Daftar Istilah Bahasa Inggris Yang Berasal Dari Bahasa Indonesia

- 01.46

Daftar Istilah Bahasa Inggris Yang Berasal Dari Bahasa Indonesia

 
Daftar Istilah Bahasa Inggris Yang Berasal Dari Bahasa IndonesiaBahasa Inggris adalah bahasa yng mengadopsi tidak sedikit kata dari banyak sekali bahasa di dunia semisal Bahasa Jerman, Bahasa Italia, Bahasa Mandarin, Bahasa Latin, Bahasa Yunani, salah satunya Bahasa Indonesia, Melayu serta pun Jawa.
Berbagai kata maupun istilah semisal wayang, amok, batik, babirusa, agar, serta sebagainya adalah kata serapan (loanwords) dari Bahasa Melayu serta Indonesia.
Apa sajakah istilah dalam Bahasa Inggris yng menyerap dari Bahasa Indonesia, Melayu, serta Jawa? Anda bisa menyimaknya langsung yang akan di sajikan kali ini:

Daftar Istilah Serapan

Agar (ataupun agar-agar) merupakan bahan/zat yng kenyal terdiri dari macam-macam ganggang laut merah serta kadang dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menebalkan makanan. Kata ini berasal dari Bahasa Melayu/Indonesia yakni agar-agar.
Amok (ataupun amuck/amock) merupakan kata yng diambil dari Bahasa Melayu/Indonesia dari kata amuk ataupun amukan yng berguna marah besar serta merusak sekitarnya. Dalam Bahasa Inggris, kata ini lebih dikenal yang dengannya run amok yng pengertiannya mengamuk.
Angraecum merupakan satu dari sekian banyaknya nama bunga yng nama depannya diperoleh dari kata anggrek.
Babirusa merupakan sejenis babi liar yng ada di Asia Tenggara. Nama babirusa sendiri didapat dari dua kata dalam Bahasa Melayu yaitu babi serta rusa.
Balanda (ataupun ballanda/ballander) merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang Belanda (Netherland). Istilah ini diambil dari bahasa Makasar balanda serta bahasa Melayu belanda. Mulai dipakai sejak pertengahan abad ke-19.
Bamboo merupakan istilah bagi atau bisa juga dikatakan untuk pohon bambu ataupun bambu yng telah diolah. Istilah ini diperoleh dari bahasa Belanda bamboes, yng mana berakar pada bahasa Melayu mambu.
Banteng berasal dari Bahasa Melayu banteng, yng mana diadopsi dari Bahasa Jawa banténg.
Batik merupakan kain bermotif ornamental dari Indonesia. Istilah ini resmi terdaftar di Bahasa Inggris yang dengannya nama yng percis serta mampu kamu temukan di kamus-kamus besar Bahasa Inggris menjdai suatu metode melukis di atas kain.
Bilimbi merupakan buah/pohon belimbing dalam Bahasa Indonesia diambil dari kata belimbing.
Caddy merupakan satuan berat tradisional yng percis yang dengannya beban berat 0.61 kg yng ditimbang serta diukur mempergunakan alat kati ataupun katian. Istilah ini adalah evolusi bahasa dari kata catty dalam Bahasa Inggris yng diperoleh dari Bahasa Melayu kati.
Cassowary merupakan sejenis burung yng di Indonesia lebih dikenal yang dengannya burung kasuari serta namanya pun diambil dari Bahasa Indonesia.
Cempedak merupakan pohon yng buahnya mirip yang dengannya nangka, namun lebih lembek serta harum wanginya. Nama cempedak itu sendiri diambil langsung dari Bahasa Indonesia buah cempedak lantaran tanaman ini cuma tumbuh di tanah Indonesia serta jazirah sekitarnya.
Cockatoo merupakan spesies burung beo/nuri yng hidup di Indonesia, Australia, Filipina, Malaysia serta sekitarnya serta lebih dikenal yang dengannya sebutan burung kakaktua. Nama cockatoo sendiri diambil dari bahasa Melayu kakaktua.
Compound merupakan istilah dalam Bahasa Inggris yng punya makna ganda. Salah satu makna dari compound merupakan kumpulan gedung, bangunan, serta pemukiman yng tertutup ataupun terisolasi. Kata compound diambil dari kata kampong dari Bahasa Melayu ataupun dalam Bahasa Indonesia kampung.
Cootie merupakan kutu rambut dalam Bahasa Indonesia. Nama cootie diambil langsung dari kata kutu dalam Bahasa Melayu yng konon istilah ini dipopulerkan oleh tentara Inggris pada era Perang Dunia Pertama.
Dammar merupakan getah keras yng berasal dari macam-macam pohon. Istilah dammar diambil dari Bahasa Melayu damar yang dengannya makna yng percis, yakni getah keras (resin).
Dugong merupakan satu dari sekian banyaknya genus hewan mamalia laut semisal lumba-lumba yng sebagian besar tersebar di Asia Tenggara. Nama dugong sendiri berasal dari Bahasa Melayu duyung yng berguna ikan duyung dalam Bahasa Indonesia.
Durian merupakan buah berduri yng mirip yang dengannya buah cempedak serta buah nangka, di Indonesia cukup dikenal yang dengannya nama Durian serta nama ini diambil dari kata duri-an lantaran tekstur kulit buahnya berduri.
Gecko merupakan hewan yng di Indonesia lebih dikenal yang dengannya tokek. Istilah gecko diambil dari Bahasa Melayu gekok ataupun geko yng diadopsi dari bunyi yng diperoleh dari hewan itu sendiri.
Goddown merupakan sebuah ruangan yng dipakai menjdai penyimpanan barang ataupun lebih terkenal di Indonesia yang dengannya sebutan gudang. Istilah goddown berasal dari kata gudang yng dibawa oleh orang Portugis yang dengannya istilah gudão.
Gong merupakan satu dari sekian banyaknya alat musik perkusi yng dibunyikan yang dengannya cara ditabuh yang dengannya palu. Istilah ini diambil dari Bahasa Melayu gong ataupun gung.
Ikat merupakan sebuah cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikat sesuatu. Diambil langsung dari Bahasa Melayu ikat.
Kampong merupakan sebuah desa ataupun kampung yng Suka diucapkan oleh orang Malaysia. Kata kampong sendiri berasal dari kata kampung.
Kanchil merupakan binatang kancil dalam Bahasa Indonesia. Nama kanchil diambil dari kata kancil dalam Bahasa Melayu.
Kapok merupakan randu dalam Bahasa Indonesia yng Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengisi bantal agar terasa lebih empuk. Kata kapok dalam Bahasa Inggris dimodifikasi dari kata kapuk dalam Bahasa Melayu/Indonesia.
Ketchup merupakan kecap dalam Bahasa Indonesia serta namanya diambil dari kata kecap ataupun kechap dalam Bahasa Melayu/Indonesia.
Komodo Dragon merupakan binatang sejenis biawak besar yng panjangnya mampu mencapai 5 meter yng cuma didapati di Pulau Komodo. Sebutan komodo dragon berasal dari dua kata yaitu komodo, nama binatang itu sendiri dalam Bahasa Indonesia serta dragon yng pengertiannya naga lantaran bentuknya menyerupai naga.
Kris merupakan semacam pisau atau juga keris yng Suka dipakai oleh orang-orang Jawa zaman dahulu. Nama kris diambil dari kata keris dari Bahasa Jawa.
Lahar merupakan lumpur batu yng keluar dari gunung berapi. Istilah ini berasal dari Bahasa Jawa yang dengannya istilah yng percis.
Langsat merupakan buah yng di Indonesia lebih dikenal yang dengannya buah duku (Bahasa Jawa) ataupun langsat. Kata langsat sendiri diperoleh dari kata yng percis serta makna yng percis dari Bahasa Melayu.
Mandarin merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pejabat-pejabat dalam kekaisaran Cina. Kata mandarin diambil dari kata menteri dalam Bahasa Melayu/Indonesia yng berguna pejabat.
Mangosteen merupakan buah manggis dalam Bahasa Indonesia. Kata mangosteen diperoleh dari kata mangisutan ataupun manggis dalam Bahasa Melayu/Indonesia.
Mata Hari merupakan nama seorang tokoh sejarah, yaitu penari dari Belanda yng pernah singgah di Indonesia pada masa kolonialisme tahun 1897 serta memperoleh nama baru dari Zelle menjadi Mata Hari lantaran kepopulerannya di kancah tari. Istilah mata hari berasal dari Bahasa Melayu (era itu Bahasa Indonesia belum terdaftar) yng berguna surya ataupun secara literal mata sang hari.
Orangutan merupakan monyet yng tinggal di hutan Sumatera serta Borneo. Di Indonesia, hewan ini cukup dikenal yang dengannya sebutan orangutan serta istilah yang telah di sebutkan berasal dari perpaduan kata orang serta hutan.
Paddy merupakan padi dalam Bahasa Indonesia serta dalam Bahasa Jawa dikenal menjdai pari. Istilah ini diambil dari istilah yng percis dalam Bahasa Indonesia.
Pandanus merupakan tumbuhan yng daunnya berbentuk pita serta kaku ataupun dalam Bahasa Indonesia cukup dikenal yang dengannya sebutan pandan. Istilah pandanus diambil dari abreviasi Bahasa Latin -us serta Bahasa Indonesia pandan.
Parang merupakan sejenis pisau ataupun golok pendek dari Indonesia serta Malaysia. Kata parang pun diambil dari nama yng percis dari Bahasa Melayu/Indonesia.
Picul merupakan beban yng digandar. Dalam Bahasa Indonesia cukup dikenal yang dengannya sebutan pikul. Istilah picul dimodifikasi dari kata pikul dalam Bahasa Indonesia.
Proa merupakan sejenis perahu dalam Bahasa Indonesia. Istilah proa diadopsi dari Bahasa Indonesia perahu serta Bahasa Jawa prahu/prau.
Rambutan lebih dikenal yang dengannya buah rambutan di Indonesia. Istilah rambutan berasal dari kata rambut-an dalam Bahasa Melayu/Indonesia yng berguna berambut lantaran tekstur kulit buahnya menyerupai helaian rambut.
Rattan merupakan tumbuhan menjalar yng batangnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk diolah menjadi perabotan rumah. Di Indonesia, istilah ini lebih dikenal yang dengannya sebutan rotan yng mana namanya diadopsi dari kata yang telah di sebutkan.
Ribu merupakan istilah bagi atau bisa juga dikatakan untuk gunung yng mempunyai ketinggian minimal 1.000 meter. Kata ribu berasal dari Bahasa Indonesia yng berguna seribu. Cocok sekali yang dengannya karakteristik dari gunung itu sendiri lantaran diasosiasikan yang dengannya seribu.
Sago merupakan sagu dalam Bahasa Indonesia serta namanya diadopsi dari kata yang telah di sebutkan.
Salak merupakan buah salak yng berasal dari Bahasa Melayu/Indonesia.
Sambal merupakan istilah bagi atau bisa juga dikatakan untuk sambal, racikan cabai; garam; dsb dalam Bahasa Indonesia. Di Indonesia, istilah ini dikenal yang dengannya sebutan sambel ataupun sambal.
Sarong merupakan istilah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebut sarung. Kata sarong diadopsi dari kata sarung dalam Bahasa Indonesia.
Satay merupakan rentetan daging yng ditusuk mempergunakan lidi lantas dibakar sebelum disantap. Kata ini berasal dari kata sate ataupun satay dalam Bahasa Melayu/Indonesia.
Siamang merupakan sejenis monyet yng mengeluarkan bunyi raungan khas hewan yang telah di sebutkan. Kata siamang diambil dari Bahasa Indonesia yang dengannya istilah yng percis.
Silat merupakan satu dari sekian banyaknya seni bela diri yng ada di Indonesia, Malaysia, serta sekitarnya. Di Indonesia, ada sirkulasi seni bela diri tersendiri bernama pencak silat. Istilah silat diambil langsung dari Bahasa Indonesia.
Sjambok merupakan istilah bagi atau bisa juga dikatakan untuk pecut yng dibuat mempergunakan kulit badak ataupun kudanil dalam Bahasa Indonesia. Istilah sjambok berasal dari Bahasa Indonesia cambuk. Anda bisa menemukan istilah yang telah di sebutkan di kamus besar semisal Oxford, Merriam-Webster, ataupun Macmillan.
Tempeh merupakan makanan dari fermentasi kedelai yng berasal dari Indonesia. Di kebudayaan Jawa, dikenal menjdai témpé sebagaimana dalam Bahasa Indonesia.
Tombac merupakan sejenis logam bewarna kemerah-merahan. Di Indonesia lebih dikenal menjdai tembaga serta kata tombac diadopsi dari Bahasa Belanda tombak yng mana diambil dari Bahasa Indonesia/Melayu tembaga.
Trepang merupakan sebutan lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk binatang laut berkulit kasar semisal kepiting, udang, lobster serta sejenisnya. Dalam Bahasa Indonesia, istilah ini pun dikenal menjdai teripang yng mana nama ini diambil dari kata yang telah di sebutkan. Adapun kata trepang kerap dipakai menjdai kata kerja yaitu trepanging yng pengertiannya mencari teripang di laut, trepanger yng berguna subjek yng mencari teripang dilaut.
Itulah kumpulan istilah dalam Bahasa Inggris yng diserap dari Bahasa Indonesia, Melayu, serta Jawa. Ternyata cukup tidak sedikit ya. Sebenarnya masih ada tidak sedikit istilah yng belum bisa kami cantumkan disini. Jika kamu memiliki pengetahuan seputar topik diatas, kamu bisa ikut berkontribusi yang dengannya menuliskannya komentar dibawah. Terimakasih tidak sedikit!
Referensi: [1] https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_English_words_of_Indonesian_origin [2] https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_English_words_of_Malay_origin [3] Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) [4] Macmillan English Dictionary

Source Article and Picture : http://www.maknaistilah.com/2015/12/istilah-inggris-menyerap-indonesia.html

Seputar Daftar Istilah Bahasa Inggris Yang Berasal Dari Bahasa Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Istilah Bahasa Inggris Yang Berasal Dari Bahasa Indonesia