Kisah Teladan Hasan dan Husein yang Patut diteladani Para Guru

- 19.00

Kisah Teladan Hasan dan Husein yang Patut diteladani Para Guru

 
Al-Hasan dan al-Husein, putra Sayidina Ali bin Abi Thalib RA, pergi ke mesjid dan menjumpai seorang tua yang sedang berwudhu lalu shalat. Ternyata wudhu dan shalat orang tua itu terlihat tidak lebih sempurna. Hasan dan Husein ingin memperbaiki dan meluruskannya, namun khawatir menyinggung perasaannya. Akhirnya orang-orang sepakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memakai cara pendekatan. Di hadapan orang tua yang telah di sebutkan orang-orang berdebat, masing-masing mengatakan bahwasanya dialah yang lebih benar wudhu dan shalatnya. Mereka lalu meminta orang tua itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menilainya.
Lalu orang-orang masing-masing melakukan wudhu dan shalat. Setelah orang tua itu melihat tata cara berwudhu dan shalat orang-orang, dia mengoreksi dirinya dan menyadari bahwasanya wudhu dan shalatnya sebenarnya cacat dan tak sesempurna kedua pemuda itu.
Maka dia mengatakan kepada keduanya, "Alangkah baiknya wudhu dan shalat kalian, serta alangkah baiknya tuntunan dan bimbingan kalian kepadaku. Semoga Allah memberkahi kalian."

Subhanallah, indah sekali kisah di atas. Islam menjunjung tinggi akhlak terhadap sesama umat kita-kita, salah satunya kaitannya yang dengannya cara/metode mengajar. Guru Perlu menghormati dan menghargai peserta didik, begitu juga sebaliknya.
Dalam kasus di atas, saya jadi teringat yang dengannya ungkapan "at-thoriqoh ahammu minal maddah", cara/metode mengajar itu lebih penting dari materi pelajaran. Tepat sekali kiranya, bahwasanya materi yang disampaikan yang dengannya metode yang tak tepat, seringkali tak akan bisa diserap/ataupun diterima yang dengannya baik dan efektif. Di samping itu, yang lebih penting lagi merupakan peran guru. Guru yang baik, mempunyai penguasaan metode dan materi dan mampu mengkombinasikan keduanya yang dengannya tepat dalam proses pembelajaran.
Semoga kita bisa meneladai metode pemberian teladan sebagaimana yang di lakukan oleh hasan dan husein di atas. Ahmad Mujib Minggu, 18 Desember 2016

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/12/kisah-teladan-hasan-husein.html

Seputar Kisah Teladan Hasan dan Husein yang Patut diteladani Para Guru

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kisah Teladan Hasan dan Husein yang Patut diteladani Para Guru