Memahami Peta Konsep Pengelolaan Kelas

- 20.00

Memahami Peta Konsep Pengelolaan Kelas

 
Secara umum, seorang guru mempunyai dua peran di dalam kelas, yakni peran menjdai pengajar (pendidik) serta peran menjdai pengelola (manager) kelas. Dua peran ini adalah satu kesatuan yng tak mampu dijauhkan dalam pembelajaran di kelas. Atas dasar ini dia maka seorang guru tak cukup cuma mempunyai kemampuan mengajar yng baik, namun pun Perlu dibarengi yang dengannya kemampuan mengelola kelas yng baik. Masih tidak sedikit guru yng belum mampu melakukan pengelolaan demi terciptanya suasana kelas yng kondusif dalam proses pembelajaran. Tentu ada tidak sedikit faktor penyebabnya, mampu dari guru itu sendiri, dari siswa, ataupun lingkungan pendidikan yng tidak lebih mendukung.
Mengelola kelas adalah upaya yng di lakukan guru bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan suasana kelas yng kondusif yakni kelas yng siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar, kelas yng memberikan semangat bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar, serta kelas yng mendukung bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar siswa. Pengelolaan kelas yng baik (kondusif) mempunyai andil yng besar dalam keberhasilan belajar siswa. Oleh lantaran itu penting bagi seorang guru bagi atau bisa juga dikatakan untuk memahami serta menguasai banyak sekali aspek dalam mengatur serta mengorganisasikan lingkungan belajar siswa di kelas, baik lingkungan sosial, emosional, maupun lingkungan intelektual.
Seorang guru Perlu mampu memahami serta mengaplikasikan konsep pengelolaan kelas yang dengannya baik andaikan ingin memperoleh proses serta hasil yng optimal dalam pembelajaran yng di lakukan. Hal ini dikarenakan kemampuan mengelola kelas yng baik adalah satu dari sekian banyaknya indikator kompetensi pedagogis seorang guru, sekalian prasyarat guru yng profesional.
Agar guru mampu melakukan pengelolaan kelas yang dengannya baik, maka tiada jalan lain selain belajar wacana tema-tema yng menjadi ruang lingkup pemaparan pengelolaan kelas. Praktek tak akan sempurna tanpa teori. Pun juga teori tak akan berguna andai tak dipraktekkan. Oleh lantaran itu, antara praktik serta teori terdapat suatu hubungan timbal balik yng tak boleh dijauhkan satu serta lain-lainnya
Teori-teori wacana pengelolaan kelas bisasanya telah diberikan di bangku perkuliahan. Ketika kita telah terjun mengajar di sebuah lembaga pendidikan serta berhadapan langsung yang dengannya peserta didik, di situlah saatnya mengaplikasikan teori-teori yng didapatkan dari bangku perkuliahan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan peta konsep di bawah ini:

Pengelolaan kelas terdiri atas beberapa komponen yng meliputi: pengelolaan lingkungan kelas, pengelolaan suasana kelas, serta pengelolaan waktu dalam pembelajaran di kelas. Selain itu, pengelolaan pun berpegang pada prinsip-prinsip serta pendekatan-pendekatan tertentu.
Komponen, prinsip, serta banyak sekali pendekatan dalam pengelolaan kelas dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yng ada di dalam kelas yng terbagi menjadi dua, yakni masalah pengelolaan serta masalah pembelajaran. Hal ini sebagaimana yng sudah di sebutkan di atas, bahwasanya guru mempunyai dua peran yakni menjdai pengajar serta pengelola kelas.
Masalah pengelolaan bisa diselesaikan guru andaikan ia mampu mengimplementasikan prinsip, pendekatan, pengelolaan lingkungan, serta pengelolaan suasana kelas yang dengannya baik.
Sedangkan masalah yng terkait yang dengannya pembelajaran bisa diselesaikan andaikan guru mampu mengimplementasikan prinsip, pendekatan, pengelolaan kegiatan, serta pengelolaan waktu dalam kelas yang dengannya baik.
Apabila guru tak mampu mengimplementasikan komponen, prinsip, dan pendekatan dalam pengelolaan kelas yang dengannya baik, maka masalah-masalah yng ada di dalam kelas tak bisa terselesaikan, baik yng menyangkut pengelolaan maupun pembelajaran. Dalam hal ini, guru dianggap gagal dalam melakukan Pengelolaan kelas bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan apa yng disebut menjdai “KELAS YANG KONDUSIF”
Ahmad Mujib Sabtu, 04 April 2015 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2015/04/memahami-peta-konsep-pengelolaan-kelas.html

Seputar Memahami Peta Konsep Pengelolaan Kelas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Memahami Peta Konsep Pengelolaan Kelas