Pengertian Yaumul Mahsyar dan Penjelasannya Secara Lengkap

- 03.19

Pengertian Yaumul Mahsyar dan Penjelasannya Secara Lengkap

 

Artikel terkait : Pengertian Yaumul Mahsyar dan Penjelasannya Secara Lengkap

Pengertian Yaumul Mahsyar secara lengkap dan rinci akan disampaikan pada tulisan atau artikel berikut. Yaumul Mahsyar yakni hari berkumpul, di mana seluruh kita-kita akan dikumpulkan di Padang Mahsyar tanpa terkecuali. Pada hari itu, kita-kita akan melakoni pemeriksaan dan pun perhitungan amal-amal yng telah di lakukan di dunia. Baik amalan tidak baik dan pun amalan baik, semuanya akan dihitung secara akurat, cepat dan cermat. Menurut gambaran Rasulullah SAW, Padang Mahsyar merupakan tempat yng Amat luas, tampak bersih dan putih dan tak mempunyai peneduh percis sekali.
Pengertian Yaumul Mahsyar,pengertian yaumul hisab,pengertian yaumul mizan,pengertian yaumul ba'ats,dalil yaumul mahsyar,makalah yaumul mahsyar,arti yaumul hisab,yaumul jaza,yaumul barzah,pengertian,
Baca pun : Pengertian Yaumul Jaza dan Hari-Hari Akhir Lainnya
Di Padang Mahsyar, kita-kita akan diadili seadil-adilnya sesuai yang dengannya firman Allah dalam Q.S Az-Zumar ayat 69, yng bunyinya yakni:
  • “Dan bumi (Padang Mahsyar) menjadi terang benderang dengan cahaya (keadilan) dari Tuhannya dan buku (catatan amal perbuatan) diberikan kepada masing-masing manusia, para nabi dan para saksi akan dihadirkan lalu dijatuhkannya keputusan untuk mereka secara adil, tidak akan ada yang dirugikan.”
Hari berkumpul ataupun Yaumul Mahsyar akan diawali yang dengannya hari kebangkitan, yakni seluruh kita-kita yng telah mati akan dibangkitkan dari kuburnya. Hari kebangkitan yang telah di sebutkan ditandai yang dengannya tiupan sangkakala yng kedua, sesuai yang dengannya firman Allah dalam Q.S Yaasiin ayat 51 dan ayat 52. Bunyinya yakni menjdai berikut:
  • “Dan ditiupkanlah sangkakala maka tiba-tiba manusia akan keluar dari kuburnya dan menuju kepada Tuhan mereka.”
Rasulullah SAW bersabda:
  • “Semua manusia akan dikumpulkan setelah hari Kiamat, dalam keadaan tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan pakaian dan tidak juga dikhitan.”
Dengan demikian, kita-kita akan dikumpulkan di Padang Mahsyar dalam keadaan tak mengenakan apapun. Walaupun begitu, kita-kita akan diberi pakaian dan kita-kita pertama yng akan diberi pakaian merupakan Nabi Ibrahim as. Rasulullah SAW bersabda:
  • “Sesungguhnya manusia pertama yang akan diberi pakaian pada hari Kiamat yaitu Nabi Ibrahim.”
  • Adapun pakaian yng akan dikenakan yakni pakaian yng dikenakan disaat meninggal dunia.
Itulah pengertian Yaumul Mahsyar secara umum, lalu bagaimana yang dengannya tahapan-tahapannya? Seluruh kita-kita, sesudah dikumpulkan akan digiring ke Padang Mahsyar sesuai yang dengannya kondisinya masing-masing. Ada kita-kita yng digiring yang dengannya berjalan kaki, ada pun yng berkendara dan malah ada yng diseret di atas wajah-wajahnya. Hal ini bergantung dari amalan yng dilakukannya selama hidup di dunia. Pada hari itu, matahari akan didekatkan sampai-sampai jaraknya cuma sepanjang 1 mil saja. Bayangkan betapa panasnya hari itu, di mana seluruh kita-kita berkumpul di bawah terik matahari yng Amat panas.
Pada hari itu, kita-kita akan berkeringat lantaran panas yng Amat luar biasa. Bahkan ada pun yng tenggelam lantaran keringatnya sendiri, sesuai yang dengannya amalan orang-orang. Namun Allah SWT memberikan naungan pada hamba-hambanya yng shaleh. Ada 7 orang yng akan memperoleh naungan dari Allah SWT yang telah di sebutkan, di antaranya yakni:
  1. Imam yng adil
  2. Pemuda yng tumbuh besar selalu beribadah kepada Tuhannya
  3. Orang yng hatinya selalu terpaut pada masjid
  4. Pasangan yng mencintai lantaran Allah, di mana keduanya berkumpul dan berpisah merupakan lantaran Allah.
  5. Seorang pria yng diajak berzina oleh wanita (cantik dan berkedudukan) lalu ia mengatakan: “sungguh aku takut kepada Allah”.
  6. Orang yng bersodakah lalu merahasiakannya.
  7. Orang yng berdzikir kepada Allah di era sunyi dan berlinangan air mata.
Itulah orang yng akan diberi naungan oleh Allah SWT di Padang Mahsyar. Sekian yng bisa disampaikan, mudah-mudahan analisis mengenai pengertian Yaumul Mahsyar bisa memberikan manfaat.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/02/pengertian-yaumul-mahsyar.html

Seputar Pengertian Yaumul Mahsyar dan Penjelasannya Secara Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Yaumul Mahsyar dan Penjelasannya Secara Lengkap