Pengertian Bioma Gurun

- 02.14

Pengertian Bioma Gurun

 
Pengertian Bioma Gurun – Bioma Gurun merupakan/ Bioma Gurun yakni/ Bioma Gurun adalah/ yng dimaksud Bioma Gurun/ arti Bioma Gurun/ definisi Bioma Gurun. Bioma Gurun yaitu
Gurun adalah suatu daerah berpasir serta berbatu yang dengannya kondisi iklim yng kering. Bioma gurun terdapat atau terletak di belahan bumi sekitar 20 % – 30 % lintang utara serta lintang selatan ataupun di daerah tropika yng berbatasan yang dengannya bioma padang rumput. Ciri- ciri bioma gurun menjdai berikut.
- Curah hujan rendah, yakni tidak lebih dari 250 mm per tahun.
- Pancaran matahari Amat terik serta penguapan tinggi.
- Perbedaan suhu siang serta malam hari Amat besar. Pada siang hari suhu udara Amat tinggi (bisa mencapai 45 derajat celcius) sedangkan pada malam hari suhu udara Amat rendah bisa mencapai 0 derajat celcius).
- Kelembaban udara Amat rendah.
- Tanah Amat tandus lantaran tak mampu menyimpan air.
- Vegetasi di daerah gurun didominasi oleh taman kaktus, sukulen, serta aneka macam belukar akasia yng berduri ataupun tumbuhan yng bisa mengikuti keadaan yang dengannya daerah kering (tumbuhan xorofit). Tumbuhan xorofit biasanya mempunyai ciri-ciri, yakni berdaun kecil semisal duri serta berakar panjang. Daun yng kecil berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penguapan, sedangkan akar yng panjang berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil air dari tempat yng dalam serta lantas disimpan dalam jaringan.
- Hewan yng menghuni daerah gurun biasanya yng mampu menyimpan air, misalnya unta. Hewan-hewan lain-lainnya merupakan serangga, hewan pengerat, ular, serta kadal yng biasanya cuma aktif pada pagi hari, sedangkan pada siang hari yng terik tinggal pada lubang-lubang.
Contoh bioma gurun merupakan Gurun sahara di Afrika, Gurun Gobi di Asia, serta Gurun Anzo Borrega di Amerika.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2015/08/pengertian-bioma-gurun.html

Seputar Pengertian Bioma Gurun

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Bioma Gurun