Pengertian Demokrasi Ekonomi

- 06.08

Pengertian Demokrasi Ekonomi

 
Pengertian Demokrasi Ekonomi – Demokrasi Ekonomi merupakan/ Demokrasi Ekonomi yakni/ Demokrasi Ekonomi adalah/ yng dimaksud Demokrasi Ekonomi/ Arti Demokrasi Ekonomi/ Definisi Demokrasi Ekonomi. Demokrasi Ekonomi adalah
Demokrasi Ekonomi, pengertiannya produksi dikerjakan oleh seluruh masyarakat serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh di bawah pimpinan ataupun pemilihan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakatlah yng diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang. Sistem ekonomi di Indonesia didasari Pancasila serta UUD 1945 dan GBHN, menjadikan disebut menjdai "Sistem Ekonomi Berdasarkan Demokrasi Ekonomi Pancasila".
Demokrasi ekonomi yng diterapkan di Indonesia memiliki kandungan ciri-ciri positif menjdai berikut:
1. Perkembangan disusun menjdai bisnis bersama didasari asas kekeluargaan.
2. Cabang-cabang produksi yng penting bagi negara serta menguasai hajat hidup orang tidak sedikit dikuasai oleh negara.
3. Bumi, air serta kekayaan alam yng terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara serta dipergunakan sebesar-besarnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kemakmuran rakyat.
4. Sumber-sumber kekayaan serta keuangan negara dipakai yang dengannya permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat dan pengawasan terhadap kebijaksanaannya ada apada lembaga-lembaga perwakilan rakyat juga.
5. Warga negara mempunyai kebebasan dalam memilih pekerjaan yng dikehendaki dan memiliki hak akan pekerjaan serta penghidupan yng layak.
6. Hak milik perorangan diakui serta pemanfaatannya tak boleh bertentangan yang dengannya kepentingan masyarakat.
7. Potensi, inisiatif, serta daya kreasi setiap warga negara dikembangakan sepenuhnya dalam batas-batas yng tak merugikan kepentingan umum.
8. Fakir miskin serta anak-anak yng terlantar dipelihara oleh negara.
Sedangkan, ciri negatif system perekonomian Indonesia yng Perlu dihindari menjdai berikut:
1. Sistem free fight liberalism, yakni system yng menumbuhkan eksploitasi terhadap kita-kita serta bangsa lain.
2. Sistem etatisme, yakni negara beserta aparatur ekonomi bersifat secara umum dikuasai, mendesak serta mematikan potensi, dan daya kreasi unit ekonomi di luar sektor negara.
3. Monompoli, yakni pemusatan kekuasaan ekonomi pada satu kelompok. Itulah yng dimaksud yang dengannya Demokrasi Ekonomi merupakan, mudah-mudahan tulisan atau artikel diatas bermanfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2014/01/pengertian-demokrasi-ekonomi.html

Seputar Pengertian Demokrasi Ekonomi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Demokrasi Ekonomi