9 Tips Membakar Semangat Menulis

- 09.25

9 Tips Membakar Semangat Menulis

 
Mood menulis memanglah fluktuatif. Terkadang kita begitu bersemangat menulis. Namun tak jarang juga semangat kita yng tadinya berapi-api menjadi padam begitu saja layaknya tersiram hujan. Terkadang kita over thinking sampai-sampai kita gundah bagaimana membuat paragraf pembuka. Adakalanya kita jalan di otak kita seolah buntu, tanpa ada satupun ide yng mau melintas. Seandainya hal itu terlaksana, apa yng Perlu kita lakukan? Tepat sekali. Kita butuh istirahat, berfikir sejenak sambil membaca 9 Tips Membakar Semangat Menulis di bawah ini. Dengan harapan, tips ini bisa mengembalikan semangat menulis yng tadinya padam. Apa saja tipsnya? Yuk disimak...
1. Tentukan tujuan anda menulis
Tujuan adalah hal wajib yng Perlu ada dalam setiap tindakan yng kita lakukan. Tak terkecuali dalam menulis, anda Perlu tau apa tujuan anda menulis. Meskipun tujuan itu terkesan remeh, hal itu tetaplah sebuah tujuan. Namun sebaiknya anda menentukan sebuah tujuan yng mana tujuan itu benar-benar mampu menginspirasi menggerakkan anda bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus bersemangat menulis.
Temukanlah tujuan menulis yng “klop” yang dengannya hati anda.
2. Menulislah yang dengannya Cinta
Tanamkan rasa cinta menulis, serta menulislah lantaran anda memanglah cinta menulis. Kalau ada orang ataupun sahabat yng mencemooh tulisanmu, abaikan saja. Toh orang-orang belum tentu mampu menulis semisal anda. Jangan hingga anda menjadi pesimis cuma lantaran komentar negatif yng tak membangun diri serta kemampuan menulismu menjadi lebih baik.
3. Jangan takut salah...!!!
Jangan pernah takut menulis lantaran takut melakukan kesalahan. Justru yang dengannya anda menulis serta sesudah anda telaah terdapat kesalahan dalam tulisanmu, anda jadi tau bagian mana yng salah serta anda akan terdorong bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar bagaimana memperbaikinya, yang dengannya begitu anda mendapatkan pelajaran serta ilmu baru bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki serta terus mengembangkan kemampuan anda dalam menulis. Ingat! Tidak ada kita-kita yng sempurna, begitu juga yang dengannya sebuah goresan pena, tak ada goresan pena yng benar-benar sempurna di mata seluruh orang. Semua itu bergantung selera masing-masing.
Jangan tergesa-gesa dalam menulis, mulailah menulis yang dengannya pelan, tenang, santai, serta senyaman mungkin. Jangan tergesa-gesa bagi atau bisa juga dikatakan untuk segara menyelesaikan tulisanmu secepat mungkin. Hal itu mampu membuat semangat menulismu gampang luntur.
4. Kejarlah inspirasi
Carilah inspirasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk tulisanmu, jangan menunggu inspirasi mendatangi anda. Seringkali kita cuma pasif menunggu datanganya inspirasi, akan tetapi sebenarnya inspirasi itu tidak kunjung datang menghampiri. Alhasil, kita tak pernah mengawali menulis. Oleh lantaran itu, carilah inspirasi itu di mana saja.
5. Peka
Tingkatkan kepekaan anda terhadap hal-hal sekecil apapun yng anda alami ataupun yng terlaksana di sekitarmu. Semua itu adalah sumber ide bagi atau bisa juga dikatakan untuk tulisanmu. Kalau anda peka, anda mampu mendapatkan ide dari setiap hal kecil yng terbersit di pikiran ataupun hatimu dan apa saja yng anda lihat. Memang tak gampang melatih kepekaan ini, butuh latihan serta pembiasaan.
6. Berani ambil resiko
Kamu Perlu menyadari bahwasanya menulis itu pun beresiko. Banyak resiko yng mungkin muncul dari aktifitas menulismu. Misalnya, disaat anda berupaya mengirimkan tulisanmu ke media ataupun penerbit, orang-orang menolaknya yang dengannya alasan-alasan tertentu. Sebuah penolakan adalah resiko yng Perlu siap anda hadapi. Dan sebetulnya itu merupakan anugerah tersendiri bagi anda. Kenapa? Penolakan yang telah di sebutkan adalah motivasi beharga bagi peningkatan kualitas diri serta tulisanmu di masa mendatang. Hidup ini memanglah penuh yang dengannya resiko, serta di balik setiap resiko ada pesan tersirat kebaikan yng tersembunyi.
7. Budayakan membaca rujukan sebanyk mungkin
Merefresh otak tak cuma yang dengannya pergi ke tempat-tempat wisata. Tapi pergi ke perpustakaan sambil membaca buku-buku yng pendapat dari kita menarik mampu membuat otak kita lebih fresh tanpa Perlu mengeluarkan tidak sedikit biaya. Apa hubungannya yang dengannya semangat menulis? Tentu saja hubungannya Amat erat. Ketika anda terasa bahwasanya apa yng baru saja anda baca tadi adalah sesuatu yng menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ide tulisanmu, tentu saja anda akan bersemangat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menulisnya. Bahkan anda mampu menuliskan lebih dari apa hasil abstrasksi yng anda lakukan terhadap goresan pena yng baru saja anda baca tadi.
8. Percaya diri
Percayalah pada dirimu sendiri, pada kemampuan menulismu sendiri. Kamu akan semangat menulis andai anda percaya diri. Mungkin anda Suka membaca tulisan-tulisan orang lain serta lantas anda membandingkan goresan pena orang-orang yang dengannya tulisanmu. Terkadang anda terasa tulisanmu lebih tidak baik dari goresan pena orang-orang. Itu merupakan respon yng salah, seharusnya anda berpikir optimis bahwasanya anda mampu menulis sebaik orang-orang, malah lebih baik dari orang-orang.
9. Jangan pernah putus asa
Walaupun anda Suka menemui kebuntuan serta Perlu mengawali dari awal. Teruslah menulis hingga tujuan menulismu tercapai, jangan berhenti di tengah jalan. Semua penulis besar pasti menghadapi tidak sedikit rintangan serta cobaan, akan tetapi lantaran orang-orang mampu bertahan serta pantang menyerah, akhirnya orang-orang mampu memperlihatkan kepada dunia bahwasanya orang-orang mampu. Ahmad Mujib Selasa, 08 Maret 2016 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/03/9-tips-membakar-semangat-menulis.html

Seputar 9 Tips Membakar Semangat Menulis

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 9 Tips Membakar Semangat Menulis