Pengertian, Karakteristik, dan Contoh Penelitian Kualitatif

- 14.12

Pengertian, Karakteristik, dan Contoh Penelitian Kualitatif

 
Di bangku perkuliahan, biasaya kita pasti bertemu yang dengannya mata kuliah metodologi penelitian. Mata kuliah yng satu ini adalah intrumen yng Perlu dikuasai mahasiswa menjdai insan akademik yng akrab yang dengannya penulisan karya ilmiah, baik itu makalah, skripsi, tesis, hingga disertasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk program doktor. Nah, pada peluang di artikel ini kita akan membahas seputar penelitian kualitatif mulai dari pengertian, ciri dan karakteristiknya, dan misalnya dalam bidang pendidikan (lantaran penulis belatarbelakang jurusan pendidikan).
A. Pengertian Penelitian Kualitatif
Penelitian Kualitatif merupakan jenis penelitian yng memfokuskan pada aspek pemahaman secara mendalam atas suatu permasalahan. Penelitian Kualitatif adalah penelitian yng sifatnya deskriptif dan cenderung mempergunakan analisis dan lebih menonjolkan proses dan makna daripada hasil. Tujuan dari penelitian Kualitatif ini adalah pemahaman secara lebih mendalam terhadap suatu permasalahan yng dikaji.

B. Ciri khas dan karakteristik Penelitian Kualitatif
Ciri khas dari penelitian kualitatif bisa kita ketahui dari data yng dikumpulkan. Data padaenelitian kualitatif lebih tidak sedikit yng berupa kata-kata maupun gambar-gambar. Berbeda yang dengannya penelitian kuantitatif yng data-datanye berupa angka-angka statistik. Seorang peneliti dalam penelitian kualitatif, dalam melakukan penelitiannya Perlu mempunyai tidak sedikit pengetahuan, menguasai tidak sedikit teori dan konsep, dan berwawasan luas. Sedangkan karakteristik dari penelitian kualitatif adalah menjdai berikut:
1. Menggunakan lingkungan alamiah menjdai sumber data
Sumber data yng dipakai dalam penelitian kualitatif berupa lingkungan alamiah jadi penelitian di lakukan disaat berinteraksi langsung di tempat fenomena. Peneliti melakukan pengamatan, mencatat, mencari tahu, menggali sumber yng berkaitan yang dengannya peristiwa yng terlaksana pada era itu. Hasil yng diperoleh segera disusun era itu pun.
2. Memiliki sifat deskriptif analitik
Data yng diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi, analisis, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian. Peneliti melakukan analisis data yang dengannya memperbanyak berita, mencari hubungannya, membandingkan, dan menemukan hasil atas dasar data sebetulnya (bukan dalam bentuk angka). Analisis data berupa pemaparan yng berkenaan yang dengannya situasi yng diteliti dan disajikan dalam bentuk uraian narasi. Pemaparan data yang telah di sebutkan merupakan menjawab dari pertanyaan dalam rumusan masalah yng ditetapkan.
3. Menekankan pada proses bukan hasil
Data dan berita yng dibutuhkan dalam penelitian kualitatif berkaitan yang dengannya pertanyaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengungkapkan proses dan bukan hasil dari suatu kegiatan. Oleh lantaran itu, dalam rumusan permasalahannya umumnya mempergunakan istilah "bagaimana".
4. Bersifat induktif
Penelitian kualitatif diawali dari lapangan yakni fakta empiris. Peneliti terjun langsung ke lapangan, mengkaji suatu proses penemuan yng terlaksana secara alami yang dengannya mencatat, menganalisis dan membuat laporan dan menarik kesimpulan dari proses berlangsungnya penelitian yang telah di sebutkan.
5. Mengutamakan makna
Makna yng diungkapkan dalam penelitian kualitatif berkisar seputar persepsi orang mengenai suatu peristiwa ataupun kejadian yng akan diteliti. Misalnya persepsi siswa terhadap guru ataupun sebaliknya.
C. Contoh Penelitian Kualitatif dalam bidang Pendidikan
Contoh: penelitian yng di lakukan perihal peran kepala sekolah dalam pembinaan guru
Peneliti memfokuskan perhatian pada pendapat kepala sekolah perihal guru yng dibinanya, mencari berita dan pandang-an kepala sekolah perihal kesuksesan dan kegagalannya membina guru, apa saja yng dialami dalam membina guru, kenapa gurunya gagal dibina, dan mengapa hal itu terlaksana. Selain mencari berita kepada kepala sekolah, peneliti mencari berita dari guru menjdai bahan perbandingan agar bisa bisa diperoleh pandang-an mengenai mutu pembinaan yng di lakukan kepala sekolah. Ketepatan berita dari partisipan diungkap oleh peneliti agar bisa menginterpretasikan hasil penelitian secara tepat dan sahih.
Berdasarkan ciri-ciri yang telah di sebutkan bisa disimpulkan bahwasanya penelitian kualitatif dimulai dari lapangan yng didasari pada lingkungan alami, bukan pada teori. Ketika pemaparan perihal penelitian kualitatif ini masuk ke dalam ranah pendidikan, tujuan penelitian kualitatif dalam pendidikan adalah untu menggambarkan serangkaian proses kegiatan pendidikan yng didasari pada kejadian yng terlaksana di lapangan yng selanjutnya menjadi topik yng menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikaji guna menemukan permasalahan-permasalahan berupa kelemahan dan kekurangannya menjadikan yang dengannya dilakukannya penelitian nantinya bisa didapati upaya perbaikannya.
Itulah pemaparan singkat kita di artikel ini perihal penelitian kualitatif yng meliputi pengertian, ciri dan karakteristiknya, dan misalnya dalam bidang pendidikan. Tulisan ini adalah ringkasan mata kuliah metodologi penelitian kualitatif yng penulis dapatkan di bangku perkuliahan di STAIN Ponorogo dan disampaikan oleh ibu dosen Faninda Novik. Ahmad Mujib Kamis, 03 Maret 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/pengertian-karakteristik-dan-contoh.html

Seputar Pengertian, Karakteristik, dan Contoh Penelitian Kualitatif

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Karakteristik, dan Contoh Penelitian Kualitatif