Pengertian dan Tujuan Ilmu Pendidikan Islam

- 09.20

Pengertian dan Tujuan Ilmu Pendidikan Islam

 
Ilmu pendidikan Islam merupakan sebuah studi perihal proses pendidikan yng didasari nilai-nilai filosofis ajaran islam yang dengannya menjdai dasarnya merupakan sumber hukum islam yaitu Al-Quran dan Sunnah. Dengan kata lain, ilmu pendidikan islam adalah ilmu pendidikan yng didasari islam ataupun ilmu pendidikan yng berkarakter islam.
Moh. Roqib menjelaskan, Ilmu pendidikan islam adalah sekumpulan teori kependidikan yng didasari konsep dasar agama islam yng berasal dari hasil teliti secara mendalam terhadap Al-Quran, hadits, dan teori-teori dari bidang keilmuan lain yng selanjutnya diramu secara integratif oleh para pemikir dan tokoh intelektual islam menjadikan menjadi suatu kontruksi teori-teori pendidikan baru yng mampu dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwasanya ilmu pendidikan islam adalah suatu kajian keilmuan yng di dalamnya berisi sekumpulan teori dan data yng sudah terintegrasi yng sudah mengalami didialogkan dan dijelaskan yang dengannya perspektif islam. Teori-teori dan konsep dalam ilmu pendidikan islam tak cuma Perlu bisa dipertanggungjawabkan secara akademik-ilmiah, akan tetapi pun Perlu mampu dipraktekkan ataupun diaplikasikan secara operasional dalam pendidikan. Oleh lantaran itu ilmu pendidikan islam tak cuma berkutat pada tataran teoritis, akan tetapi pun pada tataran praktis.
1. Pengertian Ilmu Pendidikan Islam
Ilmu pendidikan islam bukanlah ilmu yng ruang lingkup kajiannya cuma berkutat pada ranah toeiritis, akan tetapi pun praktis. Baik pada tataran teoritis maupun praktis, ilmu pendidikan islam mencoba bagi atau bisa juga dikatakan untuk merealisasikan misi ajaran islam yng di antaranya: menyebarluaskan dan menginternalisasikan ajaran islam ke dalam jiwa setiap kita-kita, memotivasi umat islam bagi atau bisa juga dikatakan untuk mewujudkan nilai-nilai ajaran islam yng terdapat dalam Al-Quran dan Sunnah, memotivasi umat islam bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan pola ke hidup-an yng menjadikan individu maupun masyarakat menjadi sejahtera, dan peningkatan derajat dan martabat kita-kita baik dalam konteks vertikal maupun horizontal.
Secara epistemologis, ilmu pendidikan islam berlandaskan pada satu dari sekian banyaknya konsep yng disebut yang dengannya education academic. Implikasi dari penggunaan konsep education academic bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengembangan ilmu pendidikan islam akan menjadikan ilmu pendidikan islam lebih bersikap terbuka, luwes, dan kontekstual.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan membuka ruang dialog antara ilmu pendidikan islam yang dengannya ilmu-ilmu lain yng sejalan ataupun sesuai dengannya, misalnya psikologi, sejarah, filsafat, sosiologi, politik, manajemen, dan lain sebagainya. Jadi disaat ilmu pendidikan lantas disandingkan yang dengannya kata islam, maka mampu dimaknai yang dengannya ilmu pendidikan yng didialogkan yang dengannya nilai-nilai islam yng bersumber dari Al-Quran dan Sunnah menjdai sumber utama ajaran islam.
Dengan berdasar pada konsep education academic, ilmu pendidikan islam berkonsentrasi pada tataran teoritis-idealis di mana hal ini adalah dasar epistemologis ataupun rancang bangun keilmuan bagi desain pendidikan semisal konsep perihal visi, misi, tujuan, kurikulum, proses pembelajaran, dan lain-lainnya, seluruh akan mengambil manfaat dari ilmu pendidikan islam yng berbasis pada education academic ini.
2. Tujuan Ilmu Pendidikan Islam
Sedangkan tujuan ilmu pendidikan islam di antaranya merupakan menjdai berikut:
  1. Melakukan pembuktian terhadap teori-teori kependidikan islam yng merangkum aspirasi ataupun harapan islam yng Perlu diupayakan agar terealisasi.
  2. Memberikan bahan berita perihal pelaksanaan pendidikan islam dalam segala aspeknya bagi pengembangan ilmu pendidikan islam.
  3. Mengoreksi kekurangan dari teori-teori yng menjadi pegangan ilmu pendidikan islam menjadikan memungkinkan bertemunya teori dan praktik dalam hubungan yng makin dekat dan bersifat interaktif.
Itulah uraian perihal pengertian dan tujuan dari ilmu pendidikan islam. Sampai era ini, masih tidak sedikit ilmuan dan para intelektual muslim yng terus mencoba membangun dan mengembangkan ilmu pendidikan islam. Ilmu pendidikan islam pun tak lepas dari kritik. Di antara kritik terhadap ilmu pendidikan islam adalah belum mempunyai landasan epstemologis yng terperinci dan mampu berdiri diatas kaki sendiri tanpa Perlu mengacu pada ilmu pendidikan yng sudah ada yng berasal dari barat.
Menurut hemat penulis, sulit rasanya membangun epsitemologi ilmu pendidikan islam yng mampu berdiri diatas kaki sendiri dan benar-benar pure tanpa mengambil konsep dan teori perihal ilmu pendidikan secara umum. Pasalnya, metode ilmiah yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun ilmu pendidikan islam itu sendiri tak lepas dari filsafat barat (positivisme).
Daftar Rujukan
  • Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan pendidikan integratif di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Yogyakarta: LkiS, 2009.
  • Majid, Abdul. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)
Ahmad Mujib Jumat, 04 Maret 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/pengertian-dan-tujuan-ilmu-pendidikan-islam.html

Seputar Pengertian dan Tujuan Ilmu Pendidikan Islam

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Tujuan Ilmu Pendidikan Islam