Psikologi Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan

- 04.12

Psikologi Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan

 
Istilah Psikologi Pendidikan tentu tak asing lagi di indera pendengaran kita. Psikologi Pendidikan Amat penting dikuasai oleh seorang guru. Jika kita kuliah di jurusan pendidikan, baik pendidikan umum maupun pendidikan islam, umumnya kita akan menemui mata kuliah Psikologi Pendidikan. Kenapa sih psikologi pendidikan butuh dipelajari? Apa pentingnya? Mungkin ada sebagaian yng bertanya semisal itu. Psikologi Pendidikan penting dipelajari oleh guru maupun calon guru lantaran di lapangan kita akan tidak sedikit menemukan aneka macam hambatan terkait yang dengannya heterogenitas individu, yng mana bagi atau bisa juga dikatakan untuk memahami masing-masing individu itu kita memerlukan bantuan psikologi.
Sebagai sebuah ilmu, Psikologi bisa diartikan menjdai ilmu pengetahuan yng mengkaji perihal perilaku individu dalam beinteraksi yang dengannya lingkunannya. Objek material dari psikologi merupakan perilaku kita-kita yng kasat mata yng bersifat objektif serta bisa diamati, dan perilaku kita-kita yng tak kasat mata.

Psikologi dibagi menjadi dua, yakni psikologi umum yng mengkaji perilaku individu secara umum serta psikologi khusus yng mengkaji perilaku individu dalam situasi khusus.1 dalam hal ini, kajian perihal psikologi pendidikan salah satunya ke dalam psikologi khusus.
Psikologi pendidikan merupakan bidang studi psikologi yng mengkaji, mengkaji perilaku individu, kelompok, serta sosial dalam situasi pendidikan. Mengapa psikologi pendidikan bisa dikatakan menjdai sebuah ilmu pengetahuan? Karena di dalamnya kriteria persyaratan suatu ilmu yng terdiri atas dimensi ontologis, epistemologis, serta aksiologis.
  1. Secara ontologis, objek dari psikologi pendidikan merupakan perilaku-perilaku individu yng terlibat secara langsung maupun tak langsung yang dengannya dunia pendidikan, semisal guru, orang tua, serta stakeholder.
  2. Secara epistemologis, macam-macam teori, konsep, prinsip, kaidah yng terdapat dalam psikologi pendidikan lahir didasari kajian ilmiah (rasional, sistematis, empiris) melalui aneka macam studi longitudinal maupun cross sectional, baik yang dengannya pendekatan kualitatif maupun kuantitatif.
  3. Secara aksiologis, psikologi pendidikan memberikan manfaat dalam terciptanya pembelajaran yng efektif serta efisien. Guru yng memahami psikologi pendidikan, akan gampang memahami gejala-gejala yng muncul dalam diri peserta didiknya serta bisa mengambil sikap yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghadapinya.
Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwasanya psikologi pendidikan adalah satu dari sekian banyaknya cabang dari ilmu psikologi yng secara spesifik2 mengkaji macam-macam perilaku individu dalam konteks pendidikan yang dengannya tujuan guna menemukan macam-macam fakta, generalisasi, serta teori-teori psikologi yng berkaitan yang dengannya pendidikan. Hal itu diperoleh yang dengannya metode ilmiah tertentu dalam rangka mencapai efektifitas serta efisiensi proses pendidikan.3
Catatan kaki
1 Iskandar, psikologi pendidikan: sebuah orientasi baru (Jakarta: Referensi, 2012), hal. 2
2 Ibid., hal. 4.
3 Ibid., hal. 5. Ahmad Mujib Senin, 01 Februari 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/psikologi-pendidikan-sebagai-ilmu-pengetahuan.html

Seputar Psikologi Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Psikologi Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan