Pengertian Z.E.E (Zona Ekonomi Eksklusif), Zona Tambahan Serta Laut Teritorial

- 23.12

Pengertian Z.E.E (Zona Ekonomi Eksklusif), Zona Tambahan Serta Laut Teritorial

 

Artikel terkait : Pengertian Z.E.E (Zona Ekonomi Eksklusif), Zona Tambahan Serta Laut Teritorial

Pengertian Z.E.E akan disampaikan secara lengkap pada peluang di artikel ini. Z.E.E sendiri adalah singkatan dari Zona Ekonomi Eksklusif. Bagi Anda yng belum mengetahui ataupun malah belum pernah mendengar mengenai Z.E.E mungkin Anda akan terasa begitu asing. Untuk itu, simaklah uraian yang akan di sajikan kali ini agar Anda lebih tahu mengenai istilah Z.E.E itu sendiri. Z.E.E sendiri Amat berkaitan yang dengannya zona tambahan serta pun laut teritorial. Selain membahas mengenai Z.E.E, yang akan di sajikan kali ini pun akan membahas mengenai zona tambahan serta laut teritorial.
Pengertian Z.E.E,landas benua,zona bersebelahan,zona ekonomi eksklusif,panjang garis pantai,laut bebas,zona tambahan,cara menentukan,kelestarian laut,pengertian,
Baca pun : Pengertian Quantum Learning serta Karakteristiknya
  • Pengertian Z.E.E (Zona Ekonomi Eksklusif)
Pengertian Z.E.E yakni suatu zona yng lebarnya tak lebih dari 200 mil laut dari garis dasar ataupun pangkal. Di mana pada zona yang telah di sebutkan negara pantai mempunyai hak serta pun kekayaan akan alam yng ada di dalamnya. Selain itu pun berhak mempergunakan kebijakan hukumnya pada zona yang telah di sebutkan. Tidak cuma itu saja, negara pantai pun mempunyai kebebasan bernavigasi, melakukan penanaman kabel dan pipa serta pun terbang diatas zona yang telah di sebutkan. Untuk konsep Z.E.E sendiri muncul dari kebutuhan yng Amat mendesak. Pada zona ini negara pantai memiliki hak-hak berdaulat yng Amat pribadi.
Hak-hak yang telah di sebutkan menyangkut keperluan eksplorasi serta pun eksploitasi akan sumber kekayaan alam semisal yng telah disebutkan. Negara pantai bisa membuat serta mempergunakan pulau buatan, melakukan instalasi serta pun bangunan. Negara pantai pun bisa melakukan riset ilmiah mengenai kelautan serta melakukan perlindungan dan pelestarian lingkungan laut. Indonesia pada tahun 195 mengeluarkan deklarasi Juanda yng mana melahirkan konsep Wawasan Nusantara. Pada deklarasi yang telah di sebutkan, batas perairan wilayah Indonesia yakni 12 mil dari garis pangkal pantai masing-masing pulau sampai-sampai titik terluar.
  • Pengertian Zona Tambahan serta Batas Laut Teritorial
Selain memahami mengenai pengertian Z.E.E, ketahui pun mengenai zona tambahan dan batas laut teritorial. Zona tambahan yakni laut yng letaknya berada pada sisi luar garis asar laut dan tak melebihi 24 mil dari garis dasar laut. Pada zona ini kekuasaan negara Amat dibatasi yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah adanya pelanggaran terhadap fiskal, bea cukai, imigrasi serta pun perikanan. Sementara pengertian dari laut teritorial yakni laut yng letaknya berada pada sisi luar dari garis dasar laut serta tak lebih dari 12 mil laut. Pengertian Z.E.E,landas benua,zona bersebelahan,zona ekonomi eksklusif,panjang garis pantai,laut bebas,zona tambahan,cara menentukan,kelestarian laut,pengertian, Dalam laut teritorial, kedaulatan negara Amat penuh malah bagi atau bisa juga dikatakan untuk ruang udara di atasnya. Serta hak lintas tenang diakui oleh kapal-kapal asing yng ingin melintas. Sementara hak lintas tenang sendiri yakni hak bagi atau bisa juga dikatakan untuk melintas yang dengannya cepat tanpa berhenti. Pelintasan ini bersifat tenang menjadikan tak mengganggu ketertiban serta keamanan dari negara pantai. Menurut UU No. 43 Tahun 2008, pemerintah Indonesia memiliki wewenang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan izin lintas tenang pada kapal-kapal asing yng melintasi laut teritorial sesuai yng sudah diatur dalam UU. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian Z.E.E, zona tambahan serta laut teritorial.

Source Article and Picture : http://www.inipengertian.com/2016/03/pengertian-zee-zona-ekonomi-eksklusif.html

Seputar Pengertian Z.E.E (Zona Ekonomi Eksklusif), Zona Tambahan Serta Laut Teritorial

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Z.E.E (Zona Ekonomi Eksklusif), Zona Tambahan Serta Laut Teritorial