Pengertian AMDAL

- 02.52

Pengertian AMDAL

 
Pengertian AMDAL – AMDAL merupakan/ AMDAL yakni/ AMDAL adalah/ yng dimaksud AMDAL/ arti AMDAL/ definisi AMDAL. AMDAL adalah
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) merupakan hasil kajian mengenai dampak besar penting dari suatu kegiatan bisnis yng direncanakan terhadap lingkungan hidup yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan kegiatan bisnis di Indonesia.
Fungsi AMDAL merupakan menjdai berikut.
- Memberikan masukan terhadap penyusunan rencana pengelolaan serta pemantauan lingkungan hidup.
- Bahan berita bagi perencanaan pembangunan wilayah.
- Membantu proses pengambilan keputusan.
- Memberikan masukan terhadap penyusunan desain.
Tujuan AMDAL menjdai berikut.
- Menjaga serta menaikan kualitas lingkungan hidup menjadikan bisa meminimalisir perancangan lingkungan.
- Mengidentifikasi, memperkirakan, serta mengevaluasi dampak yng mungkin terlaksana terhadap lingkungan hidup yng penyebabnya yaitu oleh kegiatan yng direncanakan.
- Meningkatkan dampak positif serta mengurangi hingga sekecil mungkin dampak negatif yng terlaksana.
Sasaran AMDAL merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan agar suatu bisnis serta/ataupun kegiatan pembangunan bisa beroperasi secara berkelanjutan tanpa merusak serta mengorbankan lingkungan, ataupun yang dengannya kata lain bisnis ataupun kegiatan yang telah di sebutkan layak dari aspek lingkungan. Suatu rencana kegiatan bisa dinyatakan tak layak lingkungan, andai didasari kajian AMDAL, dampak negatif yng ditimbulkannya tak bisa ditanggulangi oleh teknologi yng tersedia. Demikian pun, andai biaya yng dipergunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggulangi dampak negatif lebih besar daripada manfaat ataupun dampak positif yng akan ditimbulkan, maka rencana kegiatan yang telah di sebutkan dinyatakan tak layak lingkungan. Suatu rencana kegiatan yng diputuskan tak layak lingkungan, tak bisa dilanjutkan kegiatannya.
Dokumen AMDAL terdiri dari empat komponen yng terpisah, akan tetapi adalah satu kesatuan. Berikut komponen dokumen AMDAL.
- Keterangan Acuan Analisis Dampak Lingkungan Hidup (KA-ANDAL)
- Analisis Dampak Lingkungan Hidup (ANDAL)
- Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL)
- Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL)
Pihak-pihak yng terlibat dalam proses AMDAL (pemangku kepentingan AMDAL) yakni:
- Komisi Penilai AMDAL.
- Pemrakarsa.
- Masyarakat yng Berkepentingan
Manfaat AMDAL selain dipakai menjdai acuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil keputusan wacana penyelenggaraan ataupun pemberian izin bisnis ataupun kegiatan, AMDAL pun memberikan manfaat. Manfaat AMDAL secara umum merupakan memberi jaminan suatu bisnis ataupun kegiatan pembangunan agar layak secara lingkungan. Artinya, kegiatan yang telah di sebutkan sesuai yang dengannya peruntukannya menjadikan dampak yng ditimbulkan bisa ditekan.
Itulah tidak banyak penjelasan dari apa yng dimaksud AMDAL, mudah-mudahan penjelasan di atas bisa berguna.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2015/08/pengertian-amdal.html

Seputar Pengertian AMDAL

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian AMDAL