Pengertian Efek Tyndall

- 15.45

Pengertian Efek Tyndall

 
Pengertian Efek Tyndall – Efek Tyndall merupakan/ Efek Tyndall yakni/ Efek Tyndall adalah/ yng dimaksud Efek Tyndall/ arti Efek Tyndall/ definisi Efek Tyndall. Pengertian Efek Tyndall
Efek Tyndall merupakan efek penghamburan cahaya oleh partikel-partikel debu yng terdapat dalam ruang. Jika seberkas cahaya yng dilewatkan pada suatu ruangyang gelap melalui suatu celah ataupun larutan, maka berkas cahaya ataupun sorotan cahaya akan tampak terang, hal ini disebut yang dengannya system koloid.
Seorang ahli fisika berkebangsaan Inggris yng bernama John Tyndall (1820 - 1893) merupakan orang yng pertama kali menerangkan bahwasanya andai seberkas cahaya yng diarahkan ke dalam suatu medium akan terlihat suatu gejala yng memiliki kandungan partikel-partikel koloid. Di samping itu, dia sukses menerangkan bahwasanya adanya penghubung cahaya dari daerah panjang gelombang biru yng penyebabnya yaitu adanya partikel-partikel oksigen serta nitrogen di udara menjadikan langit tampak berwarna biru.
Contoh efek Tyndall dalam ke hidup-an sehari-hari menjdai berikut.
- Terjadinya biru di langit pada siang hari serta warna merah ataupun jingga di langit pada era matahari terbenam di ufuk barat. Udara jernih memiliki kandungan partikel-partikel koloid yng berupa debu, awan, serta kabut.
Partikel yang telah di sebutkan akan menghamburkan cahaya matahari yng melaluinya. Spektrum warna yng dihamburkan cahaya matahari memiliki intensitas yng berbeda bergantung panjang gelombangnya. Semakin pendek panjang gelombang, akan makin tidak sedikit cahaya yng dihamburkan. Cahaya matahari terdiri atas spektrum warna pendapat dari panjang gelombang, yakni ungu-nila-hijau-biru-kuning-jingga-merah. Spektrum cahaya ungu, nila, serta biru memiliki panjang gelombang yng pendek menjadikan gampang dihamburkan. Pada siang hari, warna langit tampak biru lantaran hamburan spektrum cahaya kuning, jingga serta merah.
- berkas sinar matahari melalui celah daun pohon-pohon pagi hari yng berkabut.
- Jika malam hari cuaca berkabut, berkas sinar lampu kendaraan terlihat Amat terang lantaran dihamburkan oleh partikel-partikel air yng membentuk koloid yang dengannya medium udara. Hal yang telah di sebutkan memicu daya tembus lampu berkurang pada era berkabut.
- Sorot lampu proyektor di gedung bioskop akan tampak terang disaat ada asap rokok, menjadikan gambar film yng ada di layar menjadi tak terang.
Itulah apa yng dimaksud Efek Tyndall, mudah-mudahan bisa yang dengannya gampang dipahami.

Artikel Terkait



Source Article and Picture : http://www.temukanpengertian.com/2016/02/pengertian-efek-tyndall.html

Seputar Pengertian Efek Tyndall

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Efek Tyndall