Kuttab dan Lahirnya Tradisi Literasi Bangsa Arab

- 10.53

Kuttab dan Lahirnya Tradisi Literasi Bangsa Arab

 
Dalam sejarah pendidikan islam para masa rasulullah saw., terdapat salah sebuah lembaga pendidikan yng disebut yang dengannya kuttab. Dari segi bahasa, kuttab berasal dari istilah taktib yng pengertiannya mengajar menulis. Dari sini telah terlihat, bahwasanya kuttab adalah satu dari sekian banyaknya lembaga pendidikan yng mengajarkan baca-tulis ataupun literasi.
Berdasarkan catatan sejarah, kuttab sudah ada sejak zaman arab pra-islam. kuttab adalah lembaga pendidikan dasar yng pertama kali ada sejak islam belum terlahir di dunia arab. Ini berguna, bawa sebelum islam datang, masyarakat bangsa arab utamanya yng tinggal di mekkah telah mengenal kuttab menjdai lembaga pendidikan.
Akan akan tetapi, era itu kuttab belum mampu menarik minat dan perhatian masyarakat luas bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar di lembaga yang telah di sebutkan. terbukti, era islam lahir di mekkah, orang mekkah yng mampu baca-tulis cuma sekitar 17 orang, sedangkan di madinah cuma sekitar 11 orang saja.
Kuttab
Setelah islam lahir dan berkembang di kalangan masyarakat arab, secara bertahap kuttab tumbuh dan berkembang yang dengannya pesat bila dibandingkan yang dengannya masa arab pra-islam. Selanjutnya, kuttab menjadi satu dari sekian banyaknya lembaga pendidikan islam awal selain masjid.
Meskipun sudah tersentuh oleh kedatangan islam, kuttab tak mengalami perubahan yng signifikan dari sisi fungsi dan eksistensinya menjdai lembaga pendidikan yng memfokuskan diri pada pembelajaran membaca dan menulis.
Dilihat dari segi jenis dan fungsinya menjdai lembaga pendidikan, kuttab bisa dibagi menjadi dua, pertama, kuttab menjdai lembaga pendidikan yng mengajarkan keterampilan baca-tulis yang dengannya materi berupa pepatah-pepatah dan teks dasar puisi-puisi berbahasa arab yng secara substansial memiliki kandungan nilai-nilai kebaikan. Sedangkan yng kedua, kuttab adalah tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengajarkan al-Quran dan dasar-dasar agama islam. Apabila pada kuttab jenis pertama gurunya berasal dari non-muslim, pada kuttab jenis kedua ini para gurunya berasal dari umat islam sendiri yng ahli membaca dan hafal al-Quran.
Kuttab yng kedua adalah tingkat lanjutan dari kuttab yng pertama. Jadi, sesudah seseorang belajar dan mempunyai kemampuan membaca dan menulis di kuttab yng pertama, maka lantas berlanjut pada kuttab yng kedua di mana di situ diajari al-Quran, dasar-dasar ajaran islam, tata bahasa arab, dan pun ilmu hitung ataupun aritmatika.
Dari fakta sejarah di atas, kuttab adalah lembaga pendidikan pada masa islam klasik yng turut berkontribusi besar dalam menumbuh-kembangkan budaya literasi di kalangan umat islam, khususnya bangsa arab. Kesadaran akan pentingya literasi dasar berupa kemampuan membaca dan menulis melahirkan kuttab menjdai lembaga pendidikan yng fokus yang dengannya hal yang telah di sebutkan. Alhasil, yang dengannya kemampuan literasi yng berkembang pesat di kalangan umat islam, maka lahirlah beragam karya ilmu pengetahuan dari umat muslim dalam banyak sekali bidang.
Sumber: Samsul nizar, sejarah dan pergolakan pemikiran pendidikan islam: potret timur tengah era awal dan indonesia, Ciputat: Quantum Teaching, 2005. Ahmad Mujib Kamis, 19 Januari 2017 Literasi

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2017/01/kuttab-dan-lahirnya-tradisi-literasi-arab.html

Seputar Kuttab dan Lahirnya Tradisi Literasi Bangsa Arab

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuttab dan Lahirnya Tradisi Literasi Bangsa Arab