Definisi pendidikan

- 21.23

Definisi pendidikan

 
Definisi pendidikan bisa kita telusuri dari kata pembentuknya. Pendidikan merupakan kata didik yng mendapatkan imbuhan ‘pe’ serta ‘an’. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, didik mempunyai arti ‘memelihara serta memberikan latihan mengenai akhlak serta kecerdasan. Sedangkan definisi pendidikan sendiri merupakan proses pengubahan sikap serta tata laku seseorang ataupun kelompok orang dalam bisnis mendewasakan kita-kita melalui upaya pengajaran serta pelatihan. Jadi dalam hal ini definisi pendidikan merupakan proses ataupun perbuatan mendidik.
Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli
Definisi pendidikan pun bisa kita lihat pada aneka macam literatur serta gagasan yng disampaikan oleh tidak sedikit ahli. Misalnya Ki Hajar Dewantara (1889 – 1959) memiliki pendapat mengenai definisi pendidikan. Menurut Bapak Pendidikan Nasional Indonesia ini pendidikan merupakan “Pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti ( karakter, kekuatan bathin), pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya”.
Definisi pendidikan
Definisi pendidikan pendapat dari para ahli yng lain-lainnya merupakan suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terlaksana di dalam pergaulan biasa ataupun pergaulan orang dewasa yang dengannya orang muda, mungkin juga terlaksana secara sengaja serta dilembagakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan serta perkembangan dari orang yng belum dewasa serta kelompok dimana dia hidup. definisi pendidikan yang telah di sebutkan dikemukakan oleh John Dewey.
Salah seorang tokoh bangsa Arab yng hidup tahun 106 H- 143 H yng bernama Ibnu Muqaffa, mengatakan bahwasanya : “Pendidikan itu ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan semua indera kita seperti makanan dan minuman, dengan yang lebih kita butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi yang merupakan santaan akal dan rohani.” Ibnu Muqaffa yng memberikan definisi pendidikan yang telah di sebutkan merupakan pengarang Kitab Kalilah serta Daminah.
Istilah Pendidikan berkenaan yang dengannya fungsi yng luas dari pemeliharaan serta perbaikan ke hidup-an suatu masyarakat lebih-lebih membawa warga masyarakat yng baru (generasi baru) bagi penuaian kewajiban serta tanggung jawabnya di dalam masyarakat. Gagasan ini dikemukakan oleh Prof. Richey dalam bukunya ‘Planning for teaching, an Introduction to Education’.
Filosof Yunani yng hidup dari tahun 429 SM-346 M menjelaskan bahwasanya Pendidikan itu adalah membantu perkembangan masing-masing dari jasmani serta akal yang dengannya sesuatu yng memungkinkan tercapainya kesemurnaan. Filosof ini kita kenal yang dengannya nama Plato.
Pendidikan itu meliputi segala sesuatu yng dikerjakan oleh seseorang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dirinya ataupun yng dikerjakan oleh orang lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk dia, yang dengannya tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan. Hal ini dijabarkan oleh filosof inggris, John Stuart Mill (1806-1873 M).
Definisi pendidikan merupakan proses yng terus menerus (tak pernah mati) dari penyesuaian yng lebih tinggi bagi mahluk kita-kita yng sudah berkembang secara fisik serta mental, yng bebas serta sadar kepada tuhan, semisal termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional serta kemanusiaan dari kita-kita. Hal yang telah di sebutkan disampaikan oleh H. Horne.
Hal senada mengenai definisi pendidikan pun dikemukakan oleh Edgar Dalle. Menurutnya, pendidikan merupakan bisnis sadar yng di lakukan oleh keluarga, masyarakat, serta pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, serta latihan, yng berlangsung di sekolah serta di luar sekolah sepanjang hayat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan peserta didik agar bisa mempermainkan peranan dalam aneka macam lingkungan hidup secara tetap bagi atau bisa juga dikatakan untuk masa yng akan datang.
Sedangkan Thompson mengungkapkan bahwasanya definisi pendidikan merupakan pengaruh lingkungan terhadap individu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan perubahan-perubahan yng tetap dalam kebiasaan perilaku, pikiran serta sifatnya.
Definisi pendidikan adalah bisnis , pengaruh, perlindungan serta bantuan yng diberikan kepada anak agar tertuju kepada kedewasaannya, ataupun lebih tepatnya membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. definisi pendidikan yang telah di sebutkan ditegaskan oleh M.J. Longeveled.
Dari aneka macam definisi pendidikan diatas bisa disimpulkan bahwasanya pendidikan merupakan bimbingan ataupun pertolongan yng diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai kedewasaannya yang dengannya tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tak yang dengannya bantuan orang lain. Semoga berita mengenai definisi pendidikan diatas bisa bermanfaat bagi kita seluruh.

Source Article and Picture : http://definisimu.blogspot.com/2012/07/definisi-pendidikan.html

Seputar Definisi pendidikan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Definisi pendidikan