Definisi Perkembangan

- 06.09

Definisi Perkembangan

 
Definisi Perkembangan - Perkembangan (Development) adalah suatu proses yng pasti di alami oleh setiap individu, perkembangan ini merupakan proses yng bersifat kualitatif serta berhubungan yang dengannya kematangan seorang individu yng ditinjau dari perubahan yng bersifat progresif dan sistematis di dalam diri kita-kita. Akhmad Sudrajat : 2008, memberikan definisi bahwasanya “Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis, progresif dan berkesinambungan dalam diri individu sejak lahir hingga akhir hayatnya atau dapat diartikan pula sebagai perubahan – perubahan yang dialami individu menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya.” Sesorang individu mengalami perkembangan sejak masa konsepsi, dan akan berlangsung selama hidupnya. “Perkembangan adalah proses yang berlangsung sejak konsepsi, lahir dan sesudahnya, dimana badan, otak, kemampuan dan tingkah laku pada masa usia dini, anak2, dan dewasa menjadi lebih kompleks dan berlanjut dengan kematangan sepanjang hidup. hal ini didefinisikan oleh”( Dr Siti Aminah Soepalarto, SpS (K). : 2008 ). Maka yang dengannya kata lain bisa kita artikan bahwasanya sepanjang hidup kita adalah suatu rangkaian proses yng terus berlanjut, proses yang telah di sebutkan meliputi perkembangan (development), pertumbuhan (growth) dan kamatangan (maturation) baik fisik maupun psikis. Tidak ada periode usia yng mendominasi perkembangan hidup. Perkembangan meliputi keuntungan serta kerugian, yng berinteraksi dalam cara yng dinamis sepanjang siklus ke hidup-an. Sehingga selama proses bertambahnya usia, maka selama itulah proses perkembangan akan terus berjalan. Proses ini terlaksana dalam diri kita-kita secara bertahap serta mempunyai fase – fase tertentu yng menjadi acuan proses perkembangan yang telah di sebutkan, semisal yng dikemukakan oleh Sigmund Freud, fase perkembangan dibagi menjadi 6 fase yakni ; Fase Oral ataupun mulut yng adalah sentral pokok keaktifan yng dinamis, Fase Anal, Fase Falis atu alat kelamin, Fase Latent, Fase Pubertas serta Fase Genital ataupun proses menginjak kedewasaan.
Definisi Perkembangan
Ciri – ciri perkembangan secara umum yakni :
  • Terjadinya perubahan dalam aspek fisik (perubahan berat badan serta organ – organ tubuh)
    serta aspek psikis (matangnya kemampuan berpikir, mengingat, serta berkreasi)
  • Terjadinya perubahan dalam proporsi; aspek fisik (proporsi tubuh anak beubah sesuai
    yang dengannya fase perkembangannya) serta aspek psikis (perubahan imajinasi dari fantasi ke
    realitas)
  • Lenyapnya tanda – tanda yng lam; tanda - tanda fisik (lenyapnya kelenjar thymus
    (kelenjar anak – anak) seiring bertambahnya usia) aspek psikis (lenyapnya gerak – gerik
    kanak – kanak serta perilaku impulsif).
  • Diperolehnya tanda – tanda yng baru; tanda – tanda fisik (pergantian gigi serta karakter
    seks pada usia remaja) tanda – tanda psikis (berkembangnya rasa ingin tahu perihal
    pengetahuan, moral, interaksi yang dengannya lawan jenis)
Perbedaan serta Persamaan antara Pertumbuhan yang dengannya Perkembangan
Seperti yng sudah di uraikan diatas bahwasanya Perkembangan (Development) merupakan rangkaian perubahan sepanjang rentang ke hidup-an kita-kita, yng bersifat progresif, teratur, berkesinambungan serta akumulatif, yng menyangkut segi kuantitatif serta kualitatif, menjdai hasil interaksi antara maturasi serta proses belajar. Sedangkan Pertumbuhan (Growth) adalah perubahan ukuran organisme lantaran bertambahnya sel-sel dalam setiap tubuh organisme yng tak mampu diukur oleh alat ukur ataupun bersifat kuantitatif. Atau secara bahasanya perubahan ukuran organisme dari kecil menjadi besar.
Maka Dapat kita simpulkan bahwasanya perbedaan antara perkembangan (Development) yang dengannya pertumbuhan (Growth) terdapat atau terletak pada sifat yng berlangsung pada kedua proses yang telah di sebutkan, dalam hal ini pertumbuhan bersifat kuantitatif sedangkan perkembangan adalah proses yng lebih kompleks meliputi kualitatif serta kuantitatif. Serta bisa kita tarik kesimpulan bahwasanya pertumbuhan adalah satu dari sekian banyaknya bagian dari proses perkembangan, lantaran proses pertumbuhan individu mengikuti proses perkembangan yng bersifat kualitatif.

Source Article and Picture : http://definisimu.blogspot.com/2012/08/definisi-perkembangan.html

Seputar Definisi Perkembangan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Definisi Perkembangan