Pengertian Tata Surya

- 12.12

Pengertian Tata Surya

 
Pengertian Tata Surya - Dalam uraian di artikel ini kami akan membahas ihwal materi Tata surya. Pembahasan ini tak cuma membahas ihwal Pengertian Tata Surya saja akan tetapi pun membhas ihwal susunan tata surya. Tata surya di dalam ilmu astronomi hanyalah satu system diantara system lain di alam semesta ini. Setiap tata surya yang telah di sebutkan memiliki anggota, susunan, serta karakteristik tersendiri yng tak percis yang dengannya tata surya yng lain. Sebagai semisal: planet bumi yng kita tempati ini, serta pun planet yng lain berada dalam satu system tata surya yang dengannya matahari menjdai pusatnya. Matahari menjdai sumber tata surya yng memberikan suhu serta sinar yng menjadi sumber ke hidup-an. Itulah yng memicu tata surya kita disebut yang dengannya sebutan Solar System (system tata surya Matahari).
Pengertian Tata Surya
Tahukah anda apa itu tata surya? Pada awal pemaparan sudah kami singgung tidak banyak mengenai tata surya matahai yng menjadi system tata surya kita. Jadi yng akan kami uraikan disini yakni pengertian tata surya matahari. Pengertian tata surya merupakan kumpulan benda-benda langit yng terdiri: matahari, 8 buah planet, planet-planet kecil, satelit, asteroid, komet, meteor serta benda-benda ruang angkasa yng lain-lainnya. Matahari adalah pusat tata surya, yang dengannya anggota tata surya yng mengelilingi matahari. Tata surya matahari ini adalah satu dari beberapa tata surya yng ada dalam galaksi bimasakti.
Kenapa dalam tata surya matahari dikelilingi benda-benda langit semisal planet? Gaya ataupun kekuatan apa yng terdapat dalam matahari?. Matahari dikelilingi benda-benda langit dikarenakan gaya gravitasi. Gaya gravitasi matahari lebih besar dari benda-benda langit yng lain lantaran massa matahari yng lebih besar dari benda langit yng lain. Dengan gaya gravitasi yng lebih besar membuat benda-benda langit tertarik ke pusat matahari serta beergerak mengitarinya. Namun benda-benda langit yang telah di sebutkan cuma bergerak mengitari matahari dalam orbit ataupun lintasan tertentu yakni berbentuk elips.
Susunan Sistem Tata Surya
Tata surya mampu dilihat menjdai suatu system terstruktur yng tersusun oleh benda-benda langit menjdai anggotanya. Benda-benda langit yang telah di sebutkan yakni Matahari, planet, satelit, asteroid, meteor, komet, serta benda-benda langit yng lain. Tata surya berdiameter 30 tahun cahaya. Maksud dari tahun cahaya yakni jarak yng ditempuh oleh cahaya selama satu tahun yakni 9,46 triliun km. Pengertian Tata Surya
Di bawah ini adalah penjelasan ihwal benda-benda langit yng ada dalam system tata surya.
1. Matahari
Matahari adalah bintang sejati yng mampu memancarkan cahaya sendiri, serta matahari adalah pusat dari tata surya. Matahari adalah bagian tata surya paling besar, lantaran hampir seluruh massa tata surya terkumpul pada matahari. Terbentuknya matahari diperkirakan sekitar 4,6 milyar tahun yng lalu berbentuk gumpalan gas berpijar. Pembentukan matahari pendapat dari para ahli astronomi berawal dari ledakan bintang generasi pertama. Diameter Matahari panjangnya 1.392.500 km, ukurannya kita-kira 109 kali dari diameter bumi serta separuh kali lebih besar dibanding planet jupiter. Pengertian Tata Surya
Matahari secara umum tersusun dari bebeerapa lapisan yakni korona, kromosfer, fotosfer serta lapisan inti.
- Korona
Korona merupakan lapisan paling luar yng di luar atmosfer matahari. Korona berbentuk semisal mahkota yang dengannya warnanya keabu-abuan serta bisa terlihat disaat ada peristiwa gerhana matahari total. Korona memiliki ketebalan sekitar 700 ribu km serta yang dengannya suhu yng mencapai 1 juta kelvin.
-Kromosfer
Kromosfer merupakan lapisan yng bertugas menjdai atmosfer matahari lapisan ini berada di atas lapisan fosfer. Ketika terlaksana gerhana matahari total, kromosfer tampak berbentuk gelang merah yng mengelilingi bulan. Kromosfer memiliki ketebalan sekitar 200 km yang dengannya suhu yng mencapai 4.500 kelvin.
-Fotosfer
Fotosfer merupakan lapisan permukaan matahari. Fungsi lapisan fotosfer yakni mengeluarkan cahaya yng mampu menerangi. Lapisan ini memiliki suhu mencapai 6.000 Kelvin serta yang dengannya ketebalan sepanjang 300 km.
- Inti Matahari
Inti matahari merupakan lapisan matahari yng paling dalam, dimana terjadinya reaksi fusi yng mampu menghasilkan energi bagi atau bisa juga dikatakan untuk matahari. Walaupun volumenya cuma seper lima puluh dari volume keseluruhan matahari, akan tetapi inti matahari massanya Amat besar yakni setengah dari massa keseluruhan matahari. 99% energi yng dibangkitkan matahari dibangkitkan oleh inti matahari.
2. Planet
Planet merupakan benda langit yng mengitari matahari yang dengannya lintasan tertentu serta berdiameter lebih dari 400 km. Planet bisa memantulkan cahaya yng diterima dari matahari. Dulunya planet diketahui jumlahnya ada 9 planet, akan tetapi saat ini ini diketahui tingal 8 planet itu dikarenakan pluto telah bukan salah satunya dalam keluarga planet bimasakti yng mengitari matahari. Peredaran planet mengelilingi matahari mengikuti lintasan yang dengannya bentuk bujur telur disebut yang dengannya bentuk elips. Planet-planet yang telah di sebutkan dalam mengelilingi matahari berlawanan arah yang dengannya jarmum jam serta peredarannya teratur menjadikan tak terlaksana tabrakan di dalam gerak mengelilingi matahari. Pengertian Tata Surya
Planet didasari letaknya dibedakan menjadi 2 yakni planet dalam serta planet luar. Planet dalam yakni planet yng letak garis edarnya berada diantara bumi serta matahari yakni planet Merkurius serta planet venus. Sedangkan Planet luar yaituplanet yng letak garis edarnya berada di luar peredaran bumi yakni planet mars, jupiter, saturunus, uranus, serta planet neptunus. Penjelasan ihwal planet-planettersebut merupakan menjdai yang akan di sajikan kali ini.
Planet Merkurius
- Planet Merkurius adalah planet yng letaknya terdekat yang dengannya Matahari.
- Planet Merkurius adalah planet yng kecil yang dengannya diameter 4.862 km.
- Planet Merkurius yang dengannya Matahari berjarak sekitar 58 juta km. Untuk memutari matahari satu kali planet merkurius memerlukan 88 hari .
- Di Planet Merkurius terdapat tidak sedikit kawah-kawah besar hal itu dikarenakan letaknya yng dekat yang dengannya Matahari.
- Dilihat dari Bumi, Planet Merkurius terlihat paling terang serta kadang terlihat menjdai titik kecil disaat fajar menyingsing ataupun disaat Matahari terbenam.
- Suhu di Planet Merkurius di siang hari mencapai 430 derajat celcius, serta andai dimalam hari mencapai -170 derajat celcius.
Planet Venus
- Letak Planet Venus berada diantara orbit Plant Merkurius serta orbit Planet Bumi.
- Planet Venus adalah Planet terdekat yang dengannya Bumi.
- Diameter Planet Venus berkisar 12.100 km.
- Planet Venus ukurannya hampir percis yang dengannya bumi yng membuat Planet venus mendapatkan julukan Bumi kebar.
- Jarak Planet Venus yang dengannya Matahari sekitar 108 km, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengitari matahari memerlukan waktu 225 hari.
- Permukaan Planet Venus suhunya mencapai 480 derajat celcius menjadikan planet ini Amat kering.
- Planet venus adalah planet yng putih bercahaya terang, terlihat cemerlang serta indah.
- Planet venus akan menampakkan diri disaat Matahari terbit ataupun beberapa waktu disaat matahari tenggelam. Planet ini terkenal yang dengannya sebutan bintang timur ataupun bintang fajar ada pun yng menyebutnya yang dengannya sebutan bintang kejora.
Planet Bumi
- Satu-satunya planet yng memiliki ke hidup-an merupakan Planet Bumi yng permukaannya terdiri atas daratan serta lautan.
- Apabila dilihat dari angkasa luar, permukaan bumi akan tampak berwarna hijau kebiru-biruan.
- Diameter bumi yakni 12.750 km.
- Bumi serta Matahari jaraknya sekitar 150 juta km serta luas permukaan bumi ditutupi lautan 2/3 dari luas permukaan bumi.
- Bumi memiliki lapisan udara yng disebut yang dengannya atmosfer. Kandungan yng ada di atmosfer terdiri dari nitrogen serta oksigen. Gas yng lain-lainnya jumlahnya tak terlalu besar.
- Fungsi atmosfer bagi atau bisa juga dikatakan untuk bumi yakni menjdai pelindung bumi dari radiasi sinar matahari yng membahayakan benda-benda langit yng tertarik gaya gravitasi bumi. Selain itu atmosfer pun berfungsi melindungi suhu bumi agar tak terlalu panas di siang hari serta agar tak terlalu dingin di malam hari.
- Bumi memiliki satu setelit yakni bulan.
Planet Mars
- Planet Mars keadaanya mirip semisal bumi menjadikan membuat para ahli menyeledikinya apakah di Planet Mars yang telah di sebutkan ada ke hidup-an.
- Warna Planet Mars kemerah-merahan serta memiliki diameter sekitar 6.780 km.
- Jarak Planet Mars serta Matahari sekitar 228 juta km serta memerlukan waktu 687 hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengitari matahari.
- Planet Mars memiliki permukaan yng kering semisal Planet Venus.
- Planet Mars pun memiliki lapisan atmosfer yng tipis.
- Diantara Planet Mars serta Planet Jupiter terdapat planetoid ataupun asteroid.
- Suhu di Planet Mars di siang hari maksimal -13 derajat celcius serta andai dimalam hari -80 derajat celcius.
- Planet Mars mempunyai 2 satelit yakni Demos serta Fobos.
- Di Planet Mars terdapat sebuah gunung Olympus yng ketinggiannya 2 kali dari Gunung Tertinggi di Bumi (Everest).
Planet Jupiter
- Planet Jupiter merupakan planet paling besar yng ada di dalam ata surya, planet ini warnaya kekuning-kuningan.
- Diameter Planet Jupiter mencapai 11 kali dari diameter bumi yakni berkisar 143.000 km.
- Jarak antara Planet Jupiter yang dengannya Matahari mencapai 778 juta km, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengitari matahari planet jupiter memrlukan waktu 12 tahun.
- Di planet Jupiter terdapat atmosfer yng memiliki kandungan helium serta gas hidrogen.
- Batas permukaan Planet Jupiter serta atmosfer tidak lebih terperinci, membuat planet jupiter mirip semisal bola gas yng Amat besar.
- Satelit planet jupiter jumlahnya ada 16, satelit paling besar namanya Ganymeda.
Planet Saturnus
- Planet Saturnus adalah planet terbesar ke dua yng ada di dalam tata surya.
- Planet Saturnus terlihat dikelilingi sebuah cincin raksasa yng terdiri atas partikel-partikel kecil warnanya kekuning-kuningan serta pun debu-debu.
- Diameter Planet Saturnus yakni 120.000.
- Jarak Planet Saturnus ke Matahari sekitar 1.428 juta km.
- Planet Saturnus berevolusi mengelilingi matahari memrlukan waktu 29,5 tahun.
- Planet Satununs memiliki 21 satelit serta satelit paling besar yakni Titan.
- Peermukaan planet satunus suhunya cukup dingin yakni sekitar -145 derajat celcius.
Planet Uranus
- Planet Uranus memiliki diameter 51.1118 km.
- Planet Uranus serta Matahari berjarak sekitar 2.869 juta km.
- Sekali edar Planet Uranus bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengelilingi matahari memerlukan waktu sekitar 84 tahun.
- Rotasi Planet Uranus berlawanan arah yang dengannya planet lain.
- Planet uranus permukaannya diliputi awan tebal.
- Planet uranus memiliki suhu permukaan yng mencapai -180 derajat celcius.
- Satelit yng dimiliki planet uranus jumlahnya ada 15, satelit terbesar disebut Ariel.
Planet Neptunus
- Apabila dilihat yang dengannya teleskop, neptunus terlihat berwarna kehijau-hijauan.
- Jarak Planet Neptunus yang dengannya Matahari berjarak sekitar 4.495 juta km yang dengannya diameter 48.600 km.
- Permukaan Planet Neptunus mencapai – 190 derajat celcius.
- Planet Neptunus bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekali berevolusi memerlukan waktu 165 tahun.
- Satelit planet neptunus ada 2 yakni Neried serta Triton.
3. Satelit Pengertian Tata Surya
Satelit merupakan benda langit yng mengitari planet pada era planet beredar mengitari matahari. Selain itu satelit pun barputar pada sumbunya. Jenis satelit ada 2 jenis yakni satelit alam serta satelit buatan. Satelit alam yakni satelit yng secara alami terdapat dalam system tata surya. Misalnya bulan merupakan satelit bumi. Sedangkan Satelit Buatan yakni satelit yng dibuat kita-kita. Satelit buatan dilepas oleh roket serta mengorbit di sekitar bumi. Kegunaan satelit buatan yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk aneka macam keperluan antara lain menjdai alat komunikasi, penyiaran televisi serta radio, pemetaan bumi serta kekayaan yng terdapat di dalamnya.
4. Asteroid Pengertian Tata Surya
Asteroid yakni benda langit yng ukurannya kecil mengitari matahari dengna lintasan tertentu. Para ahli meyakini kalau asteroid merupakan sisa-sisa bahan pembentukan planet. Asteroid jumlahnya Amat tidak sedikit, secara teratur semuanya berkumpul membentuk sabuk asteroid. Sabuk asteroid diameternya 100 km. Sabuk asteroid ini bentuknya melingkar berada di antara Planet Mars serta Planet Jupiter. Sabuk yng lain bernama Sabuk Edgeworth-Kuiper, letaknya berada di belakang Planet Neptunus. Untuk sekali mengelilingi matahari sabuk asteroid butuh waktu sekitar 3 hingga 6 tahun. Antara asteroid yang dengannya asteroid yng lain-lainnya terpisah yang dengannya kejauhan ribuan kilometer. Walaupun terpisah jauh, kadang asteroid-asteroid yang telah di sebutkan bertabrakan. Tabrakan yang telah di sebutkan menghasilkan pecahan batu yng kecil disebut yang dengannya meteoroid.
5. Meteoroid, Meteor, serta Meteorit Pengertian Tata Surya
Meteroid adalah satu dari sekian banyaknya benda angkasa yng terdapat dalam system tata surya. Meteoroid adalah benda-benda langit yng ukurannya kecil melayang diangkasa serta tak mempunyai lintasan. Terkadang benda ini menabrak planet salah satunya bumi. Meteoroid yng masuk ke sebuah planet disebut meteor. Pada era meteor memasuki bumi akan terlihat berpijar lantaran tergesek yang dengannya atmosfer. Meteoroid andai masuk hingga ke permukaan bumi dikenal yang dengannya sebutan meteorit. Terkadang ada orang yng menyebut Meteor yang dengannya bintang jatuh ataupun ada pun yng menyebutnya bintang berpindah.
6. Komet Pengertian Tata Surya
Komet merupakan benda paling jauh yng mengorbit matahari di dalam system tata surya. Terdapat sepuluh triliun komet dalam tata surya. Komet adalah salju debu yng besarnya sebesar gunung, akan tetapi tak bisa terlihat oleh mata. Salah satu komet kadang melewati bumi serta menjadi cukup besar serta terang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dilihat. Komet merupkan campuran dari batu berdebu sebanyk sepertiga serta dua pertiganya merupakan salju serta es. Di tahun 1951 oleh Astronom Amerika, Fred Whipple menggambarkan komet menjdai “bola salju debu” serta sebutan itu menjadi julukan komet hingga era ini. Sejak terjadinya tata surya 4, 6 miliar tahun lalu keadaan komet telah semisal itu. Komet yng peernah Amat dekat yang dengannya bumi di antaranya yakni komet Halley.
Yang menamai komet Halley yakni Edmond Halley (1656-1742) yng sudah mengetahui kalau komet yng tampak pada tahun 1531, 1607 serta 1682 adalah komet yng percis. Sejak 240 SM setidaknya komet Halley telah 30 kali terlihat, yang terakhir kali komet halley terlihat di tahun 1910.
Lihat pun tulisan atau artikel ihwal:
- Pengertian Planet Merkurius
- Pengertian Planet Venus
- Pengertian Planet Saturnus
Itulah uraian yng bisa kami bagikan ihwal: Pengertian Tata Surya mudah-mudahan bisa berguna.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/12/pengertian-tata-surya.html

Seputar Pengertian Tata Surya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Tata Surya