Daftar Istilah Baru Dalam Bahasa Inggris 2015 – Netizen, Copyleft, dll

- 06.50

Daftar Istilah Baru Dalam Bahasa Inggris 2015 – Netizen, Copyleft, dll

 
Daftar Istilah Baru Dalam Bahasa Inggris 2015 Bahasa tak pernah mati. Dia selalu berkembang serta bertambah kosa katanya Suka perkembangan budaya. Seperti halnya Bahasa Inggris yng akhir-akhir ini bertambah beberapa kosa kata baru semisal netizen, affluenza, serta edutaniment. Munculnya kosa kata baru dilatarbelakangi oleh beberapa alasan tertentu semisal kata netizen tercipta menjdai masyarakat dunia maya serta munculnya kosa kata yang telah di sebutkan di diakibatkan adanya dunia maya itu sendiri.
Tahukah kamu pendapat dari englishforums.net terdapat sekitar 25.000 kosa kata baru yng terbentuk dalam Bahasa Inggris per tahunnya? Banyak sekali ya? Diantara sekian puluh ribu istilah baru yang telah di sebutkan, kami memaparkan beberapa diantaranya yng sedang nge-trend di masyarakat. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak daftar istilah baru dalam bahasa inggris tahun 2015 berikut:
  • Affluenza merupakan blending (penggabungan) kata dari affluence (kemegahan) serta influenza (penyakit). Jadi, affluenza mempunyai makna menjdai penyakit sosial yng penderitanya terobsesi yang dengannya materialisme serta bersifat suka berfoya-foya.
    Contoh kalimat
    EN: He spends lot of money. He is infected by affluenza.
    ID: Dia boros banget, tiap hari belanja mulu, mungkin dia di kenai affluenza.
  • Baggravation merupakan blending dari kata bag (tas) serta aggravation (menjengkelkan) yng pengertiannya perasaan disaat kamu sedang kesal, jengkel, ataupun sebal di bandara lantaran bagasi/tas kamu belum kunjung datang di korsel, seakan-akan tas kamu merupakan yng paling telat datangnya.
    Contoh kalimat
    EN: I feel a baggravation right now. My bag coming late as always.
    ID: Yah, baggravation deh. Tas gue lama banget datangnya!
  • Blamestorming merupakan blending dari kata blame (kesalahan) serta storming (menggempur). Blamestorming dipakai menjdai metode (semisal brainstorming, namestorming, serta sebagainya) bagi atau bisa juga dikatakan untuk menemukan titik permasalahan secara bareng-bareng melalui sebuah diskusi.
    blamestorming
    Foto oleh communicatorsforum.com.au
    Contoh kalimat
    EN: each Friday, our days were filled with blamestorming sessions
    ID: Setiap hari Jumat, kami mengadakan rapat yang dengannya melakukan blamestorming agar bisa menemukan permasalahan lembaga kami.
  • Copyleft merupakan kebalikan dari copyright (hak cipta). Jika copyright bermakna memberikan batas pembagian suatu hak cipta, maka copyleft bertindak menjdai penghilang pembatas yang telah di sebutkan. Jadi copyleft memberikan kebebasan hak cipta. Terminologi ini pertama kali dipakai pada tahun 1976 disaat bahasa pemrograman bernama Tiny BASIC didistribusikan secara gratis yang dengannya maklumat “@COPYLEFT ALL WRONGS RESERVED”.
    gambar copyleft
    Foto oleh wikimedia.org
    Contoh kalimat
    EN: You can distribute that software. It’s does have copyleft.
    ID: Kamu ngapain beli buku itu? Itu kan copyleft, gratis tau.
  • Edutainment merupakan blending kata antara education (pendidikan) serta entertainment (hiburan) yng mana memberikan hiburan sekalian pendidikan. Perbedaan antara edutainment yang dengannya infotainment merupakan andai infotainment umumnya menyediakan berita serta hiburan seputar selebriti serta sinetron, maka edutainment memberikan wawasan berupa pengetahuan akan tetapi disertai hiburan.
    Contoh kalimat
    EN: I prefer edutainment than just having a boring ordinary lesson.
    ID: Di dalam permainan itu terdapat edutainment yng bisa memberikan kita pelajaran pun.
  • E-Quaintance merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang yng cuma ‘dikenal’ di media online semisal sahabat di Facebook namun kamu belum pernah bertemu ataupun bermuwajah secara langsung dengannya. Cara membacanya merupakan [kweintəns].
    Contoh kalimat
    EN: Albert is my e-quaintance. I know him from Facebook and we’ve never met until now.
    ID: Andi merupakan e-quaintance saya. Kami cuma kenal di Facebook.
  • Frankenfood merupakan makanan yng secara genetik telah dimodifikasi. Seperti misalnya pada era pertumbuhan tanamannya diberikan penyuntikan menjadikan buahnya menjadi manis, ataupun malah bijinya jadi tidak banyak. Dalam istilah Bahasa Inggris, dikenal pun menjdai Genetically Modified Food (GM food).
    gambar frankenfood
    foto oleh gmojudycarman.org
    Contoh kalimat
    EN: They want to sell us frankenfood.
    ID: Mengonsumsi frankenfood secara berlebihan rawan.
  • Freemale merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk perempuan yng bahagia yang dengannya status single-nya, umumnya dikarenakan ingin merasakan kebebasan serta terlepas dari efek samping berupa sakit hati dari suatu hubungan.
    Contoh kalimat
    EN: I am a freemale now. I don’t want to be in relationship.
    ID: Gue males pacaran, lagi seneng jadi freemale. Hehehe.
  • Flightmare merupakan blending dari kata flight (penerbangan) serta nightmare (mimpi tidak baik). Orang yng mengalami flightmare terasa memperoleh pengalaman tidak baik era dalam penerbangan semisal barang hilang, barang ketinggalan, serta sebagainya.
    Contoh kalimat
    EN: Oh God, I lost my bag somewhere in the plane. What a flightmare.
    ID: Menyebalkan! Kenapa sih dompetku Perlu ketinggalan di pesawat. Naik pesawat pertama kali bukan bisa senang bahkan bisa flightmare.
  • Geezer merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memanggil pria dewasa yng umumnya dipakai oleh anak muda. Tapi, pada Bahasa Inggris U.K. bukan cuma dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebut pria dewasa saja namun pun pria muda.
    gambar geezer
    foto oleh womenonthefence.com
    Contoh kalimat
    EN: Old man Anderson keeps yelling at the kids playing outside. That geezer!
    ID: Eh bro, siapa bapak tua yng ada dipojok itu? Si geezer itu lho.
  • Guesstimate merupakan blending dari kata guess (dugaan) serta estimate (memperkirakan) yng berguna perkiraan kasar tanpa pertimbangan yng akurat.
    Contoh kalimat
    EN: Our task is to guesstimate the total vote
    ID: Nggak tau siapa yng menang pilkada kemarin. Aku bisanya Cuma nge-guesstimate kalau yng menang si Otong.
  • Infomania merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk seseorang yng terlalu Suka mengecek serta merespon pesan elektronik semisal SMS, BBM, E-mail, serta sejenisnya secara berulang-ulang. Salah satu gejala penderita penyakit sosial infomania merupakan terlalu Suka mengecek pesan elektronik secara terus menerus meskipun sedang dalam perjalanan ataupun liburan. Selain itu, sindrom ini pun dipicu oleh ketakutan andai dirinya akan dianggap kudet (tidak lebih update) ihwal apa yng terlaksana di sosial media. Nah, apakah kamu memiliki gejala yang telah di sebutkan?
    Contoh kalimat
    EN: He is an infomania, checking e-mail too often.
    ID: Gue kayaknya jadi infomania nih. Dikit-dikit buka Facebook.
  • Jumbrella merupakan blending antara jumbo (besar) serta umbrella (payung). Istilah ini biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebut sebuah payung besar yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memayungi restoran ataupun kedai kopi yng dijual di luar.
    gambar jumbrella
    Foto oleh wixstatic.com
    Contoh kalimat
    EN: I want to eat there, under the jumbrella.
    ID: Aku pengen makan disana, dibawah jumbrella.
  • Mocktail merupakan minuman tidak beralkohol yng mirip yang dengannya minuman keras.
    gambar mocktail
    foto oleh wikimedia.org
    Contoh kalimat
    EN: I would rather drink mocktail than consume cocktail.
    ID: Mendingan aku minum mocktail daripada minuman keras. Soalnya bahaya bro!
  • Netiquette merupakan blending antara network (jaringan) serta etiquette (etika). Istilah ini berguna sekumpulan aturan tidak tertulis yng ada di dunia maya, lebih sederhananya disebut menjdai etika dalam internetan.
    Contoh kalimat
    EN: You’d better know the netiquette before starting to surf on internet.
    ID: Kamu butuh tahu netiquette di dunia maya agar tahu mana yng seharusnya di lakukan serta mana yng tak.
  • Netizen merupakan blending antara kata internet serta citizen (warga). Dapat disimpulkan netizen merupakan pemakai/pemakain internet.
    Contoh kalimat
    EN: His status post on Facebook got so many criticiszm by netizen.
    ID: Netizen terlalu tidak sedikit menghabiskan waktu di dunia maya.
  • Nonversation merupakan percakapan yng ‘tidak penting’ ataupun tak menghasilkan khasanah apapun.
    gambar nonversation
    foto oleh img.ifcdn.com/
    Contoh kalimat
    EN: We were talking for nothing bros. What a nonversation!
    ID: Udah ah ngomongnya. Nggak penting banget. Nonversation banget..
  • Screenager merupakan sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak remaja (teenager) yng menghabiskan sebagian besar saatnya cuma di depan layar komputer (screen), menjadikan disebut menjdai screenager.
    Contoh kalimat
    EN: I’ve been wasting my time in front of my computer lately. Maybe I am a screenager like what people say.
    ID: Akhir-akhir ini aku Suka ngadep komputer. Mungkin itu gejala screenager ya?
  • Staycation merupakan blending dari kata stay (tinggal) serta vacation (liburan) yng berguna liburan dirumah saja cuma mengunjungi sahabat terdekat.
    gambar staycation
    foto oleh quickmeme.com
    Contoh kalimat
    EN: I don’t go anywhere in this summer holiday. I would prefer staycation rather than going somewhere far.
    ID: Aku nggak kemana-mana liburan di artikel ini. Cuma staycation aja.
  • Sunbrella merupakan blending dari kata sun (matahari) serta umbrella (payung). Istilah ini Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk merujuk pada payung warna-warni yng ada di pantai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memayungi dari panasnya sinar matahari.
    Contoh kalimat
    EN: oh, dont forget to get the sunbrella, we wouldnt want to get burned on the picnic.
    ID: jangan tidak ingat bawa sunbrella, biar kelak waktu di pantai tak kepanasan.
  • Threequel merupakan seri ke-tiga dari suatu trilogy film, buku, serta sejenisnya, ataupun disebut pun menjdai sequel kedua dari suatu film.
    Contoh kalimat
    EN: Crow Zero: Explode is the threequel of Crow Zero series.
    ID: Aku udah nonton film Crow Zero 2, tinggal threequel-nya yng belum aku tonton, yakni Crow Zero: Explode.
  • Weblish merupakan bahasa yng dipakai di percakapan online semisal penggunaan abreviasi, akronim, dan juga lain-lainya. Istilah ini pun dikenal menjdai webspeak, netspeak, ataupun internetese. Contoh dari weblish merupakan semisal WTF, OMG, YOLO, BLS, KZL, serta singkatan lain yng Suka dipakai dalam media online.
Itulah beberapa daftar istilah baru dalam Bahasa Inggris 2015 yng sedang ngetrend. Bagaimanapun pun, masih ada tidak sedikit istilah yng ngetrend namun belum mampu kami jangkau menjadikan kami cuma memperoleh sedemikian rupa. Jika teman-teman memiliki pengetahuan seputar topik diatas, teman-teman bisa ikut menyumbangkannya melalui kolom komentar menjadikan kami akan mencantumkannya kedalam daftar yang dengannya nama kamu menjdai kontributor. Terimakasih tidak sedikit!

Source Article and Picture : http://www.maknaistilah.com/2015/12/istilah-baru-dalam-bahasa-inggris-2015.html

Seputar Daftar Istilah Baru Dalam Bahasa Inggris 2015 – Netizen, Copyleft, dll

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Daftar Istilah Baru Dalam Bahasa Inggris 2015 – Netizen, Copyleft, dll