Pengertian Kebudayaan

- 09.53

Pengertian Kebudayaan

 
Pengertian Kebudayaan – Kebudayaan merupakan/ Kebudayaan yakni/ Kebudayaan adalah/ yng dimaksud Kebudayaan/ arti Kebudayaan/ definisi Kebudayaan. Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan tak asing di indera pendengaran kita, namun tahukah kamu apa arti dari kata kebudayaan itu sendiri? Kata budaya ataupun kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yakni buddhayah, yng adalah bentuk jamak dari buddhi (budi ataupun akal). Buddhayah bisa diartikan menjdai hal-hal yng berkaitan yang dengannya budi serta akal kita-kita. Sedangkan kebudayaan dalam bahasa Inggris disebut culture, kata culture sendiri berasal dari kata Latin Colere, yakni mengolah ataupun mengerjakan. Bisa diartikan pun menjdai mengolah tanah ataupun bertani. Kata culture pun kadang diterjemahkan menjdai “kultur” dalam bahasa Indonesia. Kata kebudayaan mempunyai beberapa definisi antara lain pengertian kebudayaan pendapat dari para ahli menjdai berikut.
a. Selo Soemardjan serta Soelaiman Soemardi, kebudayaan merupakan sarana hasil karya, rasa, serta cipta masyarakat.
b. M. Jacobs serta B.J. Stern, kebudayaan mencakup keseluruhan yng meliputi bentuk teknologi sosial, ideologi, religi, serta kesenian, dan benda yng kesemuanya adalah warisan sosial.
c. Koentjaraningrat, kebudayaan merupakan keseluruhan system gagasan, tindakan, serta hasil karya kita-kita dalam rangka ke hidup-an masyarakat yng dijadikan milik diri kita-kita yang dengannya belajar.
d. Dr. K. Kupper, kebudayaan adalah system gagasan yng menjadi pedoman serta pengaruh bagi kita-kita dalam bersikap serta berperilaku, baik secara individu, maupun kelompok.
e. William H. Haviland, kebudayaan merupakan sperangkat aturan serta norma yng dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yng andai dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yng dipandang layak serta bisa diterima oleh seluruh masyarakat.
f. Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berguna buah budi kita-kita merupakan hasil perjuangan kita-kita terhadap dua pengaruh kuat, yaitu zaman serta alam yng adalah bukti kejayaan hidup kita-kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi banyak sekali rintangan serta kesukaran di dalam hidup serta penghidupannya guna mencapai keselamatan serta kebahagiaan yng pada lahirnya bersifat tertib serta hening.
g. Herskovis memandang kebudayaan menjdai suatu yng turun-temurun dari satu generasi ke generasi yng lain, yng lantas disebut menjdai superorganic.
h. Andreas Eppink, kebudayaan memiliki kandungan keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan dan keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, serta lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual serta artistik yng menjadi ciri khas suatu masyarakat.
i. Edward Burnett Tylor, kebudayaan adalah keseluruhan yng kompleks, yng di dalamnya terkadang pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, istiadat istiadat, serta kemampuan-kemampuan lain yng didapat seseorang menjdai anggota masyarakat.
j. Robert H. Lowie, kebudayaan merupakan segala sesuatu yng diperolah individu dari masyarakat mencakup kepercayaan, istiadat istiadat, norma-norma artistik, kebiasaan makan, keahlian yng diperoleh bukan dari kreativitasnya sendiri melainkan adalah warisan masa lampau yng didapat melalui pendidikan formal ataupun informal.
Dari banyak sekali definisi arti dari kebudayaan yang telah di sebutkan, bisa diperolah kesimpulan bahwasanya pengertian kebudayaan merupakan sesuatu yng akan memengaruhi tingkat pengetahuan kita-kita serta meliputi system ide ataupun gagasan yng terdapat dalam pikiran kita-kita, menjadikan dalam ke hidup-an sehari-hari, kebudayaan itu bersifat tak berbentuk.
Sedangkan perwujudan kebudayaan merupakan benda-benda yng diciptakan oleh kita-kita menjdai mahluk yng berbudaya berupa perilaku serta benda-benda yng bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, perlengkapan hidup, organisasi sosial, religi, seni serta lain-lain, yng kesemuanya ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu kita-kita dalam melangsungkan ke hidup-an masyarakat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2015/04/pengertian-kebudayaan.html

Seputar Pengertian Kebudayaan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Kebudayaan