Cara dan Prinsip Membuat Latar Belakang Masalah Penelitian yang Baik

- 21.14

Cara dan Prinsip Membuat Latar Belakang Masalah Penelitian yang Baik

 
Salah satu unsur yang terpenting dalam sebuah karya ilmiah merupakan latar belakang masalah. Baik itu makalah, proposal skripsi, tesis, maupun disertasi, semuanya pasti dan Perlu ada yang namanya latar belakang masalah. Namun tidak sedikit yang belum tau sebetulnya apa yang Perlu ada dalam sebuah latar belakang masalah dan bagaimana cara menyusun latar belakang masalah yang baik. Oleh lantaran itu, dalam goresan pena ini kita akan mengupasnya.
Memahami wacana prinsip dasar dan cara dalam menyusun latar belakang masalah yang baik Amat penting bagi para mahasiswa dan siapa saja yang hendak melakukan penelitian ilmiah. Latar belakang masalah merupakan ungkapan dari kegelisahan akademik yang muncul dalam diri peneliti atas adanya suatu permasalahan yang pada akhirnya menggerakkannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penelitian atas masalah yang telah di sebutkan.
Latar belakang masalah ibarat jalan masuk utama yang akan menuntun kita konsisten berada pada jalan yang lurus sejak awal hingga akhir. Kalau kita masih gundah pada tahap latar belakang masalah, maka proses penelitian tak akan berjalan dan pasti membingungkan. Setidaknya hal ini dia yang Suka dihadapi oleh para mahasiswa semester akhir yang sedang memprogram skripsi. Berikut ini prinsip-prinsip dalam penyusunan latar belakang masalah:
  1. Pada dasarnya, latar belakang masalah dalam penelitian berisi wacana sekumpulan argumen yang memaparkan kenapa topik dan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini dirasa penting dan memberikan manfaat, baik secara teoritis maupun praktis.
  2. Setiap main idea Perlu dibangun yang dengannya argumen yang terang dari peneliti yang lantas argumen itu dikuatkan yang dengannya data pendukung dalam setiap poinnys. Dalam latar belakang masalah, peneliti pun Perlu mampu menunjukan bagaimana permasalahan yang hendak diteliti itu terintegrasi secara konseptual
  3. Latar belakang masalah seharusnya memiliki kandungan serangkaian argumen yang bersifat akademik (dialog teoritik) dan pun teliti atas hasil-hasil penelitian sebelumnya yang disertai yang dengannya beberapa alasan praktis kenapa penelitian itu penting dan butuh di lakukan.
  4. Tunjukkan dalam latar belakang masalah bahwasanya penelitian yang hendak kita lakukan bukanlah bentuk pengulangan dari penelitian yang di lakukan orang lain sebelumnya. Kita Perlu sanggup menunjukan bahwasanya topik dan masalah yang akan kita telaah memanglah belum pernah dikaji secara serius oleh peneliti lain.
  5. Dalam latar belakang, mulailah yang dengannya memaparkan gejala yang umum berlebi dahulu lantas menuju gejala yang lebih spesifik, ataupun yang biasa disebut yang dengannya istilah Piramida Terbalik.
  6. Berikan pun gambaran sekilas dalam latar belakang masalah yang kita buat terkait yang dengannya hasil yang kita harapkan. Hal ini sekalian memandu kita dalam proses penelitian agar tak melenceng dari tujuan yang kita harapkan.
Dari uraian di atas, kita bisa memberikan kesimpulan bahwasanya latar belakang masalah dalam penelitian berisi wacana situasi problematik yang memberikan alasan kepada peneliti kenapa penelitian itu penting dan butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan. Cara membuat latar belakang masalah penelitian yang baik adalah yang dengannya mengacu pada beberapa prinsip yang telah penulis paparkan dalam uraian di atas.
Semakin kita memahami yang dengannya terang topik dan masalah dalam penelitian yang akan kita lakukan, maka akan makin gampang juga dalam kita menyusun latar belakang masalah penelitian dalam proposal penelitian. Jika kita tak terlalu memahami betul wacana topik dan masalah yang akan kita telaah, maka kita akan gundah dalam menyusun latar belakang masalah. Oleh karenanya, pemilihan topik dan masalah penelitian yang sesuai yang dengannya bidang yang kita kuasai Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan agar hasil penelitian kita nantinya mampu maksimal dan berjalan yang dengannya lancar. Ahmad Mujib Kamis, 03 Maret 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/cara-dan-prinsip-membuat-latar-belakang-masalah-penelitian-yang-baik.html

Seputar Cara dan Prinsip Membuat Latar Belakang Masalah Penelitian yang Baik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara dan Prinsip Membuat Latar Belakang Masalah Penelitian yang Baik