Langkah-langkah Menanamkan Empati pada Anak Sejak Dini

- 15.32

Langkah-langkah Menanamkan Empati pada Anak Sejak Dini

 
Empati adalah kemampuan kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikut memahami serta merasakan apa yng dialami serta dirasakan oleh orang lain. Penanaman empati pada diri anak Perlu dimulai sedini mungkin, karena empati adalah satu dari sekian banyaknya emosi inti yng menjadikan anak mempunyai kepekaan dalam memahami apa yng dirasakan oleh orang lain.
Empati akan menjadikan anak menjadi peka akan kebutuhan serta perasaan orang lain menjadikan akhirnya muncul dalam diri orang-orang suatu motivasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu meringankan beban serta penderitaan yng dirasakan oleh orang lain.
Ketika empati sudah mulai tertanam dalam diri anak, orang-orang akan cenderung bersikap serta berbuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang lain yang dengannya penuh cinta serta beri sayang.
Kekuatan empati akan mendorong anak bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertindak yang dengannya positif serta menghindari perilaku maupun sikap yng bisa merugikan ataupun menyakiti perasaan orang lain.
Empati pada diri anak akan berkembang yang dengannya baik andai terus dipupuk melalui bimbingan serta arahan dari orang tua serta lingkungan di luar keluarga yng kondusif. Pada intinya, empati adalah sebuah kecerdasan moral di mana seorang anak bisa memahami emosi dalam diri orang lain.

Langkah-langkah yang akan di sajikan kali ini mampu di lakukan oleh orang tua dalam rangka menumbuhkembangkan sikap empati pada anak:
  1. Memberikan bantuan pada anak bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa memahami emosi orang lain serta pun mengenalkan kata-kata yng berhubungan yang dengannya empati serta emosi. Hal ini diharapkan oleh anak agar ia bisa mengenali serta memahami emosi orang lain yng beraneka ragam.
  2. Membantu anak dalam menaikan kepekaannya terhadap apa yng dirasakan oleh orang lain yang dengannya cara-cara tertentu yng pada intinya anak akan menjadi tau akan apa yng dibutuhkan serta dirasakan oleh orang lain.
  3. Melatih anak bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa bersikap yang dengannya sudut pandang orang lain, bukan cuma dari sudut pandang ataupun perspektif dirinya sendiri. Dengan begitu, anak tak akan menjadi orang yng cenderung egois serta membenarkan seluruh pandang-an pribadinya.
Tiga langkah simpel ini andaikan di lakukan secara intens serta kontinyu insyaallah lambat laun akan mampu membentuk empati pada diri orang-orang di tengah dunia yng serba individualis serta hedonis-materialis semisal saat ini ini.
Seperti penelitian yng di lakukan oleh John Gottman, didapati bahwasanya kemampuan anak dalam memahami serta merasakan emosi orang lain bisa tumbuh serta berkembang yang dengannya baik andai dibimbing langsung oleh orang tua. Temuan ini mengindikasikan bahwasanya peran lingkungan keluarga Amat menentukan tingkat empati pada anak-anak.
Dalam rangka mendidik anak ihwal empati serta emosi, orang tua bisa melakukan empat hal yng disingkat yang dengannya “TALK” menjdai berikut:
1. Tune-in
Orang tua berperan menjadi semisal bagi sikap empati itu sendiri yang dengannya cara memperhatikan serta memahami perasaan anak. Banyak orang tua yng mengabaikan hal ini. Seringkali orang-orang bersikap acuh serta tak terlalu peduli yang dengannya apa yng dirasakan oleh anak-anak orang-orang. Akibatnya, anak akan menjadi lebih tertutup serta enggan berkomunikasi secara intens yang dengannya orang tuanya sendiri.
2. Acknowledge
Yaitu upaya orang tua bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari tau penyebab munculnya beragam emosi dalam diri anak. Orang tua tak selalu bisa memahami penyebab munculnya emosi tertentu pada anak. Terkadang orang-orang butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertanya menjdai bentuk dari sikap empati orang-orang pada anak.
3. Label
Label yakni kemampuan orang tua bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenali yang dengannya baik perasaan anak. Orang tua yng bisa mengenali gejala-gejala emosi yng muncul pada anaknya akan membuat anak itu terasa tenang serta senang lantaran hal itu memperlihatkan bahwasanya orang tua benar-benar sayang, perhatian, serta menghargai perasaannya.
4. Kindle
Berusaha mencari solusi atas masalah-masalah yng menyangkut kebutuhan anak. Anak-anak tak mungkin bisa menyelesaikan segala permasalahannya sendiri tanpa bantuan dari orang tua. Oleh lantaran itu, respon orang tua bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu mencari jalan keluar atas permasalahan yng dihadapinya adalah bentuk empati yng pada akhirnya dicontoh oleh si anak.
Nah, itulah pentingnya menanamkan empati kepada anak sejak dini dan langkah-langkah yng bisa tiempuh oleh para orang tua menjdai pihak yng paling berperan penting dalam menumbuhkan serta mengembangkan empati dalam diri anak-anak orang-orang.
*Disarikan dari buku "Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga pendidikan", penulis Dr. Zubaedi, penerbit Kencana, 2011.
Ahmad Mujib Kamis, 25 Februari 2016 Pendidikan

Source Article and Picture : http://wikipendidikan.blogspot.com/2016/02/langkah-menanamkan-empati-pada-anak-sejak-dini-bagi-orang-tua.html

Seputar Langkah-langkah Menanamkan Empati pada Anak Sejak Dini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Langkah-langkah Menanamkan Empati pada Anak Sejak Dini