Pengertian Norma: Apa itu Norma?

- 19.16

Pengertian Norma: Apa itu Norma?

 
Pengertian Norma - Tahukah anda apa yng dimaksud yang dengannya norma? Sebetulnya norma itu hadir dalam ke hidup-an ini tumbuh serta berkembang dalam kehidpuan masyarakat. Dalam keberlangsungan hidupnya kita-kita selalu butuh orang lain hal ini dikarenakan kita-kita menjdai mahluk sosial. Untuk itu agar ke hidup-an kita-kita mampu berjalan secara teratur , kita-kita butuh yng namanya aturan-aturan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur ke hidup-an bermasyarakat lantaran tak seluruh orang bisa melakukan tindakan semaunya sendiri. Apabila kemauan seseorang dipaksakan kepada orang lain, maka akan mampu menghasilkan benturan yang dengannya kemauan orang lain. Supaya dalam melakoni ke hidup-an bermasyarakat ini mampu teratur serta nyaman maka kita-kita butuh membuat sebuah kesepakatan wacana hal-hal apa saja yng boleh di lakukan, serta hal yng tak boleh di lakukan terhadap orang lain. Sebuah kesepakatan itulah yng menjadi landasan lahirnya sebuah norma. Lalu, apa itu norma? Silahkan baca penjelasan selengkapnya dari Temukan Pengertian yang akan di sajikan kali ini. Pengertian Norma: Apa itu Norma?
Pengertian Norma
Asal usul kata norma berasal dari kata dalam bahasa belanda yakni norm, yng pengertiannya pedoman, patokan ataupun kaidah. Kata norma ataupun norm di dalam Kamus Hukum Umum pengertiannya yakni kaidah yng dijadikan menjdai pedoman, petunjuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk seseorang dalam bertindak ataupun tak bertindak, serta tingkah laku seseorang dalam lingkungan bermasyarakat. Sebagai semisal norma hokum, norma agama, serta norma kesopanan. Selain itu ada pun yng memiliki pendapat kalau kata norma itu berasal dari bahasa latin yakni “mos” bentuk jamak dari kata mores. Arti mos/ mores yakni norma istiadat, tata kelakuan ataupun kebiasaan.
Di dalam masyarakat yng berbudaya, norma merupakan bentuk nyata dari nilai-nilai sosial yng berbudaya, memiliki peraturan serta kaidah baik secara tertulis mapun secara tak tertulis. Norma-norma ini dipakai yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur ke hidup-an bermasyarakat. Dalam norma berisi petunjuk serta aturan-aturan ke hidup-an wacana sesuatu yng benar serta salah, ataupun wacana yng sesuatu yng baik serta tidak baik, dan sesuatu yng dirasa pantas serta juta tak pantas. Norma yang telah di sebutkan Perlu dipatuhi oleh warga masyarakat, andai warga ada warga yng melanggar norma yang telah di sebutkan maka akan kena sanksi ataupun hukuman. Secara ringkasnya, pengertian norma yakni peraturan yng memiliki kandungan sanksi. Hal ini dikarenakan norma memiliki kekuatan yng memaksakan serta mengikat pihak lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk mentaati peraturan yng berlaku. Norma bisa terbentuk serta berkembang didasari yang dengannya kebutuhan bagi atau bisa juga dikatakan untuk terciptanya hubungan bermasyarakat yng selaras, harmonis, serta pun serasi atar sesama warga masyarakat.

Pengertian Norma pendapat dari beberapa Ahli

Setelah membaca penjelasan diatas, maka butuh pun memperhatikan penjelasan-penjelasan pendapat dari pendapat ahli tentan norma yang akan di sajikan kali ini.
Pengertian Norma Menurut Bellebaum
Pengertian Norma merupakan sebuah alat yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur tingkah laku orang dalam sebuah komunitas pendapat dari keyakinan dan sikap-sikap tertentu. Berlakunya norma cuma dalam sebuah kelompok sosial yng merangkum tidak sedikit kita-kita yng mempunyai sedikitnya satu ciri khas dalam ke hidup-an serta kelakuan orang-orang yng membuat sesuatu bersama-sama secara teratur, serta pun membangun semacam rasa persaudaraan. Intinya norma itu berhugungan wacana kerja percis dalam sebuah kelompok yng mengatur tingkah laku setiap anggota kelompok yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjunjung nilai-nilai yng diyakini secara bersama-sama.
Pengertian Norma Menurut Soerjono Soekanto
Pengertian Norma merupakan sekumpulan peraturan agar bisa hubungan dalam ke hidup-an bermasyarakat bisa terlaksana sesuai yang dengannya apa yng diharapkan. Norma ataupun peraturan pun mengalami peruses perkembangan menjadi pelembagaan. Pelembagaan di sini maksudnya yakni sebuah proses yng dilalui oleh sebuah norma kemasyarakatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk jadi bagian dari satu dari sekian banyaknya lembaga masyarakat, maka yang dengannya begitu norma yang telah di sebutkan akan dihargai, diakui, dikenal serta ditaati dalam ke hidup-an bermasyarakat sehari-hari.
Pengertian Norma pendapat dari Robert M.z Lawang
Pengertian Norma merupakan patokan perbuatan ataupun tingkah laku dalam kelompok tertentu. Norma adalah kriteria bagi orang lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menolak ataupun mendukung tingkah laku seseorang. Selain itu norma pun memungkinkan orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan dulu wacana bagaimana tindakan yng di lakukan itu akan dinilai orang lain.
Demikian penjelasan yng bisa kami berikan wacana Pengertian Norma: Apa itu Norma?, semoga bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/04/pengertian-norma-apa-itu-norma.html

Seputar Pengertian Norma: Apa itu Norma?

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Norma: Apa itu Norma?