi adalah bagian dari kepribadian seseorang yng sudah tertanam serta berlangsung lama serta bisa memprediksi perilaku dalam aneka macam tugas serta situasi kerja. Penyebab terkait (causally related) berguna bahwasanya kompetensi memicu ataupun memprediksi perilaku serta kinerja (performance). Acuan kriteria (criterion-referenced) berguna bahwasanya kompetensi secara aktual memprediksi siapa yng mengerjakan sesuatu yang dengannya baik ataupun tidak baik, sebagaimana diukur oleh kriteria spesifik ataupun standar. Kompetensi (Competencies) yang dengannya demikian adalah sejumlah karakteristik yng mendasari seseorang serta menunjukan (indicate) cara-cara bertindak, berpikir, ataupun menggeneralisasikan situasi secara layak dalam jangka panjang.
Ada lima tipe karakteristik kompetensi, yakni:
  1. motif-motif (motives), sesuatu yng secara konsisten dipikirkan serta dimau-kan, yng memicu tindakan seseorang
  2. ciri-ciri (traits), karakteristik fisik serta respon-respon yng konsisten terhadap situasi ataupun berita
  3. konsep diri (self-concept), sikap-sikap, nilai-nilai ataupun gambaran perihal diri sendiri seseorang
  4. pengetahuan (knowledge), berita yng dimiliki seseorang dalam area spesifik tertentu
  5. keterampilan (skill), kecakapan seseorang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampilkan tugas fisik ataupun tugas mental tertentu.
Level kompetensi seseorang terdiri dari dua bagian. Bagian yng bisa dilihat serta dikembangkan, disebut permukaan (surface) semisal pengetahuan serta keterampilan, serta bagian yng tak bisa dilihat serta sulit dikembangkan disebut menjdai sentral ataupun inti kepribadian (core personality), semisal sifat-sifat, motif, sikap serta nilai-nilai. Menurut kriteria kinerja pekerjaan (job performance criterion) yng diprediksi, kompetensi bisa dibagi ke dalam dua kategori, yakni kompetensi permulaan ataupun ambang (threshold competencies) serta kompetensi yng membedakan (differentiating competencies). Yang pertama (threshold competencies) adalah karakteristik esensialminimal (umumnya merupakan pengetahuan serta keterampilan) yng dibutuhkan oleh seseorang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa berfungsi efektif dalam pekerjaannya namun tak membedakan kinerja pekerja yng superior serta kinerja pekerja yng biasa saja. Kompetensi kategori kedua merupakan kompetensi yng membedakan yakni faktor-faktor yng membedakan antara pekerja yng mempunyai kinerja superior serta biasa-biasa saja (rata-rata).
Definisi Kompetensi
Kinerja profesional konselor sekolah merujuk pada sejumlah perilaku nyata yng Perlu ditunjukkan pada era melakukan tugas-tugas profesional menjdai konselor sekolah sesuai yang dengannya indikator yng ditetapkan di dalam Standar Kualifikasi Pendidikan serta Kompetensi Konselor SKPKK). “Mutu” dalam studi ini merujuk pada ‘mutu sebenarnya’ (quality in fact) yng diartikan menjdai pemenuhan spesifikasi sebagaimana yng sudah ditetapkan (Sallis,1993). Kinerja konselor sekolah dinyatakan bermutu andai dia menunjukan perilaku tugas yng sesuai yang dengannya indikator kompetensi inti yng ditetapkan dalam SKPKK. Mutu kinerja konselor sekolah, yang dengannya demikian merujuk pada derajat kesesuaian antara perilaku nyata yng ditunjukkan oleh konselor sekolah pada era melaksanakan tugastugas spesifik menjdai konselor sekolah yang dengannya indikator kompetensi inti yng ditetapkan di dalam SKPKK. Semakin sesuai kinerja seseorang konselor sekolah yang dengannya spesifikasi
yng ditetapkan dalam SKPKK, maka makin bermutu kinerja profesional konselor sekolah yng bersangkutan. Mutu kinerja profesional konselor sekolah yang dengannya demikian bisa diartikan menjdai terpenuhinya spesifikasi perilaku tugas profesional oleh konselor sekolah sesuai yang dengannya yng ditetapkan dalam indikator SKPKK.

Source Article and Picture : http://definisimu.blogspot.com/2012/08/definisi-kompetensi.html

Seputar Definisi Kompetensi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Definisi Kompetensi