Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber Lengkap

- 20.31

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber Lengkap

 
Cara penulisan daftar pustaka pada prinsipnya tak jauh berbeda yang dengannya cara penulisan catatan kaki ataupun footnote. Secara umum, daftar pustaka ditulis yang dengannya pola urutan alfabetis, yakni dimulai dari huruf A. Daftar pustaka merupakan daftar yng berisi bahan-bahan pustaka yng dipakai oleh seorang penulis dalam menyusun sebuah karya tulis ilmiah, baik yng dirujuk maupun yng tak dirujuk dalam teks. Karya ilmiah mampu berupa makalah, skripsi, paper, jurnal, buku ilmiah, tesis, dan juga lain-lainya. Baca pun Cara Penulisan Tanda Koma yng Benar Sesuai EYD.
cara penulisan daftar pustaka dari buku, internet, koran, majalah, dan jurnal
1. Cara penulisan daftar pustaka dari buku
Penulisan daftar pustaka dari sumber berupa buku yng nama pengarang/penulisnya lebih dari dua suku kata, maka susunannya nama penulis dibalik. Nama paling akhir didahulukan, koma (,) nama awal serta tengah (kalau ada), titik (.), judul, titik (.), tempat penertbit, titik dua (:), nama penerbit, koma (,), tahun terbitan, titik (.).
Contoh: Muhadjir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 2001.
Jika seorang penulis mempunyai beberapa goresan pena yng dicantumkan dalam daftar pustaka, maka cuma ditulis nama dari sumber yng pertama saja. Sedangkan pada sumber kedua serta seterusnya nama yang telah di sebutkan diganti yang dengannya tanda – yng dibuat sebanyk 9 kali serta diikuti yang dengannya tanda titik (.).
Contoh:
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2005.
---------. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2006.
2. Cara penulisan daftar pustaka dari tulisan atau artikel dalam buku serta jurnal
Apabila kita mengutip dari sumber brupa tulisan atau artikel yng terdapat dalam buku ataupun jurnal, maka dalam daftar pustaka dituliskan halaman tulisan atau artikel mulai halaman pertama hingga yang terakhir.
Contoh: Wahid, Abdurrahman. “Menjadikan Hukum Islam Sebagai Penunjang Pembangunan.” Dalam Agama serta Tantangan Zaman: Pilihan Artikel Prisma, 1975-1984. Jakarta: LP3ES, 1985: 64-79.
3. Cara penulisan daftar pustaka dari tulisan atau artikel dalam majalah ataupun koran
Nama penulis ditulis paling depan, diikuti oleh tanggal, bulan, serta tahun (andai ada), judul tulisan atau artikel ditulis yang dengannya cetak biasa, serta huruf besar/kapital pada setiap awal kata kecuali kata hubung. Nama majalah ditulis yang dengannya huruf kecil kecuali huruf pertama setiap kata serta dicetak miring. Nomor halaman disebutkan pada bagian akhir.
Contoh: Huda, Muhammad. “Mensiasati Listrik Musim Kering,” dalam Jawa Pos, 13 November 1991.hlm. 6
Sedangkan cara penulisan daftar pustaka dari koran tanpa penulis semisal semisal berikut:
Jawa Pos, “Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri”. 22 April, 1995. hlm. 3
4. Cara penulisan daftar pustaka dari dokumen resmi pemerintah yng diterbitkan oleh suatu penerbit tanpa penulis serta tanpa lembaga.
Contoh: Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Armas Duta Jaya, 1990.
5. Cara penulisan daftar pustaka dari lembaga yng ditulis atas nama lembaga yang telah di sebutkan.
Contoh: Pusat Pembinaan serta Pengembangan Bahasa. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan serta Kebudayaan, 1978.
6. Cara penulisan daftar pustaka dari internet berupa karya individual.
Contoh: Ahmad Mujib. 7 Prinsip Dasar Literasi serta Aplikasinya dalam Pendidikan, http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/11/prinsip-pendidikan-literasi.html, diakses 20 Desember 2015
Demikianlah cara penulisan daftar pustaka dari aneka macam sumber, baik dari buku, internet, jurnal, tulisan atau artikel, koran, serta majalah. Menulis daftar pustaka adalah satu keharusan dalam karya tulis ilmiah. Di perguruan tinggi, umumnya memiliki standar masing-masing wacana cara penulisan daftar pustaka dari tiap-tiap sumber yng dirujuk. Namun secara umum, penulisan daftar pustaka beserta contoh-contohnya sebagaimana saya uraikan di atas mampu dipakai.
Dalam menulis karya ilmiah dalam bentuk apa pun, pasti kita memerlukan rujukan pemikiran orang-orang sebelumnya yng dituangkan ke dalam bentuk karya tulis. Penulisan caftar pustaka serta catatan kaki adalah bentuk etika akademis dalam rangka mengapresiasi karya orang lain menjadikan kita terhindar dari tindak plagirisme.
Sumber: Buku tatacara penulisan Skripsi Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Ahmad Mujib Minggu, 27 November 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/11/cara-penulisan-daftar-pustaka.html

Seputar Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber Lengkap